Pengertian Tipologi Belajar
   Tipologi Belajar adalah suatu disiplin ilmu yang mengkaji berbagai tipe atau gaya belajar yang sering diterapkan oleh individu dalam menjalani proses pembelajaran. Aspek tingkah laku dan interaksi yang terjadi selama proses pembelajaran juga menjadi fokus dalam kajian ini, karena berkaitan dengan cara-cara untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif dan efisien. Tipologi adalah kajian tentang tipe. Tipe berasal dari kata Typos (bahasa Yunani), yang bermakna impresi, gambaran, atau figure dari sesuatu. Secara umum, tipe sering digunakan untuk menjelas kan bentuk keseluruhan, struktur, atau karakter dari suatu bentuk atau objek tertentu.Â
Tipe belajar merujuk pada proses perilaku, pengalaman, dan kecenderungan individu dalam mempelajari atau menguasai suatu pengetahuan dengan cara yang unik. Proses pembudayaan ini mencakup berbagai aspek seperti penggunaan ruang atau lokasi, kenyamanan, pencahayaan, dan lingkungan sekitar. Sementara itu, tipologi belajar siswa adalah cara yang digunakan untuk mempermudah proses belajar dan bagaimana siswa menyerap, kemudian mengatur serta mengolah informasi tersebut. Proses belajar akan meningkat jika siswa diminta untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:
1) Mengemukakan kembali informasi dengan kata kata sendiri.
2) Memberikan contohnya.
3) Mengenalinya dalam bermacam bentuk dan situasi.
4) Melihat kaitan antara informasi itu dengan fakta atau gagasan lain.
5) Menggunakannya dengan beragam cara,
6) Memprediksikan sejumlah konsekuensinya dan
7) Menyebutkan lawan atau kebalikannya.5
Secara fundamental, semua jenis pembelajaran memiliki nilai yang positif. Namun, penting untuk dicatat bahwa proses belajar harus mampu meningkatkan kemampuan individu dalam mengolah materi yang telah dipelajari. Dengan berbagai tipe dan gaya belajar, diharapkan peserta didik dapat memahami, menerapkan, mengenali, dan menghubungkan pengetahuan yang diperoleh dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan agar hasil pembelajaran dapat diimplementasikan dalam Upaya pengembangan diri di dalam lingkungan pendidikan yang lebih baik.
B. Macam -- macam Tipologi Belajar
Dalam konteks pendidikan, seorang pendidik perlu memahami dan mengenali berbagai tipe pembelajaran yang mencerminkan perilaku belajar siswa di dalam kelas. Pemahaman mengenai tipe-tipe pembelajaran yang dimiliki oleh siswa akan berkontribusi pada terciptanya proses pembelajaran yang efektif dan efisien, serta mendorong partisipasi aktif mereka dalam setiap tahapan pembelajaran.
Tipe belajar ikut berperan dalam menjaga stabilitas pembelajaran yang optimal. Oleh karena itu, Hamzah B. Uno membagi Tipe belajar tersebut kepada 7 bagian yaitu:
a. Belajar dengan kata, yaitu tipe belajar seperti ini siswa bisa mulai dengan mengajak seorang teman yang senang bermain dengan bahasa, seperti bercerita, membaca, serta menulis.
b. Belajar dengan pertanyaan, yaitu ada sebagian siswa yang suka belajar itu dengan cara belajar pertanyaan. Misalnya, memancing keingintahuan dengan berbagai pertanyaan, Setiap kali muncul jawaban, kejar dengan pertanyaan, sehingga mendapatkan hasil yang paling akhir atau kesimpulan.
c. Belajar dengan gambar, yaitu ada sebagian siswa yang lebih belajar dengan membuat gambar, merancang, melihat gambar, slide, video, atau film.
d. Belajar dengan musik, yaitu ada sebagian siswa yang berusaha mendapatkan informasi itu dengan cara mendengarkan music
e. Belajar dengan bergerak, yaitu menyentuh sambil berbicara dan menggunakan tubuh untuk mengekspresikan gagasan adalah cara belajar yang menyenangkan bagi siswa.
f. Belajar dengan bersosialisasi, yaitu bergabung dan berbaur dengan orang lain adalah cara terbaik untuk mendapatkan informasi dan belajar secara cepat.
g. Belajar dengan kesendirian, yaitu ada sebagian orang yang gemar belajar dengan menyepi atau menyendiri.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H