Jaringan internet yang semakin maju sebagai pendukung kecanggihan tekonologi informasi dan komunikasi, mempermudah masyarakat untuk mengakses segala informasi dan kebebasan beropini di dunia internet. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menimbulkan adanya budaya baru yang disukai oleh orang di seluruh dunia disebut dengan budaya populer.
Penyebaran budaya populer menyebar secara perlahan dan menimbulkan adanya sekelompok penggemar yang muncul pada masa itu. Salah satu budaya yang saat ini sedang menjadi budaya populer dan menguasi dunia adalah budaya populer Korea Selatan atau yang biasa disebut dengan “hallyu” yang berarti “gelombang korea” atau “Korean wave.” Adanya gelombang ini memunculkan fandom K-pop yang berasal dari penggemar grup idola yang beraneka ragam.
Fandom singkatan dari fan kingdom adalah sebutan untuk sekelompok penggemar yang memiliki ketertarikan yang sama dan antusias terhadap sesuatu. Mereka menunjukkan sikap antusias dengan tujuan untuk mempromosikan serta memberikan perhatian kepada yang mereka idolakan bahkan untuk menunjukkan kesungguhannya, mereka menyesuaikan gaya hidup sehari-hari dengan apa yang idola mereka lakukan. Setiap grup idola punya nama fandom yang berbeda-beda.
ARMY adalah nama penggemar dari grup idola asal Korea Selatan yaitu Bangtan Boys atau biasa disebut dengan BTS yang merupakan salah satu fandom terbesar di dunia saat ini. Dilansir dari halaman Fresherslive.com, jumlah ARMY pada tahun 2021 kurang lebih mencapai 90 juta orang di seluruh dunia.
Era tahun 2000-an sebelum adanya media sosial yang mudah diakses, penggemar sangat kesulitan mengetahui kabar idolanya. Kesulitan mengakses internet ini membuat fenomena gelombang korea belum bisa menyebar dengan cepat. Setelah adanya media sosial dan kemudahan untuk mengaksesnya, fenomena gelombang korea mulai berkembang pesat ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Kemudahan yang ditawarkan media sosial membuat penggemar merasa dekat dengan idolanya dan antar penggemar lainnya. Hal ini yang dirasakan oleh penggemar BTS.
Setiap fandom pasti melakukan aktivitas online di media sosial berupa menerima dan mencari informasi yang berkaitan dengan idolanya seperti kegiatan, kabar idola, event, project dan saling menjadi sumber informasi bagi penggemar lainnya. Mereka mempunyai identitas di media sosial yang menunjukkan bahwa mereka bagian dari fandom tersebut.
Salah satu platform media sosial yaitu Twitter, menjadi sosial media yang paling sering dipakai oleh ARMY untuk berinteraksi mengenai kegiatan dan kabar terbaru dari BTS, karena BTS lebih aktif di Twitter dibandingkan sosial media lainnya. Pengikut akun Twitter @BTS_twt sendiri telah mencapai 42,6 juta per 25 Desember 2021.
Aktivitas pertama yang penggemar lakukan di Twitter adalah mencari informasi terkait kegiatan Idolanya. Salah satu fenomena besar yang baru saja terjadi adalah ketika BTS menjadi perwakilan dari Korea Selatan untuk berpidato dan membawakan lagu di sidang umum PBB pada September 2021 lalu. Trending Twitter dipenuhi dengan tagar “BTS AT UNGA” yang berlangsung selama kurang lebih dua hari.
Bahkan trending Twitter telah dihebohkan sebelum BTS tiba di sidang umum PBB. Ketika member BTS berangkat dari korea menuju Amerika, trending Twitter dipenuhi dengan tagar “safe flight” dari ARMY untuk para member BTS. ARMY saling berinteraksi di Twitter dengan saling membagikan foto member BTS saat berada di bandara.
Foto berasal dari beberapa ARMY dan media yang datang langsung dan memotret kegiatan member ketika berada di bandara, dan selanjutnya mereka membagikan foto-foto tersebut di Twitter. Selain dari penggemar dan media yang membagikan foto kegiatan BTS, akun resmi @BTS_twt sendiri juga memposting foto yamg dilakukan langsung oleh para member. Dari hal inilah tagar “safe flight” untuk BTS menjadi trending Twitter di seluruh dunia.
Selain informasi kegiatan, penggemar juga selalu mencari kabar terbaru dari masing-masing member BTS. Seperti halnya ketika ada beberapa member BTS yang dinyatakan positif Covid-19, pihak agensi mengumumkan secara resmi di halaman Weverse, yaitu aplikasi khusus untuk para penggemar mengakses konten-konten dari idolanya. Ketika kabar itu keluar, trending twitter langsung dihebohkan dengan ungkapan “Get Well Soon” dari penggemar untuk ketiga member BTS yaitu Suga, Namjoon, dan Seokjin yang terdampak virus Covid-19.
Aktivitas berikutnya adalah memperingati event penting. Penggemar saling mengingatkan satu sama lain ketika ada event dari idolanya. Salah satunya adalah event "BTS Anniversarry" dan "ARMY’s Birthday" yang diperingati setiap tahunnya. Mereka saling berinteraksi dalam memperingati hari spesial tersebut. Saat memperingati anniversary, BTS selalu mengadakan konser. Namun saat pandemi ini, konser dilakukan secara online dan tetap berbayar dengan harga yang cukup mahal. Tidak semua penggemar bisa menonton konser, karena mahalnya harga tiket konser online, maka beberapa ARMY ada yang membagikan cuplikan penampilan BTS saat konser berlangsung.
Bahkan beberapa ARMY ada yang melakukan siaran langsung agar mereka yang tidak bisa menonton konser dapat menikmati konser walau terbatas dengan kualitas video yang kurang bagus karena siaran langsung menggunakan handphone yang merekam layar laptop ataupun televisi. Sebenarnya mereka mengetahui bahwa tindakan mereka adalah salah satu tindakan pembajakan, namun rasa senasib dan sepenanggungan yang mereka rasakan membuat mereka melakukan hal tersebut.
Namun, biasanya ada beberapa ARMY yang melakukan share screen menggunakan Zoom Meeting secara berbayar dengan harga yang lebih terjangkau, mereka menyebarkan informasi terkait hal tersebut di Twitter, dan jika ada yang berminat akan masuk ke grup obrolan, untuk melakukan konfirmasi pembayaran dan membagikan link Zoom Meeting.
Saat adanya event tertentu, ARMY selalu membuat project seperti penggalangan dana untuk kegiatan kemanusiaan. Para penggemar membentuk kepanitian kecil untuk mengurus project tersebut dan selanjutnya mereka menyebarkan link donasi di Twitter. Project lainnya yaitu ketika memperingati hari ulang tahun para member BTS.
Selain mengadakan donasi untuk kegiatan kemanusiaan, ARMY juga membuat project dengan menghias fasilitas umum yang telah memiliki izin selama sehari dengan wajah member BTS yang sedang berulang tahun. Salah satu dari mereka akan mengumumkan rencana tersebut dan saling berinteraksi tentang perkembangan project yang akan mereka buat.
Aktivitas menjual dan membeli barang merchandise juga tidak luput dari adanya sebuah fandom . ARMY yang membuka online shop menjual merchandise BTS akan melakukan promosi lewat Twitter. Namun, terdapat juga dari mereka yang ingin menjual barang koleksinya dengan menuliskan “WTS’ (want to sell) yang nantinya menimbulkan aktivitas transaksi dengan ARMY lain yang akan membeli barang tersebut.
Walaupun hanya melalui media sosial dan terbatas oleh jarak, seringnya penggemar menjalin komunikasi antar sesama, menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kedekatan yang mereka bangun dari interaksi di media sosial Twitter yang disebut sebagai interaksi di ruang siber. Interaksi antar penggemar ini akan terus berlangsung selama BTS masih aktif sebagai grup idola.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H