Seiring berkembangnya zaman kebutuhan manusia lambat laun kian dinamis. Dewasa ini manusia lebih mengejar efisiensi dari adanya sebuah produk. Semakin praktis dan berbobot manfaat yang dijanjikan dari produk tersebut tentu akan menarik minat calon konsumennya.
Baru baru ini tengah ramai tren produk bernama Corkcicle. Kamu sudah pernah dengar sebelumnya? Yup, Corkcicle merupakan sebuah botol tumblr yang memiliki fungsi utama yaitu menyimpan minuman. Tren ini pertama kali diramaikan oleh para karyawan SCBD dengan mengunggah konten foto maupun video bersama tumblr mahal tersebut seolah sedang memamerkannya.
Terlepas dari trennya yang sangat menjamur, produk ini memiliki penawaran unik yang membedakan ia dari botol lainnya. Corkcicle diklaim dapat menahan suhu minuman di dalamnya hingga belasan jam. Lambat laun Corkcicle menjadi 'tanda' dari sebuah status sosial. Punya Corkcicle tandanya kamu sultan? Tidak dapat dipungkiri dengan harganya yang selangit itu, memilikinya tentu ada perasaan bangga dalam dirimu.
Lantas haruskah membelinya? Sebenarnya Corkcicle tidak jauh berbeda dari botol tumblr pada umumnya. Sama sama memiliki kegunaan utama untuk menyimpan dan menjaga suhu minuman di dalamnya. Bahkan masih banyak botol tumblr yang lebih affordable dan memiliki kualitas yang tak jauh berbeda dari produk tersebut.
Apabila kamu seseorang yang lebih mementingkan fungsi utama dari sebuah barang, Corkcicle nampaknya kurang cocok denganmu. Sebaliknya, apabila kamu seseorang yang menyukai barang sekaligus ingin mengikuti tren yang ada, Corkcicle sangat cocok untukmu yang sedang mencari botol tumblr.
Meskipun terkenal akan 'nilai sosial'-nya, Corkcicle tidak melupakan klaim dan kegunaan utama produk mereka. Hal tersebutlah yang menjadi alasan produk ini masih eksis di pasaran sejak 2011. Diproduksi dengan 3 lapis bahan insulasi membuat produk ini dapat menahan suhu minuman hingga belasan jam.
"Untuk menjaga temperature ini produk oke banget. Walaupun keliatannya kecil tapi bisa muat untuk segelas kopi," ujar Qisthas Noerman pada konten tiktoknya, Sabtu (17/9/2022)
Dalam video tersebut Qisthas menyebutkan bahwa klaim produk tersebut memang nyata adanya. Ia mereview tumblr Corkcicle x Starbucks miliknya yang ia beli setahun lalu. Kondisi tumblr milik Qisthas juga masih baik dan berfungsi seperti saat pertama ia membelinya.
Corkcicle menggunakan strategi Word of Mouth sebagai strategi pemasaran utamanya. Sederhananya, Word of Mouth adalah strategi pemasaran yang dijalankan dari mulut ke mulut. Seperti contoh, seseorang membeli tumblr Corkcicle dan menyukainya kemudian ia merekomendasikan produk tersebut kepada orang di sekitarnya.
Strategi dalam menjalankan Word of Mouth antara lain bisa dilakukan dengan cara memprioritaskan kualitas layanan produk, menggunakan media komunikasi yang mudah, menunjukkan fungsi utama dan keunggulan produk, serta dapat juga menggunakan jasa influencer untuk mereview produk tersebut.
Baru baru ini Corkcicle menggunakan social media marketing sebagai metode pemasarannya. Dari hasil sebuah servey,Sosial  Media  Marketing  Corkcicle termasuk   kedalam   kategori   Baik dengan nilai sebesar 81,27% atau nilai skor  total  3251  dari  4000. Marketing Mix   Corkcicle   termasuk   kedalam kategori  Baik  dengan  nilai  sebesar 79,2%  atau  nilai  skor  total  3562  dari 4500. Minat  Beli  Corkcicle  termasuk ke dalam  kategori  Baik  dengan  nilai sebesar 77,3% atau nilai skor total 3092 dari  4000. Brand  Image  Corkcicle termasuk   kedalam   kategori   Baik  dengan nilai sebesar 76,57% atau nilai skor total 2680 dari 3500. (Kirana, S., & Madiawati, P. N, 2023).
Brand image sangat berpengaruh terhadap pemasaran Corkcicle. Produk ini memiliki branding yang baik kepada masyarakat, terlebih Corkcicle sering mempresentasikan masyarakat menengah ke atas sebagai penggunanya.
Social media marketing sangat tepat digunakan di era saat ini. Dengan kecepatan internet yang bisa diakses oleh semua orang membuat nama Corkcicle dengan cepat melejit dan menemukan calon konsumennya. Tak heran dengan klaim yang ia tawarkan Corkcicle belakangan sangat tenar di berbagai macam sosial media.
Dengan dua strategi pemasaran yang mereka gunakan, Corkcicle kini semakin eksis dan mampu bersaing di pasaran. Corkcicle juga telah membuka     gerainya di Indonesia yang berlokasi di Grand Indonesia Mall dan Plaza Senayan. Terbukti strategi pemasaran yang mereka lakukan bekerja sangat baik.
Tidak dapat dipungkiri Corkcicle memang sangat sesuai dengan gaya hidup milenial yang  praktis, bermanfaat, dan mengandung unsur aesthetic tentunya. Tak heran jika Corkcicle masuk ke dalam wishlist kebanyakan anak muda zaman sekarang. Jadi kamu mau mencobanya?
Sources :
Kirana, S., & Madiawati, P. N. (2023). Peran Social Media Marketing dan Marketing Mix Berpengaruh Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Corkcicle Melalui Brand Image. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 25(1), 54-63.
https://sevenads.id/blogs/corkcicle-botol-sultan-viral-strategi-apa-sih-yang-digunakan
     Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H