ANALISIS SEMIOTIKA LOGO TWITTER MENGGUNKAN TEORI ROLAND BARTHES
Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi , manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dimana manusia berada. ( Cutlip et al, 2009: 287) penggunaan internet saat ini hamper mendominasi hampir seluruh kegiatan manusia. Manusia tidak hanya mencari informasi dari internet akan tetapi juga memperlakukan sebagai sebuah media komunikasi.
Gambar diatas bentuk logo dari twitter dimana twitter saat ini sangat banyak penggunanya karena twitter bisa menjadi tempat yang paling ampuh untuk mengusir rasa bosan, di twitter juga masih banyak selebritis luar yang masih menggunakannya, dan twitter juga selalu membagikan berita berita yang sedang trending sehingga membuat penggunanya selalu update.
Dalam gambar logo tersebut dapat kita lihat memiliki makna tersembunyi didalamnya. Untuk mengetahui makna yang ada pada logo tersebut dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes.
Analisis semiotika pada logo Twitter dengan Semiotika Roland Barthes.
Denotasi :
Pada logo hanya menggunakan dua warna putih dan biru
Menggunakan logo burung
Konotasi :
gambar seekor  burung yang sedang terbang tinggi di atas bumi ataupun berkumpul dengan burung lainnya untuk mencapai tujuan yang sama.
Warna biru pada logo Twitter bermakna produktif .
Mitos :
Di logo twitter ini tampak sang burung sedang terbang tinggi dengan kepala mendongak ke atas referensi dari kemederkaan  dan harapan tanpa batas
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H