Pada abad 21 ini para pegawai khususnya yang bekerja di instansi/perusahaan dituntut terus menerus mengembangkan keterampilan seiring dengan perubahan perubahan yang ada pada dunia saat ini. Di era digital saat hampir diseluruhan perusahaan dan instansi memerlukan teknologi berbentuk digital yang gunanya untuk memudahkan segala proses pekerjaan yang dilakukan. Ada banyak keuntungan yang akan didapat jika instansi/perusahaan memakai kecanggihan dari teknologi. Mulai dari pengorganisasian peningkatan produktivitas pegawai sampai menemukan inovasi-inovasi terbaru.
Didalam sebuah instansi/perusahan tentunya Kualitas Sumber Daya Manusia sangat berpengaruh guna memajukan sebuah Intansi/Perusahaan baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Dengan adanya Sumber Daya Manusia yang berkualitas maka akan membawa Instansi/Perusahaan ke arah yang lebih baik.
Meningkatkan keterampilan pegawai di era transformasi digital ini pun membantu pegawai tersebut untuk lebih terampil, kompeten, dan layak untuk bersaing ditengah-tengah semua instansi/perusahaan semakin kompetitif. Tapi meningkatkan keterampilan pegawai itu bukanlah tugas yang mudah karena semua akan kembali kepada diri pribadi pegawai tersebut. Tantangan seperti keterampilan apa saja yang harus ditingkatkan serta bagaimana caranya menemukan sumber daya yang tepat dan cara mengelola biaya dan waktu agar tak terbuang sia-sia.
Sudah kita sadari bersama bahwa kebutuhan akan teknologi digital adalah termasuk kebutuhan utama dalam proses manajemen di Instansi Perusahaan, tetapi dalam faktanya menurut Survey dari The Modern Marketplace pada tahun 2019 menyatakan bahwa "70 Persen Instansi/Perusahaan masih memandang tranformasi digital adalah sebuah tantangan yang besar". Dan untuk mengataasi permasalahan ini setiap Instansi/Perusahaan memerlukan "Change Management Strategy". Yang berfokus pada transformasi User mulai dari pimpinan, divisi, hingga pegawai yang ada di Instansi/Perusahaan tersebut. Hal ini perlu dilakukan supaya proses transformasi digital tepat pada sasaran. Mengingat bahwa tidak semua orang berfikir bahwa pembelajaran teknologi itu penting dan harus disambut dengan antusiasme yang tinggi.
Dikutip dari artikel greatday HR bahwa setiap Instansi/Perusahaan dapat meningkatkan performa keterampilan dan kompetensi pegawai nya agar lebih efektif dan eifisien dalam menghadapi era tranformasi digital yang semakin berkembang.
Ada banyak cara untuk meningkatkan daya kinerja para pegawai di Instansi/Perusahaan, berikut penjabarannya :
1. Online Training
Online training yang dimaksud disini adalah kursus-kursus yang disediakan secara online baik berupa e-learning ataupun webinar yang memudahkan karyawan untuk tidak harus datang ketempat training
2. Coaching dan Mentoring
Coaching dan mentoring adalah cara yang efektif untuk membantu pegawai dalam meningkatkan ketampilan secara individual, pegawai biasanya akan mendapatkan umpan balik langsung dari mentor.
3. Program sertifikasi
Program sertifikasi biasanya memberikan pegawai kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang diakui oleh lembaga nasional dan internasional yang berguna untuk meningkatkan kredibilitas karyawan dan juga membantu dalam kemajuan karir.
4. Kolaborasi dan tim kerja
Kolaborasi tim kerja juga dapat membantu karyawan untuk belajar dari pengalaman-pengalaman rekan kerja yang lain guna memperoleh sisi perspektif yang baru.
5. Pelatihan soft skill
Instansi/perusahaan bisa mengadakan pelatihan seperti keterampilan berkomunikasi, manajemen waktu, manajemen kepemimpinan dalam meningkatkan skill di era transformasi digital. Pelatihan seperti ini bisa membantu pegawai menjadi lebih ekfetif dalam mengerjakan pekerjaan mereka dan juga bisa untuk mengembangkan karir lebih luas lagi.
6. Penggunaan alat dan teknologi
Pegawai juga harus dilatih dan dibimbing memahami dan menguasai cara-cara menggunakan alat teknologi yang diperlukan dalam suatu pekerjaan. Instansi/perusahaan harus mampu memberikan pelatihan dan bimbingan dengan alat yang cukup memadai untuk membantu pegawai dalam mempelajari teknologi yang relevan.
7. Program rotasi pekerjaan
Program rotasi dalam pekerjaan juga dapat membantu pegawai dalam mengembangkan keterampilan dan pengalaman baru. pegawai dapat mengeksplorasi berbagai posisi dan divisi dalam suatu instansi/perusahaan.
8. Evaluasi kinerja secara berkala
Evaluasi kinerja secara berkala dapat pula membantu karyawan mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka. Inipun dapat membantu mereka mengidentifikasi hal-hal yang perlu ditingkatkan dalam keterampilan bekerja.
9. Penghargaan dan insentif
Penghargaan dan insentif mampu memberikan motivasi tambahan bagi para pegawai untuk meningkatkan keterampilan mereka di era transformasi digital sekarang ini. Instansi/perusahaan dapat memberikan penghargaan dan insentif bagi pegawai yang sudah berhasil menyelesaikan suatu pelatihan atupun sertifikasi.
10. Budaya belajar
Instansi/perusahaan tentunya harus selalu menciptakan budaya belajar yang menginspirasi bagi para pegawai di dalamnya. Dapat meliputi penghargaan bagi pegawai yang terus belajar dan mengembangkan keterampilan mereka serta mempromosikan apa saja nilai penting dari pembelajaran dan pengembangan karir.
Bahwa dengan cara seperti itu, perusahaan bisa dapat meningkatkan skill pegawai secara efektif sehingga mereka yang ada di dalamnya bisa bekerja lebih cepat dan efisien, dan juga bisa bersaing di tengah-tengah persaingan instansi/perusahaan yang lain.
LALU SEBERAPA PENTINGNYA SKILL KARYAWAN DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL SEKARANG INI?
Bukan rahasia lagi kalau skill pegawai-pegawai sekarang banyak yang meningkat, karena alasannya pun seperti ini :
- Persaingan semakin ketat
Para pegawai diluaran sana sudah menyadari bahwa pentingnya meningkatkan skill ditengah-tengah gencarnya transformasi digital ini karena jika pegawai tidak memperbaharui keterampilannya maka mereka tentu akan ketinggalan dan kesulitan untuk bersaing dengan pegawai dari instansi/perusahaan lain.
- Teknologi yang berkembang pesat
Teknologi tentunya berkembang dengan sangat cepat di era digital sekarang, jika pegawai tidak memperbaharui skillnya maka bukan tidak mungkin mereka akan kesulitan untuk menggunakan teknologi yang ada di pekerjaan mereka.
- Meningkatkan produktivitas
Pegawai yang memiliki skill digital dengan baik biasanya akan dapat bekerja lebih baik dibanding mereka yang enggan. Karena tentunya hal ini dapat meningkatkan produktivitas mereka yang akhirnya dapat mempercepat pekerjaan di dalam instansi/perusahaan.
- Fleksibilitas dalam pekerjaan
Pegawai yang terampil dalam menggunakan teknologi digital dapat bekerja secara fleksibel. Contohnya dengan bekerja jarak jauh atau mengakses informasi penting melalui internet. Dengan begitu akan memberikan keuntungan yang nyata bagi kemajuan instansi/perusahaan tempat mereka bekerja.
- Inovasi
Pegawai yang terampil dalam menggunakan teknologi digital juga dapat memberikan kontribusi yang besar dalam memajukan instansi/perusahaan. Mereka biasanya mampu mengembangkan solusi baru yg lebih efektif dan efisien dalam mengatasi masalah yang ada.
Dengan demikian bisa ditarik kesimpulan, bahwa meningkatkan keterampilan pegawai di era transformasi digital sekarang ini sangat penting guna memastikan instansi/perusahaan tempat kita bekerja dapat bersaing dengan sukses ditengah semakin banyaknya instansi/perusahaan yang ada.
sumber : https://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id/index.php/jki/article/view/205
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H