Mohon tunggu...
Nabilah Puteri Azzahra
Nabilah Puteri Azzahra Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Muhammadiyah Jakarta

untuk saat ini saya membuat artikel untuk tugas UAS mata kuliah Media Relations

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Keluhan Pelanggan kepada XL Axiata akibat Gangguan Jaringan

21 Juli 2022   01:12 Diperbarui: 21 Juli 2022   01:31 1205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini, dunia semakin terhubung dan pertukaran informasi dilakukan dengan sangat cepat. Kebutuhan komunikasi tidak lagi terbatas pada suara dan SMS, tetapi juga dalam format lain seperti video dan foto. Permintaan masyarakat akan layanan data dan pita lebar (broadband) akan terus meningkat di masa mendatang. Jaringan 4G LTE menjadi jawaban atas kebutuhan mobile internet  masyarakat saat ini. Dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat, kualitas jaringan  lebih baik dari generasi sebelumnya.  

4G LTE dikenal sebagai generasi keempat yang  merupakan hasil pengembangan dari UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) dan HSDPA (High Speed Downlink Packet Access). Dengan semakin meningkatnya kualitas  internet saat ini, turut mempengaruhi pesatnya perkembangan layanan internet.

PT XL Axiata Tbk (sebelumnya bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk) atau disingkat XL adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. XL mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996, dan merupakan perusahaan swasta ketiga yang menyediakan layanan telepon seluler GSM di Indonesia. XL Axiata (1996) menjadi perusahaan seluler swasta pertama di Indonesia. Saat ini, saham XL Axiata dimiliki oleh Axiata Investments (Indonesia) (66,4%) yang tergabung dalam Axiata Group Berhad, XL Axiata terus berinovasi dan menjadi operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang meluncurkan Konvergensi. Perusahaan telekomunikasi terbesar di Asia dan publik (33,6%). XL Axiata terus menerus mempunyai inovasi yang terkemuka dan menjadi salah satu operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang meluncurkan 4.5G.

Layanan XL Axiata dikritik masyarakat karena memberikan pengalaman pengguna yang tidak menyenangkan. Gangguan XL Axiata diduga terjadi sejak Sabtu 21 Mei 2022. Indonesia merupakan negara besar yang  dikelilingi  banyak pulau, banyak wilayah yang tersebar di Indonesia dan menjadi sorotan jika mengacu pada distribusi sinyal digital. Komunikasi di Indonesia sempat terputus selama beberapa hari. Akibat kejadian ini, banyak pengguna yang menghujat karena aktivitasnya terganggu. Diketahui  saat ini dibutuhkan koneksi yang stabil  untuk segala bidang mulai dari e-commerce, pembelajaran, media hiburan maupun online. Kondisi saat ini mengharuskan pengguna untuk bertransformasi dan menerima bahwa kegiatan lebih condong ke online.

Namun sangat disayangkan kualitas jaringan di Indonesia masih belum tersebar luas dan merata, telah terjadi beberapa kali gangguan jaringan dari  penyedia layanan dan  kali ini terjadi pada XL Axiata. Menurut data yang diperoleh, jaringan XL Axiata  mengalami gangguan sejak 21 Mei 2022 pukul 13.30 WIB. Akibat kejadian ini, banyak pihak yang mengkritik layanan XL Axiata karena merasa tidak bisa mengontrol kestabilan sinyal, dan  pengguna layanan ini juga ramai membicarakan keluhan tentang stabilitas sinyal yang diterima.

Berikut beberapa pengguna setia XL Axiata mengkritik tentang gangguan jaringan dan bagaimana cara XL Axiata mengatasinya :

1. Social Media 

tangkap layar pribadi
tangkap layar pribadi

tangkap layar pribadi
tangkap layar pribadi

Dari beberapa comment negatif di Instagram tentang XL Axiata, namun XL Axiata hanya bisa membalas satu persatu comment customer dan memberi informasi sedikit perihal yang dialami oleh customer.

2. Website

Pada website resmi XL Axiata, jika memang mengalami koneksi internet sangat lambat padahal masih ada kuotanya, XL Axiata memberi tips atau cara-cara agar customer bisa melakukannya sendiri dirumah. Tetapi, jika memang cara yang dilakukan tidak berhasil, bisa langsung kunjungi XL Center terdekat dari lokasi kalian.

tangkap layar pribadi
tangkap layar pribadi
3. Berita Online

Dikutip dari Kompas.com dengan judul berita "Jaringan XL Dikeluhkan Gangguan Hari ini" layanan XL Axiata dikeluhkan bermasalah pada hari ini, Sabtu (21/5/2022). Akibat gangguan ini, pelanggan XL Axiata mengeluhkan tak bisa terhubung dan mengakses internet. Menurut situs Downdetector, layanan XL Axiata terpantau mulai dilaporkan mengalami gangguan alias error pada Sabtu siang pukul 13.30 WIB. Laporan error terus berlanjut hingga pukul 15.00 WIB.

Akibat gangguan jaringan ini, pelanggan XL lainnya juga mengeluhkan tak bisa mengkases WhatsApp, web browser, dan aplikasi myXL. KompasTekno sudah menghubungi pihak XL Axiata untuk mengonfirmasi soal gangguan jaringan XL Axiata di sejumlah wilayah Indonesia, hari ini.

Pihak XL Axiata sudah merespons. Perwakilan XL Axiata mengatakan bahwa benar layanan mereka mengalami gangguan teknis di beberapa lokasi yang mengakibatkan sebagian kecil pelanggan mengalami ketidaknyamanan dalam mengakses layanan data. "Saat ini, team teknis kami masih melakukan penanganan atas gangguan teknis tersebut, dan diharapkan jaringan akan segera normal kembali," ujar pihak XL Axiata, Sabtu sore. Pihak XL Axiata juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi hari ini.

4. Review Site

Pada situs ulasan online, yaitu Indonesia Review terdapat review negative tentang XL Axiata yang berjudul "SINYAL" yang diunggah oleh Yantoc87gmailcom mengatakan "Saya pengguna xl sejak beberapa tahun yg lalu, masih setia karena murah dan nomor udah ke pake di berbagai platform, tapi makin kesini makin buruk banget sinyalnya, di bar hp sih 4g tapi buat load gambar di WhatsApp saja lama banget, trus juga sinyal sering banget ganti jadi edge, sumpah buruk banget, SANGAT TIDAK DIREKOMENDASIKAN, apa lagi jika daerah kalian di desa pinggiran" yang diterbitkan pada 3 bulan yang lalu dan dilike dengan 36 orang yang lainnya. Dan sampai saat ini belum ada tanggapan dari pihak XL Axiata terkait ulasan ini.

tangkap layar pribadi
tangkap layar pribadi
Kesimpulannya yaitu PT XL Axiata Tbk adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia yang memiliki kemampuan untuk merespon dan menyelesaikan secara cukup cepat dan tepat kasus atau isu negatif yang tersebar di jejaring sosial. Dari beberapa comment negatif tentang XL Axiata, namun XL Axiata hanya bisa membalas satu persatu comment customer dan memberi informasi sedikit perihal yang dialami oleh customer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun