pada usia ini anak sudah mempunyai  banyak keterampilan antara lain :
1. keterampilan membantu diri sendiri
2. keterampilan bermain
3. keterampilan seolah
4.keterampilan sosial
pada usia 8-11 tahun anak-anak telah mampu untuk mengambarkan tentang diri mereka dengan jelas  seperti "cantik,jelek"  dan telah mapu mengenali diri sendiri (pada tahun-tahun sekolah dasar ) dan merujuk pada pengelompokan mereka seperti mereka ialah gadis muslim.
.pada menengah dan akhir  mereka menunjukan perspective tacking  ( kemampuan mengasumsiakn dan memahami pikiran dan perasaan orang lain)
pada usia 6-8 tahun perasaan itu mulai muncul.
pada usia ini anak menjadi lebih skeptis  mengenai sumber trait psikologis ,
contoh : anak usia 10 sudah menolak bantuan dari orang lain.
harga diri seorang anak mencerminkan apakah ian nerik atau tidak.
anak denagan harga diri besar atau tinggi  memiliki inisiatif yang besar tapi dg hasil positive maupun negatif.
emosi kanak-kanak mencakup :
1.meningkatkan pemahaman emosi
2.meningkatkan bahwa lebih dari satu emosi biasa terjadidi wktu yang samaÂ
3.menekan atau menyembunyikan emosi
anak;
1.populer
2.biasa
3.terabaikanÂ
4.ditolak
6.kontroversial
fungsi pertemanan anak-anak:
.persahabatan
.stimulasi
.dukungan fisik
.dukungan ego
.perbandingan sosial
.kasih sayang.