Mohon tunggu...
Nabila nur Faridatil hasna
Nabila nur Faridatil hasna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya seorang mahasiswa jurusan pendidikan agama islam, di universitas islam negeri sunan gunung djati bandung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penentuan Skor yang Tepat Dapat Berbuah Nilai yang Tepat

21 Juni 2024   00:14 Diperbarui: 21 Juni 2024   00:26 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejatinya istilah penilaian atau pen-skoran merupakan suatu hal yang sudah tidak tabu yang dapat kita temui dalam evaluasi. Pembahasan mengenai pen-skoran atau penialian ini identik sekali dengan penilaian seorang guru terhadap peserta didik, namun sejatinya penilaian atau pen-skoran ini merupakan istilah umum yang dapat digunakan oleh siapapun untuk dapat menggambarkan ketercapaian orang tersebut. 

Pada pembahasan kali ini, mari kita sama-sama membahas mengenai bagaimana cara penilaian dan pen-skoran bagi seorang pendidik terhadap peserta didik yang benar? 

berikut penjelasan mengenai prinsip-prinsip pen-skoran serta penilaian 

Skor secara sederhana dapat dikatakan sebagai angka atau hasil yang seseorang dapatkan atas proses men-skor (memberikan angka) dengan melalui menjumlahkan angka-angka terhadap setiap soal yang telah dijawab tepat  oleh responden atau peserta didik. Sedangkan nilai merupakan suatu hasil pembelajaran peserta didik berupa huruf baik itu A,B,C.D atau bahkan E juga angka antara 1-4 dengan memiliki ketentuaan rentan yang sudah ditetapkan. 

Skor terbagi atas 2 jenis utama, yaitu : 

1. Skor Mentah (Raw Score), merupakan nilai total atas jawaban total murni peserta didik tanpa adanya penambahan nilai berdasarkan penyesuaian ataupun skor tersekala. 


2. Skor Tersekala (Scaled Score), merupakan nilai peserta didik yang telah diubah pada skala tertentu dengan tujuan untuk memudahkan para guru dalam memberikan penialain. Biasanya skala yang digunakan ini merupakan skala 1-100. 

Penentuan skor dapat ditempuh dengan 2 metode. Ada metode subjektif serta metode objektif kedua metode tersebut tentu saja memiliki kegunaannnya masing-masing. 

  • Metode Objektif  : Metode pen-skoran objektif ini biasanya digunakan bagi pertanyaan pertanyaan yang didasarkan pada pilihan benar atau salah. penggunaan metode ini biasanya diterapkan pada tes pilihan ganda atau tes benar salah.
  • Metode Subjektif : Metode pen-skoran subjektif biasanya digunakan pada soal soal uraian atau essay, hal tersebut dikarenakan dalam penggunaan metode ini berdasarkan kualitas suatu jawaban. Selain itu metode pen-skoran ini biasanya ditetapkan suatu rentan nilai pada setiap jawabannya.

Setelah mengetahui jenis, serta metode pen-skoran maka penentuan skor ini pula memiliki beberapa prinsip yang harus dipenuhi. berikut prinsip-prinsip yang harus dipenuhinya :

  • Objektivitas : pemberian skor harus terhindar dari ketidakjelasan atau dapat dikatakan harus jelas dengan berdasar pada kriteri yang jelas, walaupun untuk penilaian soal uraian.
  • Reliabilitas : reliabilitas ini sering juga dikenal dengan "keajegan" soal, maknanya tes tersebut konsisten walaupun telah diujikan beberapa kali. 
  • Validitas : ukuran yang menunjukan Keakuratan atau keabsahan suatu tes. 
  • Transparansi : adanya keterbukaan nilai serta pemilihan metode pengolahan nilai antara guru dan peserta didik.

Nilai terbagi kepada 2 jenis, yaitu  : 

  • Nilai Huruf

Nilai huruf biasanya digunakan untuk menunjukan rentan nilai tertentu. Berikut contoh penerapan nilai huruf 

PredikatRentang Nilai A (Sangat Baik)100.080.0B (Baik)79.070.0C (Cukup)69.060.0D (Kurang)59.050E (Kurang sekali)49.0≤

  • Nilai Angka 

Nilai angka biasanya digunakan untuk mewakili kinerja 

Angka Predikat1Sangat Baik2Baik3Cukup4Kurang

Dengan adanya pemberian skor dan Penilaian ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga diharapkan karena motivasi belajar anak meningkat maka hasil belajar peserta didik ini juga meningkat. 

Dengan demikian, penilaian serta pen-skoran yang baik dan tepat itu sangat amat menpengaruhi kualitas proses belajar mengajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun