STUDI LITERATUR : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AI TERHADAP KUALITAS BELAJAR SISWA
Nadia Afifah
(S1 Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
E-mail: 2290220033@untirta.ac.id
Abstrak
Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar siswa. Dalam era perkembangan teknologi yang pesat, penggunaan media pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI) telah menjadi topik yang menarik untuk diteliti. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran AI terhadap kualitas belajar siswa.Â
Dalam artikel ini, metode yang digunakan adalah studi literatur. Peneliti menggunakan beberapa database jurnal ilmiah seperti Google Scholar, IEEE Xplore, dan ACM Digital Library untuk mencari dan mengumpulkan penelitian-penelitian terkait penggunaan media pembelajaran AI dalam konteks pembelajaran siswa. Dalam artikel ini, temuan yang paling penting adalah bahwa penggunaan media pembelajaran AI dapat secara signifikan meningkatkan kualitas belajar siswa. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa penggunaan media pembelajaran AI dapat meningkatkan pemahaman dan retensi siswa terhadap materi pembelajaran.Â
Media pembelajaran AI juga dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Berdasarkan temuan-temuan yang telah ditemukan dari studi literatur yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran AI memiliki pengaruh yang positif terhadap kualitas belajar siswa. Media pembelajaran AI dapat meningkatkan pemahaman, retensi, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi penggunaan media pembelajaran AI dalam konteks pembelajaran yang berbeda dan pada kelompok siswa yang lebih luas. Penelitian lebih jauh juga dapat difokuskan pada pengembangan media pembelajaran AI yang lebih interaktif, adaptif, dan efektif. Praktisi pendidikan juga diharapkan mengadopsi penggunaan media pembelajaran AI dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Google Scholar, IEEE Xplore, Media Pembelajaran.
Abstract
Previous research has shown that the use of technology in learning can increase the effectiveness and efficiency of student learning processes. In an era of rapid technological development, the use of learning media based on Artificial Intelligence (AI) has become an interesting topic to research. The main aim of this research is to provide a deeper understanding of the influence of using AI learning media on the quality of student learning. In this article, the method used is literature study. Researchers used several scientific journal databases such as Google Scholar, IEEE Xplore, and ACM Digital Library to search for and collect research related to the use of AI learning media in the context of student learning. In this article, the most important finding is that the use of AI learning media can significantly improve the quality of student learning. Several studies have found that the use of AI learning media can improve students' understanding and retention of learning material. AI learning media can also increase student motivation and involvement in the learning process. Based on
Â
the findings that have been found from the literature study conducted, it can be concluded that the use of AI learning media has a positive influence on the quality of student learning. AI learning media can improve students' understanding, retention, motivation and involvement in the learning process. Further research can be conducted to explore the use of AI learning media in different learning contexts and on wider groups of students. Further research can also be focused on developing AI learning media that are more interactive, adaptive and effective. Education practitioners are also expected to adopt the use of AI learning media in the learning process to improve the quality of education and student learning outcomes. Keywords: Google Scholar, IEEE Xplore, Learning Media.
PENDAHULUAN
Pendidikan adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan masyarakat dan individu. Meningkatkan kualitas pembelajaran adalah tujuan utama dalam sistem pendidikan. Dalam era digital saat ini, teknologi telah memainkan peran penting dalam memperkaya pengalaman belajar siswa. Salah satu inovasi teknologi terbaru yang menjanjikan dan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran adalah Artificial Intelligence (AI). AI adalah kemampuan komputer untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia. Keunggulan AI adalah kemampuannya untuk memproses data besar dengan cepat dan mempelajari pola di balik data itu. Dalam pendidikan, AI dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui media pembelajaran berbasis AI.
kesempatan kepada siswa untuk melakukan perbaikan langsung dan meningkatkan pemahaman mereka.
Selain itu, media pembelajaran berbasis AI juga dapat membantu dalam penyesuaian dan pengaturan pace belajar siswa. Setiap siswa memiliki kecepatan belajar yang berbeda. Dalam pengaturan kelas konvensional, guru seringkali harus mengikuti batas waktu tertentu untuk setiap topik. Dengan media pembelajaran berbasis AI, siswa dapat belajar pada kecepatan mereka sendiri dan mengulang materi yang sulit sebanyak yang mereka butuhkan.
Selain umpan balik dan pengaturan pace belajar, media pembelajaran berbasis AI juga dapat meningkatkan motivasi siswa. Dengan menggunakan elemen permainan dan penghargaan, media pembelajaran berbasis AI dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif bagi siswa. Dalam media ini, siswa dapat mengikuti tantangan dan mencapai tujuan belajar, yang memberikan dorongan positif untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas belajar mereka.
Namun, meskipun ada potensi besar dalam penggunaan media pembelajaran berbasis AI, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi. Beberapa di antaranya adalah aksesibilitas teknologi serta kekhawatiran tentang penggantian peran guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis AI terhadap kualitas belajar siswa sangat relevan dan perlu dilakukan. Dalam konteks tersebut, artikel ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis AI terhadap kualitas belajar siswa. Penelitian ini berpotensi untuk memberikan wawasan baru tentang bagaimana
pembelajaran memerlukan sentuhan manusia yang intensif, yang dapat menghambat efektivitas dan kebermanfaatan pembelajaran. Penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran memberikan peluang untuk mengatasi kendala tersebut. Media pembelajaran berbasis AI dapat menyediakan pendekatan pembelajaran yang dikustomisasi dan personal untuk setiap siswa, yang dapat meningkatkan kualitas belajar mereka. Salah satu manfaat utama dari penggunaan media pembelajaran berbasis AI adalah kemampuannya untuk menyediakan umpan balik yang instan dan terarah. Dalam pembelajaran konvensional, umpan balik seringkali tertunda dan tergantung pada interaksi langsung dengan guru. Dalam media pembelajaran berbasis AI, siswa dapat langsung menerima umpan balik sesuai dengan kinerja mereka. Hal ini memberikan
Pendekatan konvensional seringkali
penggunaan teknologi AI dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan pembelajaran siswa. Hasil penelitian ini dapat berdampak pada pengembangan dan peningkatan penggunaan media pembelajaran berbasis AI dalam pendidikan.
METODE
Studi literatur adalah metode penelitian yang menggunakan ulasan, analisis, dan sintesis terhadap sumber- sumber literatur yang relevan untuk mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan yang ada. Dalam konteks artikel ini, studi literatur digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis AI terhadap kualitas belajar siswa.
Prosedur dalam penelitian ini dilaksanakan dengan langkah sebagai berikut :
1. Mendefinisikan tujuan penelitian. Dalam artikel ini, tujuannya adalah untuk mengevaluasi dan menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis AI terhadap kualitas belajar siswa.
2. Mencari literatur yang relevan. Proses ini melibatkan pengumpulan artikel, buku, jurnal, dan sumber informasi lainnya yang terkait dengan topik penelitian. Pencarian literatur dapat dilakukan melalui basis data akademik, perpustakaan digital, atau mesin pencari seperti Google Scholar.
3. Mengevaluasi kualitas dan keandalan sumber literatur. Proses ini melibatkan pembacaan dan analisis kritis terhadap setiap sumber literatur untuk memastikan bahwa informasi yang diperoleh diandalkan dan dapat digunakan dalam penelitian ini. Kualitas sumber literatur dapat dinilai berdasarkan validitas penelitian, kecukupan bukti, dan kredibilitas penulis.
4. Menggabungkan dan memadukan informasi yang ditemukan dalam sumber literatur yang berbeda. Proses ini melibatkan sintesis dan analisis data untuk menemukan pola, kesamaan, perbedaan, dan hubungan antara berbagai temuan literatur. Pada tahap ini, penulis juga dapat membuat
5.
kerangka konseptual yang menjelaskan hubungan antara penggunaan media pembelajaran berbasis AI dan kualitas belajar siswa. Menuliiskan laporan hasil penelitian. Dalam artikel ini, hasil dari studi literatur akan dijabarkan dalam bentuk tulisan yang menguraikan temuan- temuan, analisis, dan kesimpulan yang diambil dari literatur yang telah diteliti.
Metode studi literatur digunakan dalam artikel ini untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi dari literatur yang relevan tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis AI terhadap kualitas belajar siswa. Metode ini memberikan keunggulan dalam mengakses pengetahuan terbaru dan terkini tentang topik penelitian tanpa melakukan penelitian lapangan yang panjang dan mahal.
PEMBAHASAN
Media ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menghadirkan pengalaman belajar yang interaktif dan adaptif. Berbeda dengan media pembelajaran konvensional, media pembelajaran berbasis AI dapat menyediakan pengalaman yang personal dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing- masing siswa. Dengan adanya fitur ini, diharapkan media pembelajaran berbasis AI dapat meningkatkan kualitas belajar siswa.
Penggunaan media pembelajaran berbasis AI dapat meningkatkan kualitas belajar siswa melalui beberapa cara. Pertama, media ini dapat memberikan umpan balik yang instan dan terarah kepada siswa. Dikembangkan dengan algoritma pembelajaran yang cerdas, media pembelajaran berbasis AI dapat secara otomatis menganalisis kinerja siswa dan memberikan umpan balik real-time. Umpan balik ini memungkinkan siswa untuk melihat dan memperbaiki kesalahan mereka segera, sehingga mempercepat proses pembelajaran. Dengan adanya umpan balik instan ini, kejelasan dan kegiatan belajar mereka menjadi lebih efektif.
Selain itu, media pembelajaran berbasis AI juga dapat meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dalam media ini, terdapat fitur-fitur interaktif, seperti simulasi, game,
atau video interaktif, yang dirancang untuk mempromosikan partisipasi siswa. Selain itu, AI juga dapat mempersonalisasi instruksi berdasarkan preferensi belajar siswa, memastikan bahwa materi pembelajaran disajikan dengan cara yang paling efektif dan menarik bagi mereka. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis AI mampu membangun minat belajar yang lebih besar dan meningkatkan motivasi siswa.
Setiap siswa memiliki kecepatan belajar yang berbeda-beda. Dalam media pembelajaran berbasis AI, siswa dapat belajar dengan kecepatan mereka sendiri, serta mengulang materi yang sulit sebanyak yang diperlukan. Melalui pengumpulan data dan informasi yang dihasilkan oleh AI, media pembelajaran mampu menentukan level kesulitan yang tepat untuk setiap siswa. Hal ini dapat memastikan bahwa siswa tidak terlalu terbebani oleh materi-materi yang terlalu sulit atau merasa bosan dengan materi-materi yang terlalu mudah. Dalam konsekuensinya, adopsi media pembelajaran berbasis AI dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas belajar siswa secara keseluruhan.
Dalam media pembelajaran berbasis AI, evaluasi dan penilaian dapat dilakukan secara otomatis. Dengan menggunakan algoritma dan teknologi kecerdasan buatan, media pembelajaran ini dapat mengumpulkan data dan informasi tentang kemajuan belajar siswa secara akurat dan objektif. Dalam hal ini, penilaian yang dilakukan biasanya mencakup pemahaman konsep, performa, dan kemajuan belajar siswa. Dengan adanya penilaian otomatis ini, guru dapat menghemat waktu dan usaha dalam memberikan umpan balik kepada siswa, serta dapat memperoleh pemahaman yang lebih menyeluruh tentang kemampuan dan kelebihan siswa.
Tantangan yang terkait dengan penggunaan media pembelajaran berbasis AI. Masalah aksesibilitas teknologi adalah salah satu aspek yang perlu diperhatikan, terutama di lingkungan yang kurang tersedianya infrastruktur digital. Selain itu, peran guru juga perlu dipertimbangkan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis AI. AI tidak dapat sepenuhnya menggantikan peran guru dalam pembelajaran, namun sebaiknya menjadi alat bantuan yang mendukung dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
SIMPULAN DAN SARAN Simpulan
Penggunaan media pembelajaran berbasis Aii memiliki potensi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas belajar siswa. Dalam pembahasan sebelumnya, telah dijelaskan tentang pengaruh positif media pembelajaran berbasis AI dalam memberikan umpan balik instan, meningkatkan keterlibatan siswa, menyesuaikan kecepatan belajar siswa, serta menyediakan evaluasi dan penilaian yang objektif. Namun, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti aksesibilitas teknologi dan peran guru yang tetap penting dalam penggunaan media tersebut.
Dalam konteks belajar modern yang terus berkembang, media pembelajaran berbasis AI menawarkan peluang yang tak terbatas bagi siswa dan guru. Penggunaan media ini memberikan pendekatan pembelajaran yang lebih personal, dengan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan kecepatan dan gaya belajar siswa. Media tersebut tidak hanya memberikan umpan balik instan, tetapi juga memfasilitasi keterlibatan siswa melalui fitur-fitur interaktif yang menarik. Penyesuaian kecepatan belajar juga memberikan peluang bagi siswa untuk belajar dengan lebih maksimal, tanpa merasa tertinggal atau dibebani dengan materi yang terlalu sulit atau terlalu mudah.
Meskipun demikian, penggunaan media pembelajaran berbasis AI juga menghadapi beberapa tantangan. Aksesibilitas teknologi menjadi masalah utama yang perlu diatasi. Tidak semua sekolah atau daerah memiliki infrastruktur yang memadai untuk mendukung penggunaan media ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah yang tepat, seperti menyediakan akses di lingkungan sekolah atau mendukung akses di luar sekolah, agar media pembelajaran berbasis AI dapat diakses oleh semua siswa
Penggunaan media pembelajaran berbasis AI memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Media ini mampu memberikan umpan balik yang instan dan terarah, meningkatkan keterlibatan siswa, menyesuaikan kecepatan belajar, serta menyediakan evaluasi dan penilaian yang obyektif. Namun, tantangan
dalam aksesibilitas teknologi dan peran guru harus dilakukan dengan baik agar implementasi media pembelajaran berbasis AI berjalan lancar dan memberikan manfaat yang optimal bagi siswa. Dengan memahami potensi dan tantangan penggunaan media pembelajaran berbasis AI, pendidikan dapat berkembang ke arah yang lebih efektif dan relevan dengan tuntutan abad ke-21.
Saran
Saran-saran yang bisa diberikan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis AI untuk meningkatkan kualitas belajar siswa adalah sebagai berikut:
1. Memastikan aksesibilitas teknologi: Penting untuk memastikan bahwa siswa dan sekolah memiliki akses yang memadai terhadap teknologi yang diperlukan untuk menggunakan media pembelajaran berbasis AI. Sekolah harus memastikan infrastruktur digital yang memadai, seperti infrastruktur internet yang stabil dan perangkat yang cukup untuk siswa.
2. Menyediakan pelatihan bagi guru: Dalam rangka mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis AI, guru juga perlu mendapatkan pelatihan yang tepat. Pelatihan ini meliputi pemahaman tentang cara menggunakan media tersebut, kemampuan analisis data yang dihasilkan, dan keterampilan dalam memberikan umpan balik yang efektif kepada siswa.
3. Mempastikan pendekatan inklusif: Dalam menggunakan media pembelajaran berbasis AI, penting untuk memastikan bahwa pendekatan pembelajaran adalah inklusif. Hal ini berarti bahwa media tersebut harus mampu menyesuaikan kebutuhan belajar siswa dengan berbagai kemampuan dan kebutuhan. Fitur-fitur aksesibilitas seperti teks, suara, atau bahasa isyarat perlu diintegrasikan dengan baik sehingga semua siswa dapat mengakses materi pembelajaran dengan nyaman.
4. Menganalisis data dan kinerja siswa: Salah satu keunggulan media pembelajaran berbasis AI adalah kemampuannya untuk
mengumpulkan dan mengolah data tentang kinerja siswa. Guru harus mampu menganalisis data dan informasi tersebut guna memahami kekuatan dan kelemahan siswa dalam belajar. Hal ini memungkinkan guru untuk memberikan umpan balik yang lebih spesifik dan instruksi yang disesuaikan dengan kebutuhan individual siswa.
5. Memanfaatkan kolaborasi dan diskusi: Media pembelajaran berbasis AI dapat memfasilitasi kolaborasi dan diskusi antar siswa. Dalam menggunakan media ini, guru harus mendorong siswa untuk berkolaborasi, berdiskusi, dan saling membantu dalam memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep pembelajaran. Media ini dapat menyediakan platform yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi dan bekerja sama dalam lingkungan virtual.
DAFTAR PUSTAKA
Johnson, A. B., & Smith, J. D. (2018). The Impact of AI-based Learning Media on Student Engagement. Journal of Educational Technology, 20(2), 103- 118.
Li, Y., & Wang, C. (2019). Effects of AI- based Learning Media on Student Learning Outcomes. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 15(2), 98-114.
Chen, X., & Zhang, L. (2020). The Use of AI in Learning and Its Impact on
Student Learning Performance: A Literature Review. International Journal of Educational Research, 30(4), 275-293.
Wang, Q., & Liu, Y. (2020). Enhancing Learning Effectiveness with AI- based Learning Media: A Meta-
analysis. Educational Technology & Society, 23(2), 109-124.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H