Mohon tunggu...
Nadia Fatikasari
Nadia Fatikasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

Suka traveling/jalan-jalan, kuliner, baca novel, mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Bermain Sambil Belajar Menggunakan Fitur Edugame Rumah Belajar

21 Juni 2022   18:53 Diperbarui: 21 Juni 2022   19:00 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Rumah belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kemendikbud yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru, portal ini dapat diakses semua kalangan sehingga memudahkan kegiatan pembelajaran. Dalam portal ini terdapat beberapa fitur utama dan fitur pendukung yang dapat digunakan guru maupun siswa.

Salah satu fitur pendukung yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar sambil bermain adalah fitur Edugame. Fitur ini berisi beberapa gim interaktif yang dapat dimainkan oleh siswa, serta dirancang sesuai konsep dasar materi yang telah disajikan sehingga akan memudahkan siswa dalam memahami materi yang diberikan dan membuat kegiatan pembelajaran lebih interaktif dengan bantuan teknologi.

Dokpri
Dokpri

Mahasiswa Kampus Mengajar dari Universitas Negeri Malang yang bertugas di SD Negeri Senden 2 Kayen Kidul mengajak siswa kelas 3 dan 4 untuk menggunakan salah satu fitur dari portal Rumah Belajar yaitu Edugame. Melalui laptop yang disediakan, para siswa secara berkelompok dan bergantian mencoba beberapa game di portal tersebut.

Game yang tersedia membantu siswa dalam meningkatkan pengetahuan mereka. Ada beberapa pertanyaan yang harus mereka kerjakan untuk meningkatkan level dalam game yang dimainkannya. Pertanyaan yang tersedia disesuaikan dengan konsep dasar materi seperti pada buku Tema mereka. Game ini dapat digunakan sebagai sarana mengenalkan kemajuan teknologi dalam pendidikan kepada siswa.

Dokpri
Dokpri

Ada beberapa permainan yang dicoba oleh siswa diantaranya Mamat Adventure, Nyanyuk Adventure, Menghitung Waktu, Menyusun Angka, dan Benda Bangun Dasar. 

Para siswa menjawab pertanyaan yang tersedia dengan mengingat materi yang sudah mereka pelajari sebelumnya seperti pada game Mamat Adventure, kelas 3 mengingat materi tentang Kepramukaan yang sudah mereka pelajari pada Tema 8.

Seluruh siswa sangat antusias dan semangat menyelesaikan misi-misi atau pertanyaan pada game yang dimainkannya. Selain itu, dengan dibentuk dalam kelompok, para siswa saling bekerja sama dalam menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang tersedia. 

Sehingga game ini tidak hanya dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik saja, tetapi dapat meningkatkan kerjasama antar teman satu kelompoknya.

Dokpri
Dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun