Seseorang yang berdiskusi atau berdialog menggunakan kosakata yang tak biasa didengar atau jarang didengar menjadi lebih menarik perhatian dan bisa meningkatkan value dari apa yang dikatakan. Maka simak sejumlah kosakata berikut agar publik speaking lebih menarik dan memukau audience, bahkan jika di implementasikan saat interview dapat menarik simpati HRD untuk diterima kerja loh!
Berikut sejumlah kosakata yang dapat kamu implementasikan saat berdialog atau berdiskusi dengan orang lain :
Ide = Konsep
Hasil = Output
Akibat = Konsekuensi
Peluang= Potensi
Hubungan = Relasi
Terapkan= Implementasi
Pengetahuan = Wawasan
Bersemangat= Antusias
Hubungan antar negara = Diplomasi
Kesepahaman = Mou
Perwakilan = Delegasi
Keterbukaan = Transparansi
Perubahan= Transformasi
Pertanggung jawaban = Akuntanbilitas
Peraturan = Regulasi
Pengesahan = Validasi
Pengelompokan = Klasifikasi
Dua pihak = Bilateral
Ringkasan hasil rapat = Nutolen
Pembelaan = Advokasi
Penyatuan = Konsolidasi
Penyuluhan = Edukasi
Pembagian = Distribusi
Dugaan = Asumsi
Dugaan sementara = Hipotesis
Citra diri = Personal Branding
Pengakuan diri = Self Image
Teratur = SistematisÂ
Kemampuam = kopetensi
Menyeluruh = Komperhensif
Keberadaan = Eksistensi
Alokasi = Pembagian
Pola pikir = Paradigma
Rencana = Strategi
Pendapat = Prespektif
Perhatian = Atensi
Desakan = Urgensi
Kerja sama = Kolaborasi
Harapan = Ekspektasi
Pendapat dengan landasan = Argumentasi
Pernyataan = Statmen
Memperagakan = Mendemonstrasikan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H