Mohon tunggu...
Nadea Evelyn
Nadea Evelyn Mohon Tunggu... Mahasiswa - Umum

Update berita berita terkini

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Komunikasi dalam Digital Marketing

10 Mei 2024   20:33 Diperbarui: 10 Mei 2024   20:52 487
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Di dunia kerja, kemampuan komunikasi sangat penting untuk menjaga hubungan sehingga tugas yang berkaitan dengan tujuan perusahaan dapat diselesaikan dengan mudah. Selain itu, seorang manajer atau pimpinan perusahaan harus memiliki kemampuan komunikasi ini karena tanpanya, mereka akan sulit berkomunikasi dengan bawahannya.

Kemampuan komunikasi juga disebut keterampilan komunikasi. Kemampuan komunikasi dapat membantu menjaga hubungan tetap harmonis atau menyebabkan konflik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Oleh karena itu, gunakan kemampuan komunikasi Anda dengan bijak agar tidak saling menjatuhkan informasi.

Komunikasi pemasaran adalah cara untuk menggunakan berbagai media untuk menyampaikan pesan tertentu kepada konsumen. Bergantung pada kebutuhan bisnis, pesan tertentu dapat disampaikan secara langsung atau tidak. Tujuannya adalah untuk mendorong konsumen untuk membeli barang dan jasa yang dipasarkan oleh perusahaan.

Tujuan Komunikasi Pemasaran

  1. Membangun Jaringan

Tujuan komunikasi pemasaran yang pertama adalah untuk membangun jaringan. Komunikasi Pemasaran dapat membantu Anda menjembatani hubungan dengan pelanggan dan/atau masyarakat melalui media tertentu.

  1. Feedback

Feedback atau umpan balik menjadi salah satu tujuan komunikasi pemasaran yang harus Anda perhatikan. Dalam hal ini biasanya perusahaan akan memberikan survey, kuisioner, atau membuat grup diskusi untuk meminta masukan dari beberapa pelanggan.

  1. Memberi Edukasi

Tujuan komunikasi pemasaran selanjutnya adalah untuk memberikan edukasi kepada pelanggan dan masyarakat. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan komunikasi pemasaran untuk menunjukkan bagaimana produk dan/atau jasa yang Anda pasarkan bekerja.

  1. Branding

Tujuan komunikasi pemasaran lainnya yang tidak kalah penting adalah untuk branding. Setiap produk dan/atau jasa yang didistribusikan harus memiliki branding tersendiri. Mengapa? Agar apa yang Anda pasarkan bisa menjadi top of mind di benak pelanggan dan masyarakat.

Peran Komunikasi Pemasaran

  1. Sebagai Penyampai Pesan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, komunikasi pemasaran menggunakan berbagai jenis media untuk menyampaikan pesan kepada pelanggan.

  1. Menentukan Target Pasar yang Tepat

Peran komunikasi pemasaran adalah untuk mempersuasi masyarakat dengan tujuan dan pesan tertentu. Sehingga bisa menimbulkan atau mendorong masyarakat untuk membeli, menggunakan produk dan/atau jasa yang dipasarkan.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Satu lagi peran komunikasi pemasaran yang harus Anda ketahui adalah untuk meningkatkan brand awareness. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyiapkan siaran pers, menyebarkan newsletter, iklan, dan bentuk promosi lainnya.

Sumber :

https://bit.ly/3QH2Nyd

https://bit.ly/4bwoyJ5

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun