curhat lewat media sosial daripada langsung dengan kerabat terdekat mereka? Padahal jika curhat melalui media sosial, kita akan berinteraksi dengan orang-orang yang tidak dikenal. Berikut ini alasan seseorang lebih senang curhat lewat media sosial!
Dalam era teknologi saat ini, media sosial telah menjadi salah satu cara populer yang banyak digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, fungsi media sosial juga sebagai tempat bagi banyak orang untuk berbagi cerita dan curhat tentang kehidupan mereka. Lantas, mengapa banyak orang lebih memilih untuk1. Rasa Nyaman dan Anonimitas
Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih suka curhat lewat media sosial itu karena mereka merasa lebih nyaman dan anonym(tidak dikenal). Ketika seseorang berbicara tentang masalah mereka secara langsung dengan kerabat terdekat, mereka mungkin merasa malu atau takut dianggap lemah bahkan kemungkinan takut di adu nasib atau hal-hal buruk lainnya yang diberikan oleh orang terdekat. Namun, ketika mereka curhat lewat media sosial, mereka dapat memilih untuk tidak mengungkapkan identitas mereka atau memilih siapa saja yang ingin mereka ajak bicara.
2. Terhubung dengan Orang Lain yang Sama
Media sosial juga memungkinkan seseorang untuk terhubung dengan orang lain yang kemungkinan mengalami masalah yang sama. Mereka akan mencari grup atau forum online yang berkaitan dengan masalah yang mereka alami sehingga merasa bahwa mereka tidak sendirian, sebab tidak hanya ia yang mengalami masalah seperti itu namun orang lain juga mengalaminya. Hal ini memberikan rasa dukungan yang penting bagi seseorang yang sedang mengalami kesulitan.
3. Mendapatkan Tanggapan yang Cepat
Ketika seseorang curhat lewat media sosial, mereka dapat langsung mendapatkan tanggapan dari orang lain. Mereka tidak perlu menunggu untuk bertemu dengan kerabat terdekat mereka atau mengatur jadwal pertemuan yang mana mungkin akan sangat mengganggu mereka yang sedang sibuk sehingga merasa tidak enak rasa. Selain itu, mereka juga dapat mengakses media sosial kapan saja dan di mana saja, sehingga curhatan mereka bisa ditanggapi dengan cepat bahkan bisa mendapat banyak respon yang beragam.
4. Tidak Mengganggu Kerabat Terdekat
Curhat lewat media sosial juga dapat dianggap sebagai cara untuk tidak mengganggu kerabat terdekat. Beberapa orang mungkin merasa tidak enak untuk membebani orang yang mereka sayangi dengan masalah mereka, sebab dikhawatirkan mereka akan merasa terbebani oleh masalah yang kita alami. Dalam hal ini, curhat lewat media sosial dapat dianggap sebagai alternatif yang lebih baik dan praktis, karena mereka dapat membagikan masalah mereka dengan orang yang tidak terlalu dekat dengan mereka.
5. Tersedia Banyak Pilihan Platform Media
Media sosial memiliki banyak platform yang dapat digunakan untuk curhat, sebab media sosial merupakan jenis user generate content yang artinya siapa saja bisa mengakses, mengedit bahkan membuat sebuah konten. Contohnya seperti Twitter, Instagram, Facebook, TikTok dan sebagainya. Namun perlu diketahui masing-masing platform memiliki karakteristik yang berbeda, seperti ukuran teks atau durasi video yang berbeda, sehingga seseorang dapat memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Inti kesimpulan dari ulasan tersebut bahwa antara curhat lewat media sosial dengan curhat langsung dengan kerabat, semua sama saja. Tergantung seseorang itu lebih merasa nyaman curhat melalui media sosial atau secara langsung? Hal ini dikarenakan tidak ada larangan dalam hal sesi sepercurhatan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H