Mohon tunggu...
Nadia Haditsiah thoriq
Nadia Haditsiah thoriq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi traveling dan menikmati pemandangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Pengaruh E Commerce Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

15 Oktober 2024   07:00 Diperbarui: 15 Oktober 2024   07:02 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi/Foto: ShutterstockBaca

Kita sudah memasuki era digital dimana segala sesuatunya dapat dikontrol dari jarak jauh dengan menggunakan fasilitas internet yang terhubung dengan perangkat kita. Teknologi digital bermanfaat tidak hanya  sebagai media perolehan informasi dan komunikasi jarak jauh, namun juga bagi perekonomian digital. Teknologi digital dapat menjadi sumber keuntungan besar bagi perekonomian di era digital.

Ekonomi digital  mendukung aktivitas perekonomian yang  ada, ekonomi digital diyakini dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi  Indonesia. 

Dengan teknologi ini kita bisa membawa produk lokal Indonesia ke pasar global, ekonomi digital diperkirakan akan meningkatkan persaingan produk dan jasa dari tingkat mikro hingga makro.

E-commerce adalah kegiatan jual beli yang dilakukan secara online melalui internet.Penjualan online menawarkan manfaat baru, seperti menghilangkan kebutuhan akan kontak tatap muka untuk menyelesaikan transaksi penjualan. 

Contoh platform e-commerce  di Indonesia antara lain Shopee, Lazada, Tokopedia, dll. Dalam beberapa tahun terakhir, perdagangan online telah berkembang pesat dan memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia.

Jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnya pengguna e-commerce. Hal ini berdampak pada aktivitas belanja online masyarakat.

Platform e-commerce dan transaksi digital semakin mempengaruhi pikiran masyarakat karena kepraktisan, kenyamanan dan efisiensinya, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet  dan media sosial, dan sebagian besar dari mereka tidak memiliki pengetahuan digital yang memadai untuk Baik bagi penjual maupun  pembeli, misalnya bagi produsen yang berkompeten yang mempunyai kesempatan untuk mempelajari harga pokok barang yang ditawarkan di pasar dunia dan keuntungan pembeli  menemukan harga yang  lebih rendah melalui perbandingan harga di e-commerce. 

Melalui Toko Niaga dan Media Sosial kemampuan membayar dengan  sistem cashless atau non tunai dan  metode pembayaran cash on delivery (COD)  menjadi keunggulan lain yang dirasakan konsumen dalam e-commerce.World Wide Web  Penyediaan layanan melalui jaringan informasi di  Internet.

Dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat, pemanfaatan teknologi juga dapat membantu memaksimalkan nilai tambah perekonomian, menciptakan sinergi di seluruh aspek suatu negara, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Dampak positif  media sosial terlihat pada pertumbuhan pasar online, e-commerce, start-up dan bisnis lainnya.

E-commerce menghadirkan peluang besar bagi UMKM untuk memasarkan dan mengembangkan usahanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun