Mohon tunggu...
Nabil AlFayidh
Nabil AlFayidh Mohon Tunggu... Mahasiswa - orang biasa yang suka makan nasi

suka berpetualang dan senang menikmati sunset di pantai

Selanjutnya

Tutup

Games Pilihan

E-sport: Fenomena Gaming yang Mengubah Industri Hiburan

1 Januari 2025   10:45 Diperbarui: 1 Januari 2025   10:45 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: Kompas.com

E-sport, atau olahraga elektronik, telah menjadi salah satu fenomena terbesar dalam dunia hiburan modern. Apa yang dahulu hanya dianggap sebagai hobi bagi sebagian kecil orang kini telah berkembang menjadi industri bernilai miliaran dolar dengan jutaan penggemar setia di seluruh dunia. E-sport telah mengubah cara kita memandang permainan video dan membawa dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari ekonomi hingga budaya pop.

Sejarah Singkat E-sport

Budaya eSport berkembang dari sebuah kompetisi game tepatnya pada tahun 1972. Pada masa itu komputer masih sangat jarang, bahkan belum ada internet seperti sekarang.

Pada saat itu kompetisi game diadakan di Universitas Stanford dengan nama Intergalactic Spacewar Olympic, sebuah kompetisi game untuk space war. Pemenang kompetisi tersebut akan mendapat hadiah 1 tahun langganan gratis majalah Rolling Stones.

Setelahnya, satu persatu kompetisi game mulai bermunculan. Pada tahun 1980, Atari menggelar kompetisi Space Invader dengan 10.000 peserta.

Ketika internet mulai populer pada tahun 90-an, kompetisi game pun berkembang menjadi kompetisi online serta beberapa organisasi punya visi untuk menjadikan kompetisi game menjadi sebuah industri eSport.

Pada tahun tersebut, juga mulai muncul organisasi untuk mengatur liga eSport seperti Cyber athlete Professional League, QuakeCon, dan Professional Gamers League. Ketika itu game yang dipertandingkan mulai beragam, seperti game Quake, Counter Strike, dan Warcraft.

Memasuki awal 2000-an, mulai muncul World Cyber Games dan Electronic Sports World Cup yang membawa perusahaan lebih besar lagi ke dalam eSport. Seiring waktu berjalan, semakin banyak game yang dipertandingkan dan semakin besar juga hadiah yang ditawarkan.

Pertumbuhan Eksponensial dan Popularitas

Salah satu faktor utama di balik pertumbuhan e-sport adalah kemajuan teknologi, khususnya dalam hal internet dan komputer. Kecepatan internet yang lebih cepat dan perangkat keras yang lebih kuat memungkinkan pengalaman bermain yang lebih lancar dan realistis. Selain itu, platform streaming seperti Twitch dan YouTube Gaming telah membuka pintu bagi para pemain untuk menunjukkan kemampuan mereka kepada audiens global. Influencer dan streamer e-sport telah menjadi selebritas baru, dengan jutaan pengikut dan pendapatan besar dari sponsor dan iklan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun