Halo teman-teman
Kami dari kelompok 9 yang beranggotakan :
- Anisa fitria -191011202258
- Dinar Astriani -191011201704
- Nabila -191011201703
Tahukah kalian apa itu strategi organisasi? seberapa pentingnya strategi dalam organisasi? & apa saja yang termasuk kedalam jenis-jenis strategi organisasi?
Nah di kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang strategi organisasi.
Yuk kita simak penerangan menurut kelompok 9
Apa Itu Strategi?
Istilah strategi berasal dari bahasa yunani strategia ( stratos = militer & ag = memimpin), yang artinya seni atau ilmu untuk menjadi seorang jendral. Strategi dapat diartikan sebagai suatu rencana untuk pembagian & penggunaan kekuatan militer & material dalam daerah - daerah tertentu untuk mencapai tujuan tindakan tertentu.
Menurut Jhon A. Bryne, strategi merupakan sebuah pola yang mendasar dari sasaran & direncanakan, penyebaran sumber daya & interaksi organisasi dengan pasar, pesaing, & faktor-faktor lingkungan. Pada intinya, strategi adalah suatu rencana dalam mencapai suatu tujuan.
Dalam dunia bisnis, strategi adalah hal penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan untuk mencapai target atau tujuan perusahaan yang efektif & efisien, perusahaan harus bisa menghadapi setiap masalah-masalah atau kendala yang tiba dari dalam perusahaan juga dari luar perusahaan.
Pentingnya strategi
Strategi dalam ber organisasi penting dilakukan lantaran adalah suatu proses dalam mencapai tujuan perusahaan. Strategi adalah planning jangka panjang untuk mencapai suatu tujuan yang terdiri dari aktivitas-aktivitas penting yang dibutuhkan.
Strategi dalam konteks organisasi yang adalah penetapan berbagai tujuan & sasaran jangka panjang yang bersifat mendasar bagi sebuah organisasi, yang dilanjutkan dengan penetapan rencana aktivitas & pengalokasian sumber daya yang diperlukan guna mencapai berbagai sasaran tersebut. Strategi akan menjamin organisasi akan bertahan & berkembang pada masa yang akan datang.
Didalam sebuah organisasi diperlukan suatu strategi untuk dapat menunjang suatu tujuan tertentu baik dalam jangka pendek, menengah dan dalam jangka panjang. Strategi bisa diklaim pula sebuah permainan rencana, yang mencakup bagaimana memperkuat posisi daya saing organisasi lain nya.
Strategi bisa disebut juga sebuah permainan rencana, yang meliputi bagaimana memperkuat posisi daya saing organisasi lain nya. Strategi berkenaan dengan bagaimana kita memuaskan customer dan strategi merupakan permainan dalam bagaimana kita mencapai target secara baik. Dalam merumuskan strategi yang baik hal yang diperhatikan adalah saat mempersiapkan sebuah misi dan tujuan.
Terdapat 2 pendapat yang menonjol tentang bagaimana strategi disusun pada organisasi. Pendapat pertama merupakan mereka yang meyakini bahwa strategi adalah suatu tindakan. Hal ini berkaitan dengan contoh rasional yang dikembangkan para pemikir perspektif modern. Pendapat kedua, yang disebut evolutionary mode,melihat bahwa strategi tidak mesti berupa suatu perencanaan yg sistematis & terperinci. Mereka melihat bahwa pada praktiknya tidak jarang pengelola organisasi mengambil keputusan strategi secara bertahap, sejalan dengan perkembangan organisasi itu sendiri, sebelum dalam akhirnya menjadi suatu strategi yg utuh & lengkap.
Jenis-jenis strategi yaitu:
- Strategi korporat.
Tujuan menurut strategi korporat merupakan mengidentifikasi & mengimplementasikan sinergi di antara bisnis. Strategi ini untuk menjalankan misi yg sudah kita siapkan dalam organisasi tersebut sesuai dengan bidang yg sudah menjadi bagiannya. Strategi ini biasa disebut dengan Grand Strategy lantaran akan menjadi dampak sangat fatal ketika kita keliru dalam menjawab misi dari sebuah organisasi baik dari kata-kata maupun kebiajkan yg ditearpkan dalam organisasi.
- Strategi bisnis.
Strategi ini merupakan bagaimana organisasi bisa menilik pasar & menguasai pasar sehingga bisa menguntungkan pada mengembangkan organisasi.
- Strategi fungsional
Strategi ini bermanfaat untuk menunjang strategi-strategi diatas.
Dalam pengelolan organisasi dilakukan menggunakan penyusunan serangkaian strategi menurut keempat perspektif tersebut:
- Strategi finansial, yaitu strategi mengelola pertumbuhan, taraf keuntungan, & risiko ini adalah strategi yang dipandang dari kacamata pemilik perusahaan atau pemegang saham.
- Strategi pelanggan, yaitu strategi untuk membangun nilai & diferensiasi produk strategi ini dipandang dari kacamata pelanggan.
- Strategi proses internal, yaitu penentuan proses-proses internal strategis yang mampu untuk membangun kepuasan pelanggan & pemilik saham.
- Strategi learning and growth, yaitu strategi untuk membangun iklim yang kondusif bagi pembelajaran organisasi, inovasi, & pertumbuhan.
Berdasarkan empat perspektif yg dijalankan secara seimbang itu, organisasi bisa mengejar berbagai target jangka pendek tanpa mengabaikan tujuan jangka panjang.
Dari pemaparan diatas bisa diketahui strategi sangat penting bagi kelangsungan hidup dari suatu perusahaan untuk mencapai target atau tujuan perusahaan yang efektif & efisien.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H