Sebuah produk tidak cukup untuk menjalankan sebuah bisnis. Dalam pelaksanaannya, Anda membutuhkan sebuah rencana yang tepat untuk proses pemasaran.
Proses pemasaran dalam sebuah perusahaan memiliki peranan penting. oleh karena itu, Anda membutuhkan rencana yang tepat dan sesuai dalam menjalankannya
Rencana yang tepat dan sesuai dalam melakukan proses pemasaran dapat membantu Anda dalam meningkatkan bisnis. Rencana pemasaran tersebut disebut juga dengan marketing plan.
Marketing plan adalah istilah yang sangat sering didengar dalam dunia pemasaran. Namun, apa sih pengertian marketing plan? apa manfaatnya bagi sebuah bisnis? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui jawabannya!Â
Baca Juga:Â 5+ Strategi Email Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan!
Pengertian Marketing Plan Menurut Ahli
Untuk penjelasan lebih rinci terkait pengertian marketing plan, berikut beberapa pengertian marketing plan menurut ahli!
1. Philip Kotler
Marketing Plan adalah strategi pemasaran yang memerlukan analisis mendalam untuk mengantisipasi sebuah perubahan di segala aspek pemasaran perusahaan.
2. Kurowski dan Sussman
Marketing Plan adalah laporan hasil analisis situasi pemasaran, peluang dan ancaman, sasaran pemasaran, strategi pemasaran, pemasaran tindakan, dan juga estimasi pendapatan dan keuntungan lainnya.
3. Sofjan Assauri
Marketing Plan atau yang sering juga disebut dengan rencana pemasaran adalah upaya merumuskan kegiatan atau aktivitas yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran di masa yang akan datang.Â
Baca Juga:Â Affiliate Marketing: Model Bisnis Yang Cukup Menjanjikan
Manfaat Marketing Plan
Dengan membuat sebuah Marketing Plan, bisnis Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan karena manfaat yang dimilikinya. Maka dari itu, berikut manfaat - manfaat Marketing Plan yang harus Anda ketahui!
Penentuan strategi yang mudah
Sebagai bahan evaluasi kinerja
Menyiapkan bisnis dalam menghadapi krisis atau perubahan
Sebagai referensi dan pedoman
Unsur - Unsur Marketing Plan
Selain manfaatnya, Anda juga harus memahami unsur - unsur yang harus terkandung dalam Marketing Plan, yang diantaranya:
Konsep dan tujuan
Target
Jenis konten promosi
Kompetitor
Fokus dan prioritas
Budget
Kesimpulan
Membuat sebuah marketing plan adalah salah satu strategi bisnis yang banyak digunakan oleh pelaku usaha. Dengan membuat sebuah marketing plan, Anda memiliki sebuah pegangan dalam menjalankan bisnis.
Baca Juga:Â Kembangkan Bisnismu Dengan Jenis Affiliate Marketing Berikut Ini!
Selain itu, penggunaan Aplikasi Kasir Online Pawoon POS Indonesia juga dapat membantu usaha Anda menjadi lebih sukses. Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.
Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H