Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula penggunaan teknologi di setiap aspek kehidupan, salah satunya penggunaan teknologi di dunia bisnis. Teknologi yang digunakan dapat berupa pengelolaan hingga proses pemasaran yang menggunakan beragam channel penjualan online.
Penjualan online melalui beragam channel dapat juga disebut dengan omnichannel. Penjualan menggunakan strategi omnichannel merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis.
Selain murah, penjualan omnichannel juga dapat memberikan keuntungan yang dua kali lipat daripada penjualan dengan metode lainnya. Menurut sebuah penelitian, terdapat 73% konsumen menggunakan channel untuk melakukan proses jual beli.
Dengan begitu, penjualan melalui omnichannel merupakan salah satu strategi jitu yang bisa digunakan dalam meningkatkan bisnis penjualan online. Lantas, apa definisi dari omnichannel? Apa saja manfaat yang bisa diberikan dengan melakukan proses jual beli melalui  omnichannel? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel berikut ini!
Baca Juga:Â 7+ Rekomendasi Software Terbaik Untuk Marketing Automation
Definisi Omnichannel
Secara harfiah, omnichannel terdiri atas dua kata yaitu "omnis" dan "channel". Kata "omnis" memiliki arti semua atau universal, sedangkan kata "channel" memiliki arti saluran. Jadi, omnichannel adalah penggabungan ragam saluran penjualan sebagai salah satu bentuk komunikasi antara penjual dan pembeli.
Omnichannel merupakan proses  jual beli menggunakan platform online sebagai media penjualan. Hal tersebut didukung oleh David. R. Bell, yang mengemukakan bahwa omnichannel merupakan sebuah strategi digital marketing yang mengintegrasikan beberapa saluran penjualan yang memungkinkan pelanggan untuk memanfaatkan semua saluran ritel online maupun offline yang tersedia saat berbelanja.
Cara Kerja Omnichannel
Karena omnichannel merupakan penggabungan berbagai saluran penjualan online, maka cara kerjanya pun cukup sederhana. Cukup dengan mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi ke dalam satu platform, Anda dapat mengelola alur atau proses penjualan dengan efektif.
Adapun penggunaan omnichannel dapat diketahui dengan melihat integrasi toko online, marketplace, atau website yang dikaitkan dengan sosial media sebuah bisnis. Misalnya, Budi sedang melihat - lihat iklan sepatu olahraga di Instagram.
Kemudian ada satu iklan sepatu olahraga yang membuatnya tertarik untuk melihatnya. Budi pun langsung mengunjungi akun profil Instagram dari toko tersebut. Namun, dalam akun profil toko tersebut hanya mencantumkan gambarnya saja tanpa memberikan penjelasan yang lebih rinci.
Akan tetapi, sang penjual mencantumkan atau mengintegrasikan link ecommerce toko online mereka di bio Instagram yang membuat Budi dapat mengakses link tersebut. Dengan mengklik link yang telah dicantumkan penjual di bio Instagram, Budi dapat mengunjungi ecommerce toko tersebut dimana di dalam ecommerce itu terdapat penjelasan rinci mengenai sepatu olahraga yang ingin dibeli Budi.
Baca Juga:Â 8+ Marketing Tools Untuk Tingkatkan Proses Pemasaran
Setelah mengetahui penjelasan sepatu olahraga tersebut, budi pun memutuskan untuk membelinya dan melakukan transaksi melalui ecommerce yang dia kunjungi. Dengan adanya sistem omnichannel ini, pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi terkait produk yang ingin dibeli.
Sedangkan bagi penjual, sistem omnichannel ini dapat membantu mereka dalam mengelola dan memantau penjualan online dengan mudah dan cepat.Â
Manfaat Omnichannel
Karena banyaknya manfaat yang dimiliki, banyak para pelaku bisnis yang menerapkan strategi omnichannel. Adapun manfaat omnichannel, yaitu:
Mendapatkan jangkauan pelanggan lebih luas
Meningkatkan kepuasan pelanggan dalam berbelanja
Mendapatkan rekomendasi dan testimoni pelanggan
Meningkatkan efisiensi proses jual beli
Proses pengumpulan data yang lebih baik dan teratur
Menghemat waktu
Tips Menerapkan Strategi Omnichannel
Setelah memahami penjelasan mengenai omnichannel, berikut tips yang bisa Anda ikuti dalam penerapan omnichannel untuk bisnismu!
Membuat dan menetapkan tujuan yang ingin dicapai
Mengetahui dan memahami situasi pasar
Melakukan segmentasi pelanggan
Memberikan pelanggan kemudahan dalam berbelanja
Menghubungkan presensi online dan offline
Mengoptimalkan semua channel penjualan
Melakukan analisis konten
Kesimpulan
Omnichannel adalah salah satu strategi digital marketing yang paling banyak digunakan oleh pelaku bisnis karena manfaat yang dimiliki. Omnichannel merupakan penggabungan semua channel penjualan dalam melakukan proses jual beli online.
Omnichannel memiliki segudang manfaat yang bisa digunakan, seperti mengefisienkan proses jual beli online, menghemat harga dan waktu, hingga memberikan kemudahan berbelanja kepada pelanggan. Dengan begitu, bisnis yang Anda jalankan pun dapat mendatangkan keuntungan yang banyak.
Baca Juga:Â Tips Jitu Tingkatkan Conversion Rate di Website Agar Bisnis Lebih Untung
Selain itu, Anda juga dapat mengembangkan bisnis Anda menggunakan Aplikasi Kasir Online, Pawoon POS Indonesia. Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan di mana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H