Kita membahas Budaya organisasi. Budaya merupakan norma-norma yang dilakukan oleh organisasi yang selalu diajarkan kepada anggota baru sebagai hal yang benar. Atau bisa kita simpulkan bahwa budaya adalah keyakinan yang di yakini bersama tentang suatu hal yang biasa dilakukan secara bersama.
Setiap sekelompok orang ataupun organisasi pastinya memiliki budaya yang berbeda-beda, baik dalam bersikap, tata cara bicara ataupun cara-cara lainnya. Meningkatkan nilai budaya organisasi yang bagus pastinnya akan meningkatkan pula nilai pada organisasi tersebut.Â
Adapun budaya yang terlihat atau dapat dilihat jelas terhadap suatu organisasi misalknya  itu cara berpakaian anggota nya, tatanan pada kantor atau organisasi ataupun pola tingkah laku dari setiap anggota organisasi.
Kita bisa ambil contoh dari sebuah perusahaan misalnya itu seperti perusahaan yang bergerak di bidang jasa misalnya itu seperti Bank BNI, para pengawai bank BNI sudah di haruskan berpakaian bersih rapih baik untuk laki-laki ataupun untuk wanita sekaligus para pegawai lain yang bertugas baik Office boy atau office girl serta security dari bank BNI itu sendiri.
Selain dari segi pakaian, dari tingkah laku ataupun cara  bicara para pegawai bank BNI itu sendiri mereka terlihat selalu tersenyum dan sebisa mungkin memberikan pelayanan yang ramah terhadap custoamernya sehingga membuat nilai pada organisasi mereka di anggap bagus dan baik karena dengan cara mereka berperilaku serta tutur kata dan juga pakaian yang mereka gunakan mereka se professional mungkin dala bekerja.
Lalu megapa budaya itu penting? Mengapa budaya penting karena :
1. Yang pertama ialah, budaya dapat menintegrasikan anggota agar mereka tahu cara berhubungan satu sama lain, bagimana mereka harus beriskap serta berprilaku terhadap orang lain yang nantinya pasti akan memperngaruhi nilai pada perusahaan itu sendiri.
2. yang kedua yaitu budaya dapat membantu organisasi untuk beradaptasi dengan lingkungan eksternal dengan mudah. Maksudnya itu ialah jika kita memiliki budaya organisasi yang sudah di terapkan oleh organisasi pastinya dengan lebih mudah kita menetapkan diri kita terhadap linngkungan eksternal yang kita hadapi dan dapat membuat citra oranisasi jugaterkesan bagus karena budaya yang sudah kita terapkan dii lingkungan internal secara kesehariannya.
Dengan menegtahui budaya di dalam organisasi organisasidapat bekerja lebih efektif dan dapat mengembangkan identitas dari masing-masing angggota organisasi.Â
Serta dengan adanya budaya pra anggota organisasi dapat lebih cepat merespon kebutuhan dari pelanggan atau rekanan ataupun para pesaingnya. Dan budaya pula dapat mendorong komitmen karyawan terhadap tujuan dari organisasi tersebut dan bisa di gunakan untuk mencapai tujuan dari sebuah organisasi agar lebih efektif dalan menggapai tujuan organisasi.
Dengan demikian mengapa budaya dapat memperngaruhi nilai organisasi? Dapat kita simpulkan dari penjelasan diatas bahwa budaya bisa memperngaruhi bagaimana setiap individu berperilaku berpakaian serta betutur kata sesuai dengan udaya organisasi yang diterapkan sesuai dengan keleompoknya.Â
Jika sebuah organisasi memili nilai budaya yang bagus maka bisa di lihat juga bagaimana cara anggota organisasinya berperilaku baik di lingkungan internal ataupun eksternalnya. Biasanya jika budaya yang di terapkan di suatu organisasi cenderung kuat dan bagus maka dapat dipastikan bahwa budaya yang diciptakan atau diterpkan pada organisasi itu juga bagus.Â
dengan budaya kerja yang bagus maka akan menciptakan nilai yang bagus pula untuk organisasi itu sendiri baik di mata pelanggan ataupu para pesaingnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H