Mohon tunggu...
Nada aisy
Nada aisy Mohon Tunggu... Mahasiswa - I QOTHRUNNADA A'ISY SULTAN

SEMANGAT BISMILLAH SUKSES

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Mengontrol Emosi pada Anak

20 November 2022   17:45 Diperbarui: 20 November 2022   17:51 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pentingnya Mengontrol Emosi pada Anak

Taukah bunda bagaimana contoh dari regulasi emosi?

Emosi dapat ditekankan sebagi reaksi manusia terhadap sesuatu, namun bagaimana bentuk meregulasi emosi pada anak usia dini...?

Malam hari tepat setelah maghrib saya melihat keponakan saya duduk di sofa dengan wajah cemberut dengan amarah yang memuncak, saya sengaja tidak menghampirinya terlebih dahulu, kemudian saya hampiri dan tanya apa yang telah terjadi namun ia tak ingin menjawab, karna takut saya terpancing emosi karna tidak ada respon dari dia, akhirnya saya coba untuk merileks kan diri terlebih dahulu, kemudia saya lanjut  mengajaknya berkomunikasi, barulah disitu saya panggil dia kepangkuan saya dan saya peluk, karna apa saya paham betul tentang dirinya, pelukan pada anak itu dibutuhkan agar anak merasa aman dan nyaman, setelah itu mulailah saya ajak berkomunikasi

" adik kenapa wajahnya ditekuk seperti itu? Kenapa coba cerita sama aunty" ucap ku sambil mengelus punggungnya. " adik marah yaa...."

" adik sebel aunty adik di ejek, karna adik ga suka adik marah" ucapnya menunduk kebawah

" adik coba lihat mata aunty...aunty tau adik sedang marah, yuk coba Tarik nafas sama-sama biar hati dan jiwa adik tenang" ucapku lembut "nah... bagaimana rasanya setelah Tarik nafas, apa adik sudah lega nak?" tanya ku sambil memujinya hebat

" sudah aunty...adik sudah lebih tenang" ucapnya  " ya sudah kalua adik sedang marah lagi      cobacara seperti tadi aunty ajarkan yaa" ucap ku sambil mengecup kedua pipinya.

Bundaa... itu tadi sedikit cuplikan cerita yang saya alami betul terhadap keponakan saya, yaitu mengontrol emosi dengan menenangkan diri terlebih dahulu.

Apa itu Regulasi Emosi ?

Pada dasarnya yang kita tau emosi merupakan reaksi, sedangkan regulasi menurut kbbi yakni penataan, namun dalam konteks emosi regulasi merupakan mengelola, jika dikaitkan dapat berarti mengelola emosi terhadap manusia, Thompson mendefinisikan ER sebagai terdiri dari "proses ekstrinsik dan intrinsik yang bertanggung jawab untuk memantau, mengevaluasi, dan memodifikasi reaksi emosional, terutama fitur intensif dan temporal mereka, untuk mencapai tujuan seseorang" dari definisi diatas merupakan cara bagaimana seseorang dapat membedakan antara reaksi emosional dan kemampuan untuk mengatur emosi itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun