Sebelum memulai pembahasan, mari kita membahas tentang apa itu Biro Iklan terlebih dahulu.
Biro Iklan adalah suatu lembaga usaha yang memberikan jasa periklanan bagi siapa yang membutuhkan baik perorangan, perusahaan pembuat barang atau pemasok jasa. Membantu merencanakan dan melaksanakan kampanye periklanan.
Biro Iklan memiliki keuntungan dan kekurangan, antara lain:
Keuntungan:
- Memperoleh jasa-jasa ahli yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang periklanan, serta wawasan dan keterampilan komunikasi pemasaran lainnya.
- Memperoleh kekuatan negosiasi dengan media.
- Mampu mengkoordinasikan sebagai upaya periklanan dan pemasaran.
- Dipegang oleh profesional dibidangnya.
Kekurangan:
- Beberapa kontrol terhadap fungsi periklanan hilang.
- Cenderung menolak klien yang kecil.
- Terkadang tidak efisien dalam memilih media.
Nah, segitu dulu ya pembahasan tentang Biro Iklannya. Sekarang kita akan masuk ke pembahasan yaitu cara memilih biro iklan yang tepat untuk beriklan.Â
Banyaknya agensi periklanan atau biro iklan di Jakarta membuat pengiklan bingung yang mana biro iklan terpercaya dan memiliki kinerja yang bagus. Saat ini, banyak yang menggunakan jasa biro iklan untuk mempromosikan barang atau jasa maka dari itu kita harus memperhatikan betul cara-cara yang nanti akan dipaparkan karena biro iklan manapun yang akan Anda pilih nantinya itu akan berdampak besar pada kampanye iklan Anda dan seberapa besar audiens yang tertarik akan kampanye iklan Anda, jadi proses pemilihan biro iklan ini merupakan tahap penting dalam menentukan kelanjutan produk atau jasa Anda.
Berikut cara-cara dalam memilih biro iklan yang tepat, dilansir pada brightstars.co.id
Menentukan layanan apa yang Anda butuhkan
"Sebelum memilih agensi mana yang akan digunakan, tentukanlah dahulu alasan Anda menggunakan jasa agensi. Apakah Anda hanya memerlukan materi untuk melakukan promosi terhadap produk atau jasa Anda, seperti brosur, atau postcard? Jika itu yang Anda butuhkan maka Anda hanya butuh creative agency bukan full service advertising agency."
Maksudnya adalah kita harus menentukan dulu kita mau beriklan bagaimana? Kalau hanya sekedar membuat brosur, banner, pamflet maka Anda hanya membutuhkan Creative Agency.Â
Jika Anda membutuhkan agensi yang dapat membantu Anda menentukan media yang akan digunakan untuk iklan atau kampanye pemasaran yang telah Anda buat, maka Anda membutuhkan media planner agency. Intinya sesuaikan kebutuhan Anda sebelum memilih agensi ya!
Tentukan anggaran iklan
"Agensi besar akan meminta biaya lebih tinggi daripada agensi yang lebih kecil, terutama jika agensi besar tersebut memberikan layanan yang lebih. Apabila Anda ingin menggunakan jasa agensi yang sudah terkenal, resiko yang Anda akan dapatkan adalah biaya yang akan dikeluarkan akan melebihi kemampuan Anda. Jika Anda memaksakan menggunakan agensi besar mungkin Anda hanya dapat menggunakan layanan terbatas dari mereka, tetapi dengan biaya yang sama Anda akan mendapatkan layanan yang lebih jika Anda menggunakan agensi kecil."
Jika budget Anda besar tapi ingin mendapatkan layanan lebih, maka gunakanlah agensi kecil. Karena menurut saya pun ini lebih efisien dibanding harus menggunakan agensi besar dengan budget yang sama tetapi hanya dapat layanan terbatas. Tidak selalu agensi besar menghasilkan karya yang lebih bagus dibanding agensi kecil, yuk dicoba dulu siapa tau cocok!:)
Sesuaikan ukuran agensi iklan dengan ukuran perusahaan Anda
"Jika bisnis yang Anda kerjakan masih baru dan masih kecil, akan lebih baik jika Anda menggunakan agensi yang lebih kecil. Agensi besar mungkin akan menawarkan layanan lebih, yang mungkin akan tidak sesuai dengan kemampuan Anda. Lembaga besar juga mungkin akan menawarkan layanan yang masih belum Anda butuhkan. Jadi, tidak ada salahnya untuk menggunakan agensi yang masih kecil."
Jika bisnis Anda baru mulai dirintis, sebaiknya gunakan agensi kecil. Karena salah satunya adalah menghemat biaya. Tidak apa-apa maju perlahan tapi pasti, jadi jangan berpatok pada agensi besar ya, agensi kecil pun banyak yang bagus lho!
Lihatlah lebih dekat, dan amatilah
"Tanyalah apakah Anda dapat melakukan kunjungan ke agensi tersebut, dan amatilah lebih dekat mengenai orang yang bekerja di agensi tersebut dan bagaimana tipikal mereka dalam bekerja. Anda dapat melihat dengan baik bagaimana agensi bekerja, dan bagaimana karyawan mereka bekerja bersama."
Jika dengan melakukan itu Anda merasa nyaman dengan cara bekerja agensi tersebut, maka Anda akan lebih mudah untuk menentukan pilihan Anda. Ada baiknya juga meminta contoh atau portofolio dari klien yang sebelumnya bekerja sama dengan agensi tersebut jika memang Anda belum merasa yakin akan keputusan Anda.Â
Seperti yang sudah diingatkan diatas bahwa peran Biro Iklan atau Advertising Agency sangatlah penting maka dari itu kita tidak boleh sembarangan memilih agensi untuk bekerjasama.
Selamat sukses! Semoga bermanfaat :)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H