Belajar Statistika Pendidikan
Judul Buku : Statistika Pendidikan
Penulis : Wahdan Najib Habiby
Penerbit : Muhammadiyah University Press
Tahun Terbit : 2017
ISBN : 978 602 361 060 0
Ukuran : 15,5 × 23 cm
Tebal Buku : XIV + 266 halaman
Ketika mendengar istilah statistika, seringkali kita mendapati persepsi seseorang tentang statistika yang beragam. Ada yang memandang statistika adalah hitung-hitungan, sulit, memusingkan, rumus-rumus, data, hipotesis, dan angka-angka. Persepsi seperti ini memberi gambaran bahwa belajar statistika itu sulit dan kurang menarik bagi mahasiswa, terlebih bagi yang merasa kemampuan matematikanya lemah. Padahal ilmu statistika ini sangat penting dipelajari bagi seorang mahasiswa untuk kepentingan pribadi dan akademisnya. Maka perlu dibangun suatu pemahaman yang benar tentang statistika dan manfaatnya.
Statistika sebagai sebuah ilmu yang independen sebenarnya sudah jamak dimanfaatkan manusia dalam aktifitas kehidupan sehari-hari dan bahkan dapat dikatakan bahwa hampir semua disiplin ilmu pengetahuan menggunakan dan membutuhkan metode statistika untuk melakukan kegiatannya. Sebagai contoh, kita sering menggunakan kata kira-kira, rata-rata, sekitar, asumsi, dan masih banyak lagi. Kata-kata tersebut pada dasarnya digunakan untuk memberikan gambaran atau ukuran yang paling mendekati kondisi sesungguhnya atau memperkirakan sesuatu agar sebisa mungkin sesuai dengan kondisi aslinya.
Statistika Secara etimologis berasal dari bahasa latin “status atau statista” yang berarti negara. Munculnya istilah statistika bermula dari tulisan Aristoteles yang berjudul “Politela”. Statistika telah berkembang menjadi suatu disiplin ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, penarikan kesimpulan sampai pada pembuatan keputusan. Statistika Pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan data sehingga dapat disajikan dengan baik dan akurat. Statistika merupakan cabang utama dari ilmu matematika terapan. Istilah statistik sering digunakan untuk menyatakan kumpulan data yang disusun dalam tabel atau diagram untuk menggambarkan suatu persoalan tertentu. Seperti statistik dalam perdagangan, statistik organisasi, dll.
Dalam mempelajari statistika tersedia dua cara, yaitu secara teoritis (matematis) dan secara terapan (aplikatif). Mempelajari statistik secara teoritis yaitu mempelajari penurunan sifat-sifat, dalil-dalil, rumus-rumus, menciptakan model dan segi lainnya yang bersifat teoritis dan matematis. Cara ini memerlukan dasar pengetahuan matematika yang mendalam. Sedangkan mempelajari statistik secara aplikatif yaitu mempelajari statistika dari sisi penggunaan aturan-aturan, rumus-rumus, sifat-sifat dan sebagainya yang sudah diciptakan oleh statistika teoritis. Cara yang kedua ini tidak memerlukan dasar matematika.
Metode statistika dibagi menjadi dua yaitu metode statistika deskriptif dan metode statistika induktif/inferensial. Statistika deskriptif adalah statistika yang membahas cara pengumpulan, penyederhanaan, dan penyajian data penelitian agar mudah dipahami pembaca sehingga dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dengan akurat. Sedangkan statistika induktif atau inferensial adalah statistika yang membahas cara menganalisis dan menarik kesimpulan terhadap data sebagai bahan untuk melakukan analisis yang lebih luas (generalisasi) dalam sebuah penelitian yang sedang dilakukan.
Buku Statistika Pendidikan adalah salah satu buku yang diterbitkan oleh Muhammadiyah University Press yang dikemas secara lengkap dan jelas. Buku statistika ini berisikan ringkasan materiyang telah disusun ulang dari buku-buku statistika, statistik deskriptif, dan statistik induktif. Statistika merupakan pengetahuan yang mempelajari tentang bagaimana caranya untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan data sehingga dapat disajikan dengan baik dan akurat.
Selain materi dan bahan ajar, buku ini juga dilengkapi dengan soal dan penyelesaiannya sebagai bahan latihan mandiri, agar mahasiswa mampu menangkap intisari keilmuan sesuai dengan capaian pembelajaran yang diharapkan. Rangkuman materi juga disajikan pada akhir setiap bab sehingga memudahkan pembaca untuk mengingat kembali materi-materi yang telah dipelajarinya. Yang lebih menarik lagi adalah dalam buku ini juga disediakan daftar isi untuk gambar dan tabel yang ada pada setiap materi, hal ini memudahkan kita untuk lebih cepat menemukan gambar dan tabel tersebut dan untuk lebih memahamkan pembaca terhadap materi yang telah disajikan.
Sebagai buku ilmu pengetahuan, buku ini bisa menyampaikan maksudnya dengan sangat santai dan bahasanya mudah dimengerti. Sayangnya, tidak terdapat glosarium di dalam buku ini, karena dalam buku ini masih sering ditemukan beberapa kata yang mungkin masih asing didengar pembaca. Kover buku ini juga cukup menarik, sesuai dengan tema. Ukurannya yang cukup tebal, membuat buku ini cukup berat juga untuk dibawa.
Buku ini sangat cocok dibaca oleh siswa, guru, terutama untuk mahasiswa agar memiliki bekal dan kemampuan dalam menyajikan data secara baik, khususnya dalam menyusun laporan penelitian atau laporan tugas akhir. Harga buku ini sendiri sepertinya kurang bersahabat bagi siswa dan mahasiswa, namun jika melihat kualitas tampilan dan isi yang ada di dalamnya tidak masalah jika harganya sedikit mahal.
Nama : Nadifah Wida Yasmin
NIM : 200104110064
Kelas : PBA-B
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H