Mohon tunggu...
Nabila Rahmah
Nabila Rahmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Islam Negri Maulana malik Ibrahim Malang

Hobi Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Majalah Dinding "Mading" dalam Meningkatkan Literasi Siswa MI NU Hidayatul Mubtadiin oleh Mahasiswa AM dan KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

12 Mei 2024   15:12 Diperbarui: 12 Mei 2024   15:27 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seperti yang kita tahu bahwa literasi adalah kemampuan membaca dan menulis seseorang, literasi adalah keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu. Literasi juga dapat diartikan sebagai kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. 

Literasi itu sangat penting dalam kegiatan pembangunan disekolah, karena untuk membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan analisis dan berpikir, meningkatkan daya ingat siswa, menambah kosa kata, membantu meningkatkan daya fokus serta meningkatkan kemampuan verbal. 

Selain itu literasi ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah.

Majalah dinding merupakan salah satu bentuk media visual yang digunakan dalam konteks pendidikan atau promosi. Hal ini merupakan cara yang kreatif untuk menampilkan informasi, ide, atau gambar-gambar yang relevan dengan topik tertentu di sebuah ruangan atau dinding. 

Selain itu majalah dinging ini juga memiliki peran penting seperti : Mengembangkan Keterampilan Literasi Visual, Melalui mading, pembaca dapat mengembangkan keterampilan literasi visual, yaitu kemampuan untuk memahami dan menganalisis informasi yang disajikan secara visual, hal ini merupakan keterampilan penting dalam era di mana media visual semakin dominan. 

Dokpri
Dokpri

Meningkatkan Minat Membaca, mading yang menarik dan informatif dapat meningkatkan minat membaca di kalangan pembaca, terutama mereka yang mungkin kurang tertarik pada bacaan tradisional. Hal ini dapat mendorong mereka untuk mencari informasi lebih lanjut dan menjadi pembaca yang lebih aktif. Menyajikan Informasi yang Beragam, mading dapat menyajikan informasi dari berbagai sumber dan perspektif, yang membantu pembaca memperluas pemahaman mereka tentang topik tertentu dan mengembangkan literasi yang beragam. 

Adapun manfaat yang dari adanya madding ini adalah Menyediakan Sarana Penyampaian Informasi, mading dapat digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi penting, baik itu tentang acara sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, atau isu-isu tertentu yang relevan dengan siswa dan komunitas sekolah dan Meningkatkan Minat Membaca dan Pembelajaran, mading yang menarik dan informatif dapat meningkatkan minat siswa dalam membaca dan pembelajaran. Hal ini dapat membantu siswa untuk mencari informasi lebih lanjut dan menjadi pembaca yang lebih aktif.

Dalam tema mading yang dibuat oleh mahasiswa asistensi dan kuliah kerja Mahasiswa uin Malang ini adalah “Ramadhan Kareem” kami mengambil tema ini karena bertepatan dengn bulan suci Ramadhan dan juga tema tersebut dirasa sesuai dengan zaman yang ada. Kelompok kami memulai pengerjaan pembuatan madding pada hari kamis sampai jumat tanggan 21 dan 22 maret 2024, hal yang terdapat pada madding tersebut anatara lain adalah niat puasa Ramadhan, amalan yang terdapat pada bulan Ramadhan, keutamaan bulan Ramadhan, pantun, puisi, dan juga quiz. 

Pada mading tema “Ramadhan Kareem” ini kami memberikan quiz berhadiah didalamnya, guna memancing peseradidik untuk melakukan literasi pada madding tersebut. setelah madding dipasang pada hari jumat, kemudian di hari senin kami memberikan pengumuman kepada siswa terdapat madding baru yang didalamnya terdapat quiz berhadiah bagi siswa yang bisa menjawabnya. Siswa siswi sangat antusias ketika mendapatkan informasi tersebut terutama siswa kelas rendah. 

Melalui hasil pengamatan kami setelah pengumuman diberikan siswa langsung berkerumun di madding untuk menjawab quiz yang ada disana dan kemudian memasukan jawabannya ke dalam kotak jawaban. Waktu menjawab quiz berhadiah ini kami bataskan dari hari senin sampai hari kamis pagi, di hari kamis siangnya kami memberikan penialain bagi para pemenang yang menjawab quiz dengn benar. Kemudian di hari jumat tanggal 29 maret 2024 kami memberikan pengumuman kepada para pemenang quiz, kami memilih 5 pemenang diantaranya adalah Husna kelas 1C, Firli kelas 2B, Amira kelas 3C, Nazila kelas 4C, dan Nanik kelas 5A.

Dari hasil pengamatan dan hasil menjawab quiz ternyata siswa MI NU Hidayatul Mubtadiin, tingkat minat membaca mereka sanggat tinggi, terlihat dari hasil jawaban yang terdapat pada kotak jawaban hampir dari setengah isi sekolah menjawab quiz berhadiah tersebut. maka dapat disimpulkan bahwa minat literasi itu dapat disalurkan dengan berbagai hal salah satunya adalah dengan adanya majalah dingding “ Mading” dengan adanya madding ini kami harap tingkat semangat literasi siswa masih terjaga dengan baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun