Mohon tunggu...
Nabila Thohiriyah
Nabila Thohiriyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya adalah mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jakarta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik program studi Ilmu Komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Jenis Iklan Luar Ruangan di Sekitar Gelora Bung Karno

29 April 2024   16:22 Diperbarui: 29 April 2024   16:28 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

IKLAN LUAR RUANGAN (VIDEOTRON)

Iklan yang ditampilkan diatas adalah sebuah video yang berisi elemen elemen berwarna terang yang berada di sisi gedung. Produk yang ditampilkan adalah jasa perusahaan periklanan (CITYVISION).

ANALISIS IKLAN LUAR RUANGAN (VIDEOTRON)

1. Tujuan Iklan

Iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian perusahaan dengan menyediakan tempat atau jasa periklanan.

2. Audience Target

Target audiens iklan ini adalah perusahaan yang ingin memperkenalkan perusahaannya.

3. Pesan Iklan

Pesan utama yang ditampilkan dalam iklan tersebut adalah mengenalkan perusahaan periklanan CITYVISION.

4. Visual dan Desain

Desain dan visual yang ditampilkan pada iklan tersebut adalah berbagai macam elemen warna warni menarik dengan tulisan “MAKE THIS SPACE” .

5. Tone dan Bahasa

Tone iklan ini dengan berbagai macam warna cerah dan menarik, dengan menggunakan bahasa yang lugas dan penuh semangat.

Gambar Iklan Luar Ruangan: Doc Kelompok 2 /dokpri
Gambar Iklan Luar Ruangan: Doc Kelompok 2 /dokpri

IKLAN LUAR RUANGAN (BANNER)

Iklan yang ditampilkan diatas adalah sebuah banner besar atau spanduk yang terpasang di sekitar kompleks Gelora Senayan. Iklan ini menampilkan gambar interior yang menarik dari Hotel (Artotel Gelora Senayan) dengan desain modern dan warna yang cerah dengan logo hotel yang menonjol. Produk yang ditampilkan adalah dari hotel (Artotel Gelora Senayan).

ANALISIS IKLAN LUAR RUANGAN (BANNER)

1. Tujuan Iklan

Iklan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang keberadaan Hotel (Artotel Gelora Senayan) di lokasi tersebut dan menarik minat calon tamu untuk menginap di hotel tersebut. 

2. Audience Target

Target audiens iklan ini adalah wisatawan domestik dan internasional yang mengunjungi atau memiliki kepentingan di daerah Gelora Senayan, serta mereka yang mencari pengalaman menginap yang mewah dan nyaman.

3. Pesan Iklan

Pesan utama yang ingin disampaikan adalah bahwa Hotel (Artotel Gelora Senayan) menawarkan pengalaman menginap mewah dan berkualitas tinggi di lokasi yang strategis di tengah-tengah Gelora Senayan.

4. Visual dan Desain

Gambar interior hotel yang menarik dan modern menciptakan daya tarik visual yang kuat. Warna-warna cerah dan desain yang bersih mencerminkan kesan kemewahan dan kenyamanan.

5. Tone dan Bahasa

Tone iklan ini bersifat eksklusif, dengan menggunakan bahasa yang menekankan pengalaman mewah yang ditawarkan oleh Hotel (Artotel Gelora Senayan)

Gambar Iklan Luar Ruangan: Doc Kelompok 2/dokpri
Gambar Iklan Luar Ruangan: Doc Kelompok 2/dokpri

IKLAN LUAR RUANGAN (MOBIL BUS)

Iklan yang ditampilkan diatas adalah sebuah iklan (FreshCare Smash) yang dipasang di bagian belakang atau samping sebuah bus. Iklan ini menampilkan gambar seorang perempuan yang segar dan percaya diri setelah menggunakan produk (FreshCare Smash), sambil tersenyum dengan latar belakang yang cerah dan energik. Produk yang ditampilkan adalah minyak angin aromatherapy (FreshCare Smash)

 

ANALISIS IKLAN LUAR RUANGAN (MOBIL BUS)

1. Tujuan Iklan

Iklan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek (FreshCare Smash) di antara penumpang dan pejalan kaki yang melihat iklan saat bus melintas di jalan. Tujuannya juga untuk menarik perhatian mereka yang tertarik untuk mencoba produk tersebut.

2. Audience Target

Target audiens iklan ini adalah pengguna bus, terutama mereka yang aktif secara sosial dan peduli dengan kebersihan diri.

3. Pesan Iklan

Pesan utama yang ingin disampaikan adalah bahwa menggunakan (FreshCare Smash) akan memberikan kesegaran dan percaya diri sepanjang hari.

4. Visual dan Desain

Gambar seorang perempuan yang segar dan percaya diri menciptakan daya tarik visual yang kuat. Latar belakang yang cerah dan energik menambahkan kesan positif tentang produk.

5. Tone dan Bahasa

Tone iklan ini bersifat positif dan menjanjikan, dengan menggunakan bahasa yang menekankan pada sensasi kesegaran dan percaya diri yang diberikan oleh produk tersebut.

Gambar Iklan Luar Ruangan: Doc Kelompok 2/dokpri
Gambar Iklan Luar Ruangan: Doc Kelompok 2/dokpri

IKLAN LUAR RUANGAN (TENDA KERUCUT/SANARFIL)

Iklan yang ditampilkan diatas adalah sebuah tenda kerucut yang dipasang di pinggir jalan yang menampilkan gambar sebotol air mineral yang menyegarkan bertuliskan (OASIS) dengan latar belakang panorama alam yang indah. Produk yang ditampilkan adalah minuman ringan (OASIS). Tenda kerucut atau sanarfil biasanya digunakan untuk keperluan promosi di acara luar ruangan seperti pameran, festival, atau acara olahraga. 

ANALISIS IKLAN LUAR RUANGAN (TENDA KERUCUT/SANARFIL)

1. Tujuan Iklan

Iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian pengendara maupun pejalan kaki dengan menampilkan gambar yang menarik dan menyegarkan.

2. Audience Target

Target audiens iklan ini adalah pengendara dan pejalan kaki untuk mengingatkan supaya tidak lupa minum air mineral yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi.

3. Pesan Iklan

Pesan utama yang ingin disampaikan adalah bahwa air mineral (OASIS) adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang merasa haus dan butuh mineral yang cukup bagi tubuh.

4. Visual dan Desain

Desain tenda yang mencolok dengan gambar botol (OASIS) yang besar dan latar belakang berupa panorama alam yang indah, menciptakan daya tarik visual yang kuat dan menonjol.

5. Tone dan Bahasa

Tone iklan ini bersifat dinamis dan santai, dengan menggunakan bahasa yang lugas dan penuh semangat.

Penyusun

 

Kelompok 2 :

Retno Palupi, 23010400024, Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UMJ. 

Rosyidah Devi R, 23010400025, Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UMJ. 

Putra Dermawan, 23010400032, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UMJ. 

Nabila Thohiriyah, 23010400046, Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UMJ. 

Dieo Kusumaatmaja, 23010400201, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UMJ. 

Achmad Ardiansyah, 23010400211, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UMJ. 

Muhamad Khaerul Anam, 23010400219, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UMJ.  

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun