Dalam rangka menunjang aspek keahlian profesional Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen telah menyediakan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dengan lengkap, namun sarana dan prasarana tersebut hanya menunjang aspek keahlian profesional secara teori saja. Dalam dunia kerja nantinya dibutuhkan keterpaduan antara pengetahuan akan teori yang telah didapatkan dari bangku perkuliahan dan pelatihan praktik di lapangan guna memberikan gambaran tentang dunia kerja yang sebenarnya.
Magang merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk berpartisipasi secara langsung di lembaga BUMN, BUMD, perusahaan swasta, dan instansi pemerintah setempat agar mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dan melihat relevansinya pada dunia kerja serta mendapatkan umpan balik dari perkembangan ilmu pengetahuan dari masyarakat maupun melalui jalur pengembangan diri dengan mendalami bida ilmu tertentu dan aplikasinya.Â
Magang diharapkan dapat menambah kemampuan untuk mengamati, mengkaji, seta menilai antara teori dengan realita di lapangan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas manajerial mahasiswa dalam mengamati permasalahan dan persoalan, baik dalam bentuk aplikasi teori maupun kenyataan yang sebenarnya.Â
Magang dianggap sangat penting bagi mahasiswa karena dapat membentuk pola pikir yang terarah dan membangun. Selain itu magang ini dapat bermanfaat sebagai bekal untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang penuh persaingan, serta mengetahui bagaimana kerjasama dan komunikasi yang dilakukan oleh karyawan dalam suatu perusahaan atau instansi terkait.Â
Dalam perkuliahan, mahasiswa mendapat pengetahuan yang berupa teori yang diiringi dengan sedikit praktik. Hal ini dirasa belum lengkap karena ilmu yang didapatkan juga perlu diiringi dengan praktik yang direalisasikan dalam kehidupan nyata.
Magang kali ini  dilakukan di PT. Telkom Prima Cipta Certifia yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan pelatihan, sertifikasi, dan solusi. Adapun area layanan yaitu untuk memenuhi kebutuhan ekosistem Telkom group, baik internal Telkom group atau relasi bisnis dari Telkom group, kemudian Grup Yayasan Pendidikan Telkom, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, Badan Pemerintahan, Korporasi, hingga pendidikan (edukasi) baik itu perguruan tinggi hingga sekolah..Â
Pada pelaksanaan magang  ini penulis memilih PT. Telkom Prima Cipta Certifia karena untuk dapat mengidentifikasi manajemen yang terjadi didalamnya. Dengan melakukan magang kerja di PT. Telkom Prima Cipta Certifia, diharapkan penulis mendapatkan pengetahuan yang terkait dengan topik.
PT. Telkom Prima Cipta Certifia (PT TPCC) adalah perusahaan dengan badan hukum Perseroan Terbatas (PT) yang terbentuk sejak 2019, dimana perusahaan ini merukapakan transformasi dari Telkom Professional Certification Center (Telkom PCC) yang merupakan unit usaha dibawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) yang berdiri pada tahun 2015 sebagai penggabungan dari beberapa unit usaha dibawah YPT yaitu Telkom PCC (berdiri tahun 2012) dengan telkom Professional Development Center (Telkom PDC) yang didirikan sejak tahun 2016.
PT. Telkom Prima Cipta Certifia bergerak dalam bidang layanan pelatihan, sertifikasi, dan solusi. Adapun era layanan yaitu untuk memenuhi kebutuhan ekosistem Telkom Group, naik internal Telkom Group atau relasi bisnis dari Telkom Group, kemudian Grup Yayasan Pendidikan Telkom, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, Badan Pemerintahan, Korporasi, hingga Pendidikan (Edukasi) baik itu perguruan tinggi hingga sekolah.
Kegiatan Magang Kerja PT. Telkom Prima Cipta Certifia dibimbing oleh pempimbing lapangan dan pembimbing akademik. Peran pembimbing lapangan dalam kegiatan magang kerja ini adalah sebagai fasilitato yang memberikan petunjuk serta informasi bagi peserta magang sesuai topik yang telah dibahas selama kegiatan magang kerja berlangsung.Â
Sedangkan peran pembimbing akademik sebagai fasilitator dalam bidang akademik untuk memastikan peserta magang telah melakukan kegiatan magang sesuai dengan prosedur dan peraturan yang telah ditetapkan. Metode pelaksanaan pada kegiatan magang kerja ini meliputi sebagai berikut:
- Praktik Kerja
Pelaksanaan praktik kerja dilakukan dengan harapan peserta magang  mampu menerapkan tridharma perguruan tinggi yaitu sesuai dengan bidang pendidikan, penelitian serta pengabdian. Dalam bidang pendidikan khususnya bertujuan untuk mempelajari manajemen yang dilakukan oleh PT. Telkom Prima Cipta Certifia terutama manajemen proses dan produksi, sedangkan bidang penelitian dilakukan saat akan mencari informasi atau data yang dibutuhkan selama kegiatan magang. Pengabdian dalam kegiatan magang kerja diperoleh dari keaktifan peserta magang menyelesaikan kegiatan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan.
- Pencatatan Data
Data yang dibutuhkan dalam kegiatan magang dengan topik manajemen proses dan produksi yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dan sekunder merupakan data yang dikumpulkan oleh peserta magang langsung dari sumber pertama yang selanjutnya digunakan untuk mendukung pembuatan laporan akhir kegiatan magang kerja.
- Dokumentasi
Metode pelaksanaan dokumentasi dilakukan dengan tujuan untuk melengkapi informasi-informasi yang diperoleh agar lebih lengkap serta menunjang kebenaran dan keterangan yang diberikan sesuai dengan topik.
Selama pelaksanaan kerja di unit General Support PT. Telkom Prima Cipta Certifia selama 3 bulan, penulis ikut serta dalam berbagai kegiatan di General support sebagai berikut:
- Membuat Pertanggungan Kwitansi dan Pertanggungan Panjar.
Pada kesempatan kali ini, penulis ditugaskan oleh staff general support yang lain untuk membantu membuat pertanggungan, pertama penulis akan diberikan berkas-berkas untuk menginput datanya kedalam pertanggungan, setelah selesai membuat soft file pertanggung tersebut penulis langsung mencetak pertanggung tersebut lalu memberikannya kepada asisten manajer untuk ditanda tangani, setelah ditanda tangan lalu file pertanggungan tersebut langsung di data kedalam logbook harian.
- Supporting unit General Support
Menurut pembimbing magang kerja, ibu Hilma Taufika setiap peserta magang di PT. Telkom Prima Cipta Certifia akan selalu mendapat pekerjaan dari yang terkecil sampai yang terbesar, maka dari itu disini penulis juga diberikan tugas tugas kecil untuk membantu staff unit general support yang lainnya termasuk pembimbing, ibu Hilma Taufika seperti contoh, men-scan file, mem-fotokopi file, merapihkan file-file milik unit general support yang tercecer dan mengantarkan beberapa keperluan unit lain dari unit general support.
- Project HUT PT. Telkom Prima Cipta Certifia
Penulis diberikan tanggung jawab untuk membantu project PT. Telkom Prima Cipta Certfia yaitu Hari Ulang Tahun PT. Telkom Prima Cipta Certifia yang akan jatuh pada tanggal 1 July 2022. Penulis ikut serta dalam membantu perencanaan konsep, pembuatan poster untuk sosial media dan membantu keperluan lainnya.
Sebagai mahasiswa dalam melaksanakan magang kerja, sebelum terjun langsung ke lapangan kita harus sudah memiliki bekal materi tentang apa yang akan dipraktikkan, baik itu di dapat dari referensi-referensi maupun bertanya secara langsung kepada pembimbing. Kita juga harus memperhatikan keaktifan untuk memperoleh keterangan apa saja yang masih belum kita ketahui dengan bertanya kepada pembimbing, bisa memanfaatkan waktu senggang untuk membaca buku-buku atau referensi-referensi yang ada pada PT. Telkom Prima Cipta Certifia, menjaga suasana seakrab mungkin dengan pembimbing karena itu akan mempengaruhi dalam proses kelancaran tanya jawab, dan sebelum melakukan magang alangkah baiknya kita sebagai mahawsiswa membekali diri dengan keterampilan yang cukup seperti yang telah di ajarkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H