Pada era globalisasi seperti sekarang ini persaingan dalam dunia usaha menjadi sangat ketat. Masyarakat saling berlomba-lomba dalam bersaing untuk mempertahankan usaha agar tetap kuat di tengah persaingan yang sangat sengit.
Menciptakan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang lama serta meningkatkan volume penjualan dengan strategi pemasaran melalui internet merupakan tujuan individu dalam berbisnis.
Menciptakan pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan lama dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti terus meningkatkan kualitas produk serta mengeluarkan produk dengan inovasi yang lebih baru. Selain itu mempermudah cara memperoleh produk dengan berbagai teknologi internet juga sebagai salah satu alasan di mana pelanggan bertahan pada suatu produk.
Di jaman sebelum adanya marketplace seperti sekarang, orang harus keluar dan mengunjungi toko satu per satu untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan. Bahkan jika sudah ada internet sekalipun di tahun 2007-2008an, orang masih harus mencari informasi secara manual dari website ke website.
Semenjak konsep marketplace muncul, maka orang bisa belanja langsung dari ponsel. Mereka pun bisa langsung membandingkan semua barang yang ingin dia beli dalam satu platform, tanpa perlu pindah-pindah aplikasi. Keunggulan utama inilah yang menjadi kunci dalam kepopuleran e-commerce dan marketplace di abad 21.
Bahkan disebut-sebut juga bahwa industri ritel bakal punah di masa depan, mengingatorang lebih suka menggunakan marketplace dibandingkan harus keluar dan mencari barang belanjaan. Apalagi untuk barang yang bersifat hiburan seperti elektronik.
Marketplace merupakan peluang yang sangat besar di era revolusi industri 4.0 ini. Jika anda berencana untuk membuka atau melebarkan bisnis jual beli anda, maka platform jualan online adalah opsi utama yang harus anda pertimbangkan. Jika masyarakat menemui kesulitan, masyarakat bisa menghubungi konsultan bisnis digital untuk membantu anda dalam menemukan solusi bisnis yang tepat.
Masyarakat Bojongsari, Depok
Menurut Strauss (2001) Marketplace adalah penggunaan data elektronik dan aplikasi untuk perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, distribusi dan harga sebuah ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi..Â
Dari uraian pengertian Konsep bisnis marketplace, maka tema Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ) yang dilaksanakan, yaitu : "PENGENALAN KONSEP BISNIS 10 MARKETPLACE BAGI MASYARAKAT", menjadi sangat relevan untuk dilaksanakan. Hal ini mengarahkan terbentuknya satu sikap dan aktivitas yang memiliki tujuan. Berikut adalah Proposisi dalam kaitan data yang relevan saat dilakukan PKM.
 Konsep Bisnis Marketplace dimaknai dalam ruang lingkup Manajemen Sumber Daya Mausia.
1. Kepengurusan di Karang Taruna RW 05 Bojongsari Untuk memperkenalkan Konsep bisnis yang baik mengacu pada pengetahuan
2. Konsep marketplace sangat berguna dalam membantu perekonomian masyarakat sehari hari secara digital
Pengetahuan tentang Konsep marketplace pada masyarakat
 Kemasyarakatan yang mendasarkan pada pengetahuan Konsep marketpalce dapat meningkatkan ekonomi menuju arah yang lebih  baiik
3. Pengembangan ekonomi masyarakat dilaksanakan dengan melakukan implementasi pengetahuan tentang Konsep marketplace
Paparan, diskusi, pelatihan dapat mengembangkan pengetahuan tentang Konsep marketplace Untuk sampai kepada pencapaian target ekonomi perlu adanya arahan yang jelas dari ketua karang taruna
4. Tantangan keorganisasian dalam menghadapi berbagai persoalan yang bersifat global Globalisasi dan tuntutan perkembangan zaman serta kompleksitas masalah  Masyarakat yang baik harus memiliki tatanan organisasi yang baik
Sentuhan Akademisi memberi warna dan sudut pandangan yang berbeda. Dengan pemaparan dan diskusi serta pelatihan memberi dorongan semangat masyarakat untuk membekali pengetahuan bisnis digital. Masyarakat bukan saja senang di datangi, namun lebih dari itu sebagai sebuah bentuk kegiatan  humanis yang sarat akan sentuhan kemanusiaan. Bagi Civitas Akademi ( Mahasiswa ) khususnya dan bagi masyarakat umumnya.Â
Dengan bersilahturahmi, berdikusi, dialog, ramah taman, membangun relationship memjadi solusi terbangun nya sebuah semangat untuk berorganisasi
Nama : Nadia Aulia
NIM : 191010505725