Kuliah Kerja Nyata Rekognisi 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia ada berbagai macam salah satunya adalah rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dalam kegiatan KKN Rekognisi ini saya Nabila Qotrunnida Mahasiswa dari Program Studi PGPAUD 2019 telah mengikuti kegiatan Magang Bersertifikat Studi Independen (MSIB) Batch 2 yang dilaksanakan oleh Kemendikbud Ristek. Dalam kegiatan MSIB ini penulis memilih untuk mengikuti program Studi Independent di PT.MariBelajar Indonesia Cerdas.
Pada program Studi Independent ini penulis memilih Modern Educator Track. Modern Educator Track sendiri merupakan track yang berfokus untuk melatih serta melahirkan generasi calon pendidik yang lebih melek digital di abad 21. Pada track ini mahasiswa mempelajari 14 modul tentang bagaimana cara menjadi pendidik yang baik dan tentunya memiliki skill yang bagus di bidang teknologi.Â
Pada kegiatan Studi Independen ini ada beberapa kegiatan seperti pembelajaran Sinkron dan Asinkron yang dimana mahasiswa bisa mengikuti pembelajaran dari jarak jauh.
Materi yang disediakan beragam dan setiap minggu ada 3 kali pertemuan sinkron dan 5 kali pertemuan asinkron. Dimana pada setiap modul akan ada summary exam guna mengetahui tingkat kemahiran mahasiswa dalam mempelajari modul tersebut. Kegiatan akhir di Studi Independen ini adalah pengumpulan portofolio dan juga pengerjaan tugas akhir berupa Capstone Project dalam capstone project penulis mengambil permasalahan tentang pelaksanaan ujian daring.
 Penulis memilih solusi dengan cara menggunakan Microsoft Forms dan OneNote guna memenuhi kegiatan ujian daring dan pembelajaran daring. Capstone Project sendiri merupakan tahapan penting agar mahasiswa dapat menyelesaikan masalah dilingkungan mereka masing-masing.Â
Maka dari itu, mahasiswa diminta untuk membuat laporan akhir terkait kegiatan Studi Independen ini guna mengimplementasikan segala pengetahuan dan juga skill yang telah didapatkan selama kegiatan Studi Independen.
Sesuai dengan tema permasalahan yang disediakan oleh pihak PT. MariBelajar Indonesia Cerdas tema Capstone Project yang penulis pilih adalah tema dengan kode ME02 yang dilatarbelakangi oleh kondisi Covid-19 sehingga memfasilitasi pembelajaran dilaksanakan secara daring termasuk kegiatan ujian. Ujian yang diselenggarakan harus bisa menjamin integritas yang baik, dikerjakan dengan jujur, tidak mencontek, dan semua siswa bisa mengikuti ujian tanpa kendala teknis.
Berdasarkan kondisi tersebut, maka penulis merancang kegiatan pembelajaran dengan muatan pelajaran IPS tentang Budaya dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Teams, OneNote, dan Microsoft Forms. Proses penyelesaian memanfaatkan perkembangan yang ada sebagai salah satu syarat wajibnya untuk memberikan pengalaman pembelajaran bermakna bagi siswa selama kegiatan pembelajaran daring dilakukan. Berikut proses pembuatan perancangan proyek dengan menggunakan Microsoft Forms dan OneNote sebagai media kegiatan ujian daring di masa Pandemi :
1. Memahami permasalahan mengenai kegiatan pembelajaran dan ujian pada saat Pandemi Covid-19.
2. Menganalisis beberapa alternatif solusi yang memungkinkan untuk menyelesaikan permasalahan.
3. Memilih salah satu alternatif solusi yang paling efektif untuk diterapkan.
4. Membuat modul pembelajaran dan soal ujian yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring.
Gambar 1. Membuat Modul Pembelajaran
5. Menyiapkan aplikasi yang akan digunakan, yaitu Microsoft Teams, OneNote, dan Forms.
6. Merancang kegiatan pembelajaran dan agenda pembelajaran.
7. Membuat class di Microsoft Teams dan menambahkan anggota siswa dikelas terkait.
Gambar 2. Tampilan Microsoft Teams pada saat anggota telah ditambahkan
8. Memasukan modul kedalam Microsoft OneNote yang telah terintegrasi dengan Microsoft Teams.
Gambar 3. Modul yang sudah diunggah kedalam OneNote Class Notebook
9. Membuat jadwal Assigment kedalam Microsoft Teams guna memberitahu siswa bahwasannya akan dilaksanakan ujian.
Gambar 4. Tampilan Assigment di Microsoft Teams
10. Siswa akan membuka tampilan assigments pada saat ujian akan dimulai.
Gambar 5. Tampilan pada saat siswa membuka Assigment
11. Siswa mengerjakan ujian dengan mengklik tautan ujian yang telah dibuat oleh guru menggunakan Microsoft Forms.
Gambar 6. Tampilan pada saat siswa mengerjakan soal
12. Setelah siswa selesai mengerjakan soal maka soal tersebut telah otomatis terekap nilainya dengan menggunakan fitur yang ada pada Microsoft Forms.
13.Â
Gambar 7. Total hasil poin keseluruhan siswa setelah selesai mengerjakan ujianÂ
Gambar 8. Hasil yang terlihat benar pada saat mengerjakan soal
Hasil dari proyek capstone ini sangat memudahkan pendidik untuk menilai dan juga merekap hasil kinerja siswa pada saat ujian daring. Sehingga pendidik hanya perlu menggunakan hasil nilai akhir yang sudah direkap otomatis oleh Microsoft Forms sehingga pendidik tidak kesulitan untuk melihat hasil kerja siswa secara manual.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H