Mohon tunggu...
NABILA NUR HIDAYATI
NABILA NUR HIDAYATI Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan- Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Menulis dan Menari

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tipologi Belajar Anak Didik dan Perbedaan Individual

7 November 2024   22:20 Diperbarui: 8 November 2024   07:55 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://stock.adobe.com/fr/images/kids-cutting-color-paper-with-scissors/278629574

Pengertian Tipologi Belajar 

Suatu disiplin ilmu yang mengkaji berbagai tipe atau gaya belajar yang sering diterapkan oleh individu dalam menjalani proses pembelajaran. 

Macam-Macam Tipologi Belajar 

Dengan Kata 

  1. Dengan Pertanyaan 

  2. Dengan Gambar 

  3. Dengan Musik 

  4. Dengan Bergerak 

  5. Dengan Bersosialisasi 

  6. Dengan Kesendirian 

Jenis Gaya Belajar 

a). Gaya Belajar Visual 

Gaya Belajar dengan coba melihat sehingga mata sangat memegang peranan penting. Gaya Belajar secara visual dilakukan seseorang untuk memperoleh informasi seperti melihat gambar, diagram, peta, poster, grafik, dan sebagiannya. Siswa yang memiliki gaya belajar visual cenderung lebih suka melihat secara langsung materi atau pelajaran yang ingin mereka pahami. 

b). Gaya Belajar Auditori 

Gaya belajar dengan cara mendengar, orang dengan gaya belajar ini. lebih dominan dalam menggunakan indera pendengaran untuk melakukan aktivitas belajar, dengan kata lain, ia mudah belajar, mudah menangkap stimulus atau rangsangan apabila melalui alat indera pendengaran. Siswa yang memiliki gaya belajar auditori cenderung lebih efektif dalam memahami materi ketika mereka mendengarkan penjelasan guru dengan penuh perhatian. 

c). Gaya Belajar Kinestetik 

Cenderung lebih fokus pada pengalaman praktis dalam proses pembelajaran. Mereka lebih mudah memahami materi ketika terlibat langsung dalam aktivitas, dibandingkan hanya mendengarkan ceramah atau menonton video. Oleh karena itu, pendekatan yang melibatkan praktik langsung sangat penting untuk mendukung pemahaman mereka. 

Syaiful Bahri Djamarah Membagi 8 Tipe Belajar 

Mendengarkan 

  1. Memandang 

  2. Menulis atau mencatat 

  3. Membaca 

  4. Membuat iktisar atau ringkasan 

  5. Mengingat 

  6. Berpikir 

  7. Latihan atau praktek 

Perbedaan Individu 

Individu berasal dari kata yunani yaitu“individium”yang artinya “tidak terbagi”. Individual diartikan sebagai perseorangan. Seperti menurut Lysen, mendefinisikan individu sebagai"individu ", sesuatu yang merupakan keseluruhan yang tidak dapat dibagi (secara terpisah). Dalam kamus echols & shadaly ( 1975 ), individu adalah kata benda dari individual yang berarti orang, perseorangan, dan oknum. Setiap orang, anak-anak atau orang dewasa, baik dalam kelompok maupun sendiri, disebut individu. 

Faktor yang mempengaruhi perbedaan individual dalam belajar 

a). Faktor Genetic (Nature) 

Faktor genetik, juga disebut faktor keturunan, adalah faktor biologis yang diturunkan dari generasi ke generasi melalui mekanisme genetik. Sama seperti manusia memiliki potensi di dunia sejak mereka dilahirkan. Sebagian pakar berpendapat bahwa pengaruh orang tua yang sedemikian besar terhadap perkembangan intelegensi, sikap, kepribadian, bakat anak adalah lebih disebabkan oleh upaya orang tua itu sendiri dalam memberdayakan anak-anaknya.

b). Faktor Pengaruh Lingkungan (Nurture) 

Perbedaan individu tidak hanya ditentukan oleh faktor bawaan tetapi juga oleh pengaruh lingkungan seorang individu berada.Lingkungan juga berperan besar dan Tidak ada orang yang mengalami lingkungan yang sama sejak lahir hingga meninggal.

Cara Mengatasi Perbedaan Individual 

menurut Nini Subini (2012: 44-53) menyatakan bahwa cara penanganan terhadap perbedaan individual dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: sistem modul, pembelajaran dengan bantuan komputer (computer assisted instruction), pembelajaran terprogram, sistem tugas, dan sistem keller (ARCS). Dengan adanya penanganan yang berbeda pada individu dalam proses pembelajaran diharapkan setiap individu merasa nyaman dengan pembelajaran yang diterimanya sehingga diharapkan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar individu.

Cara Guru Menangani dalam perbedaan individual dalam belajar 

Memilih Metode Pembelajaran 

  1. Menunjukkan Sikap Adil Kepada Siswa 

  2. Memberikan Motivasi Pada Siswa 

  3. Mampu Berinteraksi dengan Siswa secara baik 

  4. Memberikan Perhatian lebih pada siswa yang kurang mahir 

  5. Mendorong Kerjasama dan Kolaborasi 

  6. Menciptakan Lingkungan Inklusif

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun