Sistem informasi manajemen merupakan sistem yang berfungsi untuk mengkoordinasi dan menganalisis pada suatu software aplikasi guna mendukung operasi perangkat lunak. Pada perkembangan sistem informasi, masalah dan tantangan yang dihadapi begitu sulit untuk diketahui jika tidak memahami kemampuan teknologi dengan standar program developer yang dihasilkan. Oleh karena itu diperlukan keahlian pada keamanan operasional secara efektif.
Sebagai  contoh, adapun tantangan manajemen yang harus dipahami oleh ahli bidang keamanan adalah seperti strategi bisnis dan investasi. Hal tersebut mempengaruhi peranan penting pada suatu organisasi atau perusahaan yang dapat menguntungkan lingkungan dan perusahaan itu sendiri secara efisien. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, organisasi perlu melakukan perubahan seperti mengelola ulang  sistem manajer dan peraturan kerja yang tidak efisien.
Menurut opini saya, keahlian pada sistem informasi harus dipahami dan diterapkan oleh perusahaan guna membantu para manager untuk mengambil suatu keputusan pada masalah internal maupun eksternal. Untuk itu diperlukan seseorang pengelola sistem yang paham pada bidang tersebut.
Program aplikasi yang baik tidak hanya menerjemahkan proses manual ke dalam sistem dalam bentuk lingkungannya, tetapi juga memasukkan proses ke dalamnya, menawarkan kenyamanan penggunanya dan, tentu saja, nilai tambah bagi perkembangan organisasi.
Perubahan proses merubah SOP (Standard Operating Procedure) yang ada dan tentunya melibatkan orang. Sistem informasi adalah aplikasi komputer yang mendukung operasi organisasi, seperti B. penggunaan, instalasi dan pemeliharaan komputer, perangkat lunak dan data. Secara teknis, sistem informasi dapat didefinisikan sebagai seperangkat komponen yang saling berhubungan yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mengkomunikasikan informasi untuk mendukung pengendalian organisasi dan pengambilan keputusan.
Tantangan dalam implementasi pengembangan sistem informasi adalah orang-orang yang terlibat dalam pengembangan sistem informasi, yaitu. H. departemen spesialis seperti pengguna akhir dan pengembang TI, dan tentu saja manajer pendukung dan manajemen yang menentukan tujuan yang ingin dicapai. Ketika sistem yang akan diterapkan adalah sistem informasi yang terintegrasi, tantangannya sangat besar karena mencakup seluruh organisasi yang mungkin melibatkan pihak eksternal.
Masalah yang dihadapi dengan implementasi ini biasanya sebagai berikut:
1. Pengguna tidak mengetahui kemungkinan teknologi yang dapat mendukung mereka dalam proses bisnis sehari-hari, dan pada tahap analisis, programmer juga tidak terlalu mengetahui proses bisnis yang sedang berjalan, atau karena standar programmer untuk membuat program tersebut kurang . Program yang dihasilkan adalah program yang bagus dari sudut pandang pengembang, bukan kedua belah pihak. Karena ketidaktahuan pengguna, masalah ini dapat diabaikan jika pengguna juga tidak peduli dengan program yang diberikan untuk digunakan.
2. Kedua belah pihak tidak memahami asumsi dan ketergantungan dalam sistem dan proses bisnis, sehingga ketika pada tahap implementasi ada bagian dari proses bisnis yang tidak tercakup oleh sistem, kemudian dibuat fungsi baru yang justru menimbulkan masalah, dan memecahkan masalah menciptakan masalah baru, seperti karpet B. Tambal sulam, yang menyebabkan benang kusut dan membuat aplikasi tidak dapat diandalkan. Dan aplikasi tersebut kebetulan merupakan program entri data.
3. Ketika sistem terintegrasi diimplementasikan, dimana pengguna tidak dapat memprioritaskan pelaksanaannya, dimana pengguna yang sudah tertarik dengan aktivitas operasional berpura-pura setuju, mendorong dan mengikutinya, namun kenyataannya semuanya tidak berjalan seperti yang diharapkan.
Sistem informasi menghadirkan tantangan manajemen karena keamanan sistem informasi membutuhkan sumber daya organisasi dan manajemen seperti berbagai teknologi. Menciptakan kerangka kerja yang stabil untuk keamanan dan kontrol memerlukan keahlian dalam menyeimbangkan risiko, peluang, dan kemampuan organisasi untuk bertindak.
Apa hubungan ahli sistem informasi dengan tantangan manajemen?
Mengambil suatu keputusan menjadi peranan penting untuk memecahkan permasalahan yang rumit. Contohnya seperti layanan publik. Hal tersebut menjadi pendorong perusahaan agar dapat memperbaiki produk yang mereka tawarkan melalui website ke konsumen. Melalui website tersebut, perusahaan dapat memanfaatkan kemajuan produk yang tersedia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H