Mohon tunggu...
Nada Nadhifah
Nada Nadhifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Freelance Content Writer

Jangan diliat aja, ayo saling follow dan saling membantu!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Bisnis UMKM dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan!

24 Mei 2023   18:29 Diperbarui: 24 Mei 2023   18:32 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi seorang pembisnis UMKM sedang interaksi dengan pelanggan setianya | Sumber: pexels/kampus production

Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), mempertahankan loyalitas pelanggan merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan dalam menjaga pertumbuhan bisnis. 

Mempertahankan pelanggan yang sudah ada lebih efisien dan lebih menguntungkan daripada mencari pelanggan baru, tetapi jauh lebih sulit daripada mencari pelanggan baru. Namun tidak akan sulit apabila sudah mengetahui strategi-strateginya. Berikut ini adalah beberapa strategi bisnis UMKM yang efektif dalam mempertahankan loyalitas pelanggan!

1. Pelayanan Pelanggan yang Unggul

Memberikan pelayanan pelanggan yang baik adalah kunci utama dalam mempertahankan pelanggan untuk setia. Tanggap terhadap permintaan dan keluhan pelanggan, memberikan solusi yang cepat dan efektif, serta menjaga komunikasi yang baik adalah langkah penting dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. 

Melatih karyawan untuk memberikan pelayanan yang ramah dan profesional juga merupakan investasi yang berharga dalam mempertahankan loyalitas pelanggan.

2. Program Loyalitas Pelanggan

Mengembangkan program loyalitas pelanggan adalah strategi yang efektif dalam mempertahankan pelanggan. Program ini dapat berupa diskon, hadiah maupun keuntungan khusus bagi pelanggan setia. 

Dengan memberikan insentif kepada pelanggan yang telah memberikan dukungan jangka panjang, UMKM dapat memperkuat ikatan pelanggan dengan bisnis mereka.

3. Komunikasi Teratur

Menjaga komunikasi teratur dengan pelanggan juga termasuk langkah penting dalam mempertahankan hubungan bisnis. UMKM dapat mengirimkan informasi terkait produk baru, penawaran khusus, atau pembaruan bisnis melalui email, pesan teks, atau melalui media sosial. Komunikasi yang konsisten dan informatif akan membantu pelanggan tetap terlibat dan mempertahankan minat terhadap bisnis UMKM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun