Mohon tunggu...
Nabila Ayu Puspita
Nabila Ayu Puspita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menyukai hal menarik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Membuat Game Serius "Nawasena: Peristiwa dalam Kehidupan" di ICE Institute, Universitas Terbuka

8 Agustus 2022   12:30 Diperbarui: 8 Agustus 2022   12:49 515
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Pembelajaran dalam Kampus Merdeka merupakan salah satu betnuk pelaksanaan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), dalam program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melatih, memepelajari dan mengembangkan kreativitas, kedisiplinan, kerja sama, softskill dan hardskill untuk menjadi anak bangsa yang maju dan kuat.

Melalui Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka (MSBI) yang merupakan tempat pemberi tantangan dan kesempatan untuk mengembangkan inovasi, kreativitas, kapasitas, dan juga membentuk hard dan soft skill mahasiswa. 

Program Kampus Merdeka bekerja ssama dengan Indonesia Cyber Education (ICE) Institute, yang dimana ICE Institute merupakan pusat kuliah online yang terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Dan tujuan utama dari ICE Institute adalah untuk memfasilitasi penyediaan pendidikan berkualitas sekaligus menjamin kualitas layanan pembelajaran daring dan pendidikan jarak jauh. Lewat ICE Institute, pengguna akan termudahkan dalam memilih kuliah online yang tepat untuk pengembangan karir di era Industri 4.0. 

ICE Institute memiliki kegiatan pembelajaran Microcredential Game Developer. Microcredential Game Developer ini dibagi menjadi beberapa bidang yaitu Stream Game Programmer, Game Edukasi, Game Artist, Game Manajemem, dan Game Desain. Penulis fokus pada bagian Game Edukasi yang secara khusus untuk pengembangan talenta pengembang game dalam dunia pemebelajaran edukasi pendidikan dari berbagai bidang. Stream ini terdiri dari dari tiga mata kuliah utama, masing-masing berbobot 5 sks diantaranya: (1) Introduction to Ren'Py, (2) Gamification for Teaching Materials, (3) Advance Ren'Py.

Lalu pada Project Capstone berlangsung masing masing stream akan dibagi menjadi beberapa kelompok sebagai bentuk kolaborasi dalam pembuatan game pada kegiatan akhir ini. Project Capstone berlangsung kurang lebih selama 2 bulan lamanya dan tim 52 menghasilkan game yang berjudul "Nawasena : Peristiwa Dalam Kehidupan".  

Game ini merupakan game single-player offline dengan genre visual novel. Mengisahkan seorang siswa baru di sekolah Binar Bangsa. Dalam mencari ilmu di sekolah barunya, ia bertemu dengan Beni, Meli, Udin, Dayu, Edo, Siti, dan Lani yang mahir dalam mata pelajaran berbeda. Tidak hanya itu, proses pencarian ilmu mereka semakin seru dengan berpetualang dan bermain bersama. Pada game ini pemain harus menyelesaikan pembejaran pada masing-masing mata pelajaran yang ada terlebih dahulu agar dapat memainkan minigame pada Game Nawasena. Selain reward dalam minigame, ada juga reward atau penghargaan lainnya yang akan didapat oleh pemain.

Dalam pengerjaan projek, masing masing stream akan diberikan tugasnya masing masing. Stream Game Project Management membuat jadwal menggunakan Trello dan pembuatan Power Point serta menghubungi anggota yang tidak hadir. Stream Game Desain membuat alur cerita, GDD, dan storyboard. Stream Game Artist membuat latar belakang, ikon, karakter, cover game serta aset lainnya

Game "Nawasene : Peristiwa Dalam Kehidupan" bertujuan menjadikan game sebaagai media pembelajaran untuk siswa kelas 5 SD, dimana game ini mengambil tema dari Buku Tematik Tema 7, Subtema 1 dengan judul yang sama yaitu Peristiwa dalam Kehidupan. Dalam game ini terdapat 4 topik certia dengan mata pelajaran yang berbeda-beda, serta ada 2 minigame yang dapat dimainkan di dalamnya.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri
Program Studi Independen Ice Institute - Microcredential Game Developer sangat berguna bagi saya untuk mengasah, mempelajari menjadi Game Developer mulai dari membuat alur, membuat minigame dalam project, pembuatan soal, materi-materi yang sangat berguna bagi saya. Selain ilmu, saya juga belajar mengenai bagaimana caranya manajemen waktu untuk belajar, mencari dan membuat asset, berdiskusi secara kelompok dan memberanikan diri dalam penyampaian pendapat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun