PENERAPAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS
 XI RPL C SMK NEGERI 8 MALANGÂ
Pendidikan merupakan sebuah elemen penting yang ada di dalam kehidupan manusia ,dimana Pendidikan adalah hal yang dapat membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Pendidikan diberikan kepada umat manusia agar manusia dapat berkembang dengan adanya wawasan dan pengetahuan yang masuk ke dalam pemikiran manusia.Â
Bangsa Indonesia juga telah menyepakati bahwa Pendidikan merupakan hal penting yang ada di dalam kehidupan bangsa dan bernegara. Pelajaran sejarah merupakan salah satu pelajaran yang wajib untuk dipelajari.
Meskipun pelajaran sejarah merupakan pelajaran yang sangat penting dan memiliki sifat wajib untuk dipelajari pada anak di bangku sekolah. Pelajaran masih seringkali dianggap kurang penting dan juga membosankan oleh peserta didik. Tanggapan-tanggapan seperti mata pelajaran sejarah merupakan hal yang kuno masih sering terjadi dalam pendidikan di Indonesia.Â
Sejalan dengan pernyataan Rahadian (2021) kebanyakan siswa menganggap pelajaran sejarah membosankan karena hanya berkutat pada hafalan tokoh, peristiwa, dan tempat bersejarah. Â Pernyataan tersebut menguatkan bahwa salah satu alasan mata pelajaran sejarah dianggap membosankan adalah isi dan cara penyampian dari pembelajaran mata pelajaran ini sering dianggap bersifat kuno dan tidak berkembang.
Salah satu bentuk usaha pendidikan agar dapat mengikuti perkembangan IPTEK yang ada, adalah dengan menerapkan kemajuan IPTEK pada saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dimana juga dapat menjadi media pembelajaran dalam hal ini tentunya berkonneks pada mata pelajaran sejarah.Â
Quizizz dalam hal ini dipilih untuk dapat membantu pendidik dalam memahami ketercapaian pemahaman dari peserta didik. Sejalan dengan pernyataan Husna (2023) salah satu alat teknologi yang dapat digunakan pendidik untuk menilai pembelajaran peserta didik adalah aplikasi Quizizz yang dapat mengetahui hasil belajar siswa.
Sehingga sebagai upaya penulis untuk dapat menyelaraskan IPTEK dengan pembelaaran sejarah. Penulis menerapkan quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran sejarah yang ada di XI RPL C.
Gambar 1. Pemaparan Materi
Sebelum menerapkan quizizz sebagai media evaluasi, penulis terlebih dahulu untuk memberikan pemaparan materi kepada peserta didik mengenai Indonesia Masa Orde Baru. Hal ini bertujuan sebagai bekal pemahaman peserta didik terhadap materi yang nantinya akan dievaluasikan pada akhir pelajaran. Setelah memaparkan materi yang ada kemudian pendidik membangikan link untuk memasuki quizizz. Tes ini dilakukan secara individu oleh peserta didik.
Gambar 2. Contoh Soal Quizizz
Pada saat mengerjakan soal quizizz yang ada peserta didik namnpak sangat tanggap dan juga berpikir keras. Hal ini dengaruhi oleh media quizizz, dengan adanya sistem ranking dan juga sistem nilai secara langsung menumbuhkan jiwa kompetitif peserta didik yang membuat peserta didik sungguh-sungguh dalam mengerjakan evaluasi.Â
Peserta didik juga nampak fokus mengerjakan bagian-bagian soal dari quizizz yang ada dan juga begitu kompetitif setelah melihat ranking yang ada. Hasil dari test ini juga baik sesuai dengan yang diharapkan.
Gambar 3. Aktivitas Peserta Didik
Rujukan
Husna, A., Fauzan, F., Akram, A., Nasir, N., & Nurwahida, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Quizizz Sebagai Media Evaluasi Hasil belajar Pembelajaran Matematika Kelas X. 1 SMA Negeri 6 Maros. Jurnal Kependidikan Media, 12(3), 165-171.
Rahadian, S., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Komik Kerajaan Kanjuruhan Berbasis Online Dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(2), 136-145.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H