Mohon tunggu...
Nabila Islamiati
Nabila Islamiati Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

; nagireo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Program Kerja dan Kegiatan Mahasiswa AP Selama AM di SDN Sawojajar 3 Malang

7 Juni 2023   23:14 Diperbarui: 7 Juni 2023   23:32 569
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

          Halo, perkenalkan saya Nabila Islamiati--mahasiswa Universitas Neger Malang (UM) jurusan AP. Saat ini, saya tengah menjalani masa perkuliahan semester 6. Namun, berbeda dari semester-semester  sebelumnya--melaksanakan kelas reguler secara daring maupun luring, semester 6 ini saya tempuh secara kolaboratif dengan satuan pendidikan melalui mengikuti salah satu program UM; Asistensi Mengajar (AM).

          Sedikit informasi terkait AM akan saya sampaikan terlebih dahulu, ya--sekaligus memberikan gambaran jelas terkait AM. Berikut rincian singkat terkait AM di satuan pendidikan:

  • AM di satuan pendidikan yaitu kolaborasi antara mahasiswa dalam melaksanakan aktivitas pembelajarannya dengan guru/tutor/fasilitator/orang tua, di satuan pendidikan; formal, non-formal, dan informal.
  • AM sebagai wadah mahasiswa menyalurkan dan menambah ilmu melalui berperan sebagai pelaksana pembelajaran di satuan pendidikan. AM sebagai sebuah bantuan yang meningkatkan kualitas pendidikan melalui bantuan produk-produk UM secara menyeluruh dan berhubungan mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (Ipteks).

          Nah, setelah mengetahui sekilas mengenai AM, sekarang saya akan mulai menceritakan pengalaman saya dari awal hingga akhir mengikuti AM, ya. Jadi, AM yang saya ikuti ini terdapat pada semester genap 2022/2023. Saya mendaftar AM dengan memilih SDN Sawojajar 3 Malang sebagai mitra sekolah. AM sendiri memiliki jadwal yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, penyusunan laporan, dan diseminasi hasil laporan. Namun, pengalaman yang akan saya bagikan kali ini lebih berfokus pada perencanaan dan pelaksanaan kegiatan saja, ya. Berikut pengalaman saya dalam melaksanakan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan AM di SDN Sawojajar 3 Malang:

TAHAP 1: PERENCANAAN KEGIATAN

          Tahap pertama ini mahasiswa AM diberi waktu 2 minggu, mulai dari 24 Januari hingga 4 Februari--untuk melakukan observasi dan merancang program/kegiatan AM. Observasi sekolah dapat dilakukan mulai dari 24-28 Januari. Saya ingat sekali, pada tahap perencanaan kegiatan ini para mahasiswa--termasuk saya, sudah mulai sibuk; mencari teman yang berada di sekolah mitra yang sama, membuat grup WhatsApp (WA), menghubungi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan menghubungi sekolah mitra serta melakukan observasi ke sekolah mitra untuk mengetahui terkait program dan kondisi sekolah.

Setelah bergabung di grup WA, saya mengetahui bahwa kegiatan AM yang akan saya lakukan di SDN Sawojajar 3 Malang tidak hanya berisikan mahasiwa dari jurusan saya saja--AP, melainkan juga dari jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Pada tahap ini, kami beberapa kali melakukan pertemuan untuk membahas terkait observasi sekolah. Kemudian, dilanjutkan melakukan observasi bersama ke sekolah mitra. Kami diterima dengan sangat baik oleh pihak sekolah ketika mendatangi sekolah untuk observasi. 

          Observasi yang telah kami lakukan membuat kami mengetahui bagaimana kondisi dan apa saja permasalahan yang ada di SDN Sawojajar 3 Malang. Hal tersebut menjadi dasar bagi kami dalam merancang program/kegiatan AM yang akan diterapkan di sekolah tersebut selama AM berlangsung nantinya. Oh, iya, sebagai informasi bahwa jurusan AP dan PGSD memiliki program/kegiatan yang berbeda, ya. Namun, keduanya diperbolehkan melakukan kolaborasi untuk beberapa program/kegiatan. Nah, maka dari itu kami tak menyia-nyiakan kesempatan itu--mengadakan proker gabungan; sosialisasi pencegahan bullying pada anak.

          Perancangan program/kegiatan AM dilakukan pada 30 Januari-4 Februari yang mana dalam kurun waktu tersebut saya habiskan untuk berdiskusi dengan teman sesama jurusan AP dan beberapa kali juga dengan teman dari jurusan PGSD untuk merencanakan program/kegiatan gabungan.

Jujur, sejak jauh hari--ketika masih simpang siurnya informasi bahwa angkatan saya harus mengikuti AM pada semester 6 ini, saya sudah berpikiran buruk terkait mahasiswa seperti apa yang akan menjadi rekan saya selama AM. Masalahnya, seakan awkward dan takut takut tak dianggap sudah melekat pada diri saya--saya pikir akan menjadi tidak dapat beradaptasinya saya dengan teman-teman baru. Namun, pada awal pertemuan dan sampai akhir tahap perencanaan kegiatan AM ini, teman-teman dari AP dan PGSD tampak baik dan bisa diajak bekerja sama. Sehingga, membuat pikiran kurang baik--khususnya faktor pertemanan, terhadap jalannya AM nanti sedikit hilang.

          Pada tahap ini, saya merasa senang bisa dapat bertukar pikiran dengan teman-teman. Mereka, baik mahasiswa AP maupun PGSD mempunyai rencana yang unik dan inovatif untuk diterapkan. Selain itu, selama melakukan diskusi juga tak jarang dari kami melontarkan lawakan-lawakan yang membuat tertawa. Hal tersebut, membuat saya--orang yang tidak bisa terus-terusan berada di situasi yang serius pun merasa lega. Berdiskusi terkait rancangan kegiatan AM juga dilakukan bersama DPL; Bapak Dr. Raden Bambang Sumarsono, S.Pd, M.Pd, CRA selaku DPL mahasiswa AP di SDN Sawojajar 3 Malang. Saya merasa sangat bersyukur dapat dibimbing oleh beliau--dosen yang benar-benar membimbing, mengarahkan, menasehati, dan memantau kami selama AM.

TAHAP 2: PELAKSANAAN KEGIATAN

          Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu, kan? Kegiatan inti--relevan dengan hasil observasi di SDN Sawojajar 3 Malang, yang dilakukan selama mengikuti AM. Pengalaman pelaksanaan kegiatan AM ini akan saya sampaikan dengan menceritakan tiap pelaksanaan dari rancangan kegiatan, ya. Berikut kegiatan yang dilakukan selama mengikuti AM:

  • Sosialisasi Pencegahan Bullying pada Anak

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sosialisasi ini merupakan proker gabungan sehingga saya sangat merasakan kerja sama yang terjalin antara mahasiswa AP dan PGSD. Melibatkan siswa, membuat saya lebih belajar untuk mengkondisikan dan mengontrol siswa agar tidak sibuk sendiri selama sosialisasi berlangsung. Selain itu, narasumber yang sangat sabar menghadapi tingkah dan pertanyaan siswa membuat saya kagum.
  • Digitalisasi Media Pembelajaran

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

          Pembuatan power point interaktif menjadi fokus kami dalam membantu tercapainya digitalisasi media pembelajaran--bertujuan agar adanya variasi metode pembelajaran dan membuat siswa aktif selama Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung. Kami membuat power point interaktif ini hanya secara sederhana--memanfaatkan animation dan hyper link, agar nantinya guru dapat dengan mudah untuk membuatnya sendiri.

  • Pembuatan Instrumen Supervisi

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

          Nah, pada kegiatan supervisi ini, saya bukan sebagai supervisor, ya. Melainkan, hanya membantu dalam pembuatan instrumen supervisi yang akan digunakan oleh kepala sekolah untuk melakukan supervisi kepada guru yang bersangkutan. Pada kegiatan ini banyak interaksi dan komunikasi dengan kepala sekolah karena dalam penyusunan instrumen supervisi dikonsultasikan kepada beliau terlebih dahulu.

  • Peningkatan Kemampuan Guru

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

          Seminar penulisan artikel ilmiah kami pilih sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru. Melalui seminar ini, guru dapat terbantu dalam melaksanakan Penelitian Tindikan Kelas (PTK)--untuk memperbaiki kinerja guru dalam belajar mengajar di kelas. Pelaksanaan seminar ini tentunya juga menambah wawasan dan memberikan manfaat tersendiri bagi saya. Apalagi, narasumber dari seminar ini adalah DPL kami sendiri--Bapak Raden, penyampaian materi yang beliau lakukan sangat mudah saya pahami. Selain itu, saya juga merasa takjub dengan guru-guru yang mengikuti seminar ini--antusias terkait penulisan karya ilmiah dan mencatat hal-hal penting.

  • Pendampingan Belajar Siswa

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

         Nah... ini... kegiatan yang sebenarnya kalau bisa akan saya hindari. Bukannya gimana-gimana... tapi, saya kurang bisa untuk mengkondisikan tingkah laku siswa sekolah dasar--masih anak-anak dan menurut saya susah diatur. Namun, beberapa kali mendapatkan tugas mendampingi belajar siswa--menggantikan guru yang bersangkutan dikarenakan ada urusan lain, saya malah merasa senang karena bisa berinteraksi dengan anak-anak yang terkadang rasa ingin tahunya sangat tinggi terhadap suatu hal--sering menanyai saya hal-hal yang belum mereka ketahui baik akademik maupun non-akademik. Pada dasarnya, jurusan saya tidak mengharuskan saya untuk mengajar. Namun, saya sangat bersyukur karena melalui pendampingan ini, saya dapat belajar sedikit dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa.

  • Manajemen Perpustakaan Sekolah

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

          Kegiatan ini yang paling membutuhkan waktu lama untuk penyelesaiannya. Kurang lebih 3-4 minggu, kami menyelesaikan klasifikasi dan katalogisasi buku. Adanya jumlah buku yang banyak, membuat proses manajemen perpustakaan ini dikerjakan secara merata--bergantian melakukan tahap pengerjaan; pengelompokkan buku, pencarian kode buku, penulisan dan penempelan label, serta penataan buku. Hal tersebut membuat saya harus bekerja sedikit di bawah tekanan dan melatih kesabaran tentunya.

  • Manajemen Layanan Khusus Laboratorium dan Budaya Lingkungan Sekolah

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

          Kegiatan ini banyak melibatkan siswa. Manajemen laboratorium dilakukan dengan mendampingi siswa melakukan kebun percobaan sederhana-siswa menanam tanaman terong. Sedangkan manajemen budaya lingkungan, kami membuat barcode tanaman sebagai informasi terkait tanaman yang ada di sekolah yang mana pemasangan barcode-nya melibatkan siswa. Para siswa tampak antusias dalam mengikuti pertumbuhan tanaman terong dan juga untuk melakukan scan barcode tanaman.

  • Manajemen Layanan Khusus Ekstrakurikuler

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

          Kami juga mendampingi ekstrakurikuler pramuka setiap Hari Jum'at. Kami juga memberikan game selama kegiatan pramuka. Kami menjadi fasilitator permainan yang akan diterapkan selama pramuka--bertujuan untuk melatih kerja sama siswa. Para siswa menerima dengan baik kehadiran kami selama mendampingi pramuka.

  • Manajemen Berbasis Sekolah, Tenaga Administrasi Sekolah (TAS), serta Persuratan dan Pengarsipan 

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

          Kami melakukan penataan dokumen arsip dan membantu petugas TU. Selain itu, kami juga memiliki produk untuk mempermudah terkait administrasi sekolah; buku tamu digital dan aplikasi pencatatan surat masuk dan keluar.  Pekerjaan dalam bidang ini memberikan pengalaman nyata bagi saya dalam menghadapi administrasi pendidikan dan permasalahannya secara langsung di satuan pendidikan. Sehingga, saya dapat melihat gambaran jelas terkait pekerjaan yang akan saya hadapi setelah lulus nanti.

  • Manajemen Humas


          Pembuatan video terkait kegiatan dan aktivitas di sekolah ditujukan sebagai pemberian informasi kepada masyarakat--khususnya orang tua/wali murid. Media sosia yang digunakan yaitu YouTube dan Instagram. Kebetulan, saya salah satu yang bertugas untuk mendokumentasikan kemudian mengunggahnya ke Instagram AM--dengan username @am_sdnsawojajar3. Tenang saja, akun instagram AM ini sudah diketahui oleh siswa-siswa dan bahkan orang tua/wali murid, lho. Sehingga, update-an akan tersampaikan dengan baik.

          Nah, itu dia sedikit gambaran pengalaman saya selama mengikuti AM. Tentunya selama pelaksanaan AM ini tak sedikit permasalahan yang saya--dan mahasiswa AM lainnya hadapi. Namun, pesan saya, karena AM merupakan 'pekerjaan' yang banyak 'bekerja sama' maka, harus mengutamakan tolong menolong dan saling menghargai, ya. Janga seakan menjadi orang paling 'bisa' sehingga malah meremehkan 'kerja' orang lain. Sekian, semoga pengalaman saya dapat bermanfaat, ya! Terima kasih telah membaca hingga akhir!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun