Pengertian Tipologi Belajar
   Tipologi Belajar adalah suatu disiplin ilmu yang mengkaji berbagai tipe atau gaya belajar yang sering diterapkan oleh individu dalam menjalani proses pembelajaran. Aspek tingkah laku dan interaksi yang terjadi selama proses pembelajaran juga menjadi fokus dalam kajian ini, karena berkaitan dengan cara-cara untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif dan efisien. Tipologi adalah kajian tentang tipe. Tipe berasal dari kata Typos (bahasa Yunani), yang bermakna impresi, gambaran, atau figure dari sesuatu. Secara umum, tipe sering digunakan untuk menjelas kan bentuk keseluruhan, struktur, atau karakter dari suatu bentuk atau objek tertentu.Â
Tipe belajar merujuk pada proses perilaku, pengalaman, dan kecenderungan individu dalam mempelajari atau menguasai suatu pengetahuan dengan cara yang unik. Proses pembudayaan ini mencakup berbagai aspek seperti penggunaan ruang atau lokasi, kenyamanan, pencahayaan, dan lingkungan sekitar. Sementara itu, tipologi belajar siswa adalah cara yang digunakan untuk mempermudah proses belajar dan bagaimana siswa menyerap, kemudian mengatur serta mengolah informasi tersebut. Proses belajar akan meningkat jika siswa diminta untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:
1) Mengemukakan kembali informasi dengan kata kata sendiri.
2) Memberikan contohnya.
3) Mengenalinya dalam bermacam bentuk dan situasi.
4) Melihat kaitan antara informasi itu dengan fakta atau gagasan lain.
5) Menggunakannya dengan beragam cara,
6) Memprediksikan sejumlah konsekuensinya dan
7) Menyebutkan lawan atau kebalikannya.5
Secara fundamental, semua jenis pembelajaran memiliki nilai yang positif. Namun, penting untuk dicatat bahwa proses belajar harus mampu meningkatkan kemampuan individu dalam mengolah materi yang telah dipelajari. Dengan berbagai tipe dan gaya belajar, diharapkan peserta didik dapat memahami, menerapkan, mengenali, dan menghubungkan pengetahuan yang diperoleh dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan agar hasil pembelajaran dapat diimplementasikan dalam Upaya pengembangan diri di dalam lingkungan pendidikan yang lebih baik.