Seiring dengan kemajuan teknologi, membuat komunikasi manusia beralih menuju digital sehingga muncul berbagai jenis media sosial yang mana aplikasi tersebut sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.Â
Namun untuk saat ini, terciptalah teknologi baru yang disebut new media. Media baru atau new media merupakan jenis media yang berkembang dari media lama dan digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain. Salah satu contoh media baru yaitu aplikasi Tiktok.
Tiktok adalah media baru yang menawarkan fitur-fitur terbaru, misalnya seperti efek-efek spesial yang menarik dan unik serta dapat digunakan oleh para pengguna dalam membuat sebuah konten.Â
Selain itu, efek ini dapat menarik perhatian orang-orang yang menontonnya. Sebenarnya Tiktok ini adalah aplikasi yang menyediakan beragam video-video pendek, dengan berbagai variasi yang dapat dibuat oleh siapapun.Â
Tiktok dikembangkan dan diluncurkan oleh Zhang Yiming yaitu developer asal Tiongkok sejak September 2016. Ia juga termasuk pendiri perusahaan ByteDance. Kemudian perusahaan tersebut mengembangkan sayap bisnisnya ke Indonesia dengan meluncurkan aplikasi media sosial berupa video musik yang dinamakan Tiktok.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat menggunakan aplikasi Tiktok dapat dilihat dari faktor internal maupun eksternal. Faktor internal sendiri adalah faktor yang berasal dari dalam diri individu, contohnya seperti perasaan, karakteristik individu keinginan, harapan, proses belajar, kebutuhan dan minat serta motivasi sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri seseorang yang meliputi keluarga, informasi yang diperoleh, intensitas, ukuran, pengetahuan dan sebagainya.Â
Dari sekian aplikasi yang masuk ke Indonesia, Tiktok merupakan satu-satunya aplikasi yang paling banyak digunakan, bahkan mengalahkan aplikasi populer lainnya seperti Youtube, WhatsApp, Facebook dan Instagram. Pemanfaatan Tiktok sebagai media baru menjadi ajang eksistensi dalam mengekspresikan diri melalui konten-konten yang kreatif dan menarik.
Meskipun begitu, Tiktok adalah media sosial yang digandrungi oleh khalayak dari banyak negara lho! Mengutip data yang dihimpun Statista periode April 2022, negara dengan posisi pertama yang banyak menggunakan aplikasi Tiktok adalah Amerika Serikat yang mencapai 136,42 juta pengguna.Â
Kemudian yang kedua ada negara Indonesia yang memiliki jumlah 99,07 juta, lalu disusul oleh negara Meksiko dengan 50,52 juta pengguna selanjutnya ada Filipina, Thailand, Turki serta Pakistan. Kamu bisa lihat data statistiknya dibawah ya!
Sebenarnya aplikasi Tiktok sempat dilarang bahkan diblokir oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika(Kominfo) pada tahun 2018 sebab berisikan konten-konten yang senonoh dan dianggap tidak mendidik.Â
Namun, kemudian dibuka dan dizinkan kembali sehingga Tiktok semakin populer sampai saat ini serta dijadikan sebagai wadah dalam mengekspresikan diri melalui konten-konten yang menarik dan kreatif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H