Matematika salah satu ilmu yang sering digunakan dalam kehidupan nyataÂ
Berbeda dengan di sekolah matematika menjadi salah satu pelajaran yang sedikit peminatnya
Berlomba-lomba siswa menghindarinya
Agar tidak bertemu dengan matematika ilmu yang menjadikan siswa harus bepikir kritis dan realistis terhadap apa yang sedang dibicarakannya
Kerjakan apa yang bisa dikerjakan lalu tanyakan apa yang membuatmu membingungkan
Proses yang kamu kerjakan tentu akan lebih berharga di banding dengan proses orang lain yang kamu minta
Ada siswa yang merasa takut saat proses pengerjaannya salah dalam pengoreksian
Jangan takut akan hal demikian bukankah rasa takut akan menghantui seseorang
Untuk tetap berada di posisi yang sama tanpa bergerak maju melangkah tujuannya
Matematika di kenal siswa sejak dulu sebagai mata pelajaran yang sulit juga rumitÂ
Tak apa jika pandangan siswa demikian, Â sudah saatnya bangkit untuk merubah mindset siswa
Tak ada yang rumit juga sulit jika kalian mau berusaha untuk tetap belajar
Belajar dari yang tidak dipahami sampai belajar dari apa yang kalian ketahui
Jika kalian sudah melakukan apa yang sebisa kalian hanya saja hasil tak sesuai harapan
Don't cry, Â bukankah kegagalan adalah proses dari suatu keberhasilan
Memang benar adanya jika siswa memiliki banyak kemampuam dalam dirinya
Jika dalam hal kognitif siswa rendah mungkin di bidang afektif kemampuannya
Begitu juga dengan afektif jika rendah, mungkin di bidang psikomotorik kemahirannya
Jangan menyalahkan jika siswa mendapatkan nilai ulangan rendah
Bisa saja guru yang mengajarnya kurang maksimal atau siswa yang abai terhadap pembelajaran
Maka dari itu berintrospeksilah keduanya....
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H