Mohon tunggu...
Myra Saviera
Myra Saviera Mohon Tunggu... Penulis - Myra Saviera

An undergraduate student of Business Administration in Universitas Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Money

Potensi Bisnis Rangkaian Bunga Kering: "Momen", Ada di Setiap Relung Waktu yang Pendek

21 Mei 2019   16:41 Diperbarui: 21 Mei 2019   18:13 930
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                            Sumber: Dokumen Pribadi Penulis (2016)


I. PENDAHULUAN IDE PENGEMBANGAN BISNIS

Dalam berbagai kesempatan, dari momen yang menyenangkan, penuh syukur, hingga kedukaan, rangkaian bunga menjadi sebuah hal untuk diberikan sebagai tanda kepedulian kita sebagai manusia kepada sesama, terutama mereka yang kita perhatikan. Bunga dalam bentuk karangan maupun rangkaian bunga menggugah secara estetika dan tidak jarang juga dibeli dalam kuantitas serta intensitas yang cukup besar. Menurut penuturan pelaku bisnis karangan bunga, bisnis ini menjanjikan dan memang kebanyakan pasarnya adalah kaum muda (medan.tribunnews.com, 2018). Perkembangan daya beli rangkaian bunga di Indonesia bervariasi dari berbagai kepentingan dan kegunaan, walau kebanyakan digunakan untuk kado maupun bentuk apresiasi mulai dari kebutuhan dekorasi (rangkaian bunga untuk kedukaan, pernikahan, wisuda, bahkan apresiasi acara tertentu). Kaum muda menjadi target pasar yang cukup besar beserta pelaku bisnis yang membutuhkan dekorasi bunga kering sebagai properti sesi pemotretan maupun dekorasi tambahan.

Indonesia sebagai negara beriklim tropis memiliki potensi untuk melakukan penanaman bunga, yang menandakan aksesibilitas mudah untuk para pebisnis bunga seperti yang banyaknya pasar bunga serta lahan untuk penanaman bunga. Di dalam berbagai kesempatan, rangkaian bunga kebanyakan terdiri atas dua jenis, yakni rangkaian bunga asli dan rangkaian bunga plastik. Hal tersebut dapat dilihat sebagai sebuah potensi bisnis. Hal tersebut adalah rangkaian bunga dari bunga kering, sebagai potensi bisnis yang masih belum banyak dilihat, hal ini disebabkan oleh sedikitnya penawaran akan bunga kering. Selain itu, bunga kering membutuhkan teknik lebih, pengolahan yang hati -- hati serta waktu untuk dikeringkan. Namun, kecantikan serta keindahan lain dari bunga kering dapat memberikan kesan berbeda dari indahnya rangkaian bunga asli maupun bunga plastik pada pasaran rangkaian bunga konvensional. Walaupun tidak terdapat angka pasti akan ekspor maupun impor, namun perputaran bisnis untuk permintaan akan rangkaian bunga makin populer dewasa ini. Untuk rangkaian bunga sefar, harga rangkaian bunga berkisar antara 700 ribu rupiah hingga 1,8 juta (bisnis.tempo.co, 2019). Pada tahun 2018, kerajinan bunga hias kering menjadi produk paling laku terjual pada Maluku Expo dengan harga dibandrol 5 ribu rupiah per tangkai (papua.bisnis.com, 2018). Karenanya, peluang bisnis untuk melakukan bisnis rangkaian bunga kering menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan untuk dilakukan. 


Walaupun peluang bisnis penggunaan limbah bunga menjadi rangkaian bunga kering bukan suatu hal yang baru, namun dengan menawarkan nilai kolaborasi serta noble purpose yakni memanfaatkan limbah bunga, Momen optimis dapat menguggah hati peminat rangkaian bunga. Hal tersebut dilakukan dengan menawarkan  rangkaian bunga kering berbentuk buket maupun berbentuk dekorasi vas, tambahan dekorasi ruangan hingga kebutuhan dekorasi rangkaian bunga ucapan dengan  menawarkan nilai emosional yang tidak mudah ditawarkan oleh pelaku bisnis perangkai bunga kering pada umumnya. Selain uniknya setiap rangkaian bunga kering, Momen, hadir pada waktu yang pendek (arti kata Momen dalam KBBI). Momen dapat dipesan untuk berbagai acara, hadiah, maupun dekoratif selain mengurangi limbah dari bunga bekas yang dibuang oleh pemiliknya, akan terdapat pilihan menukar bunga dengan hiasan unik (dapat dilihat pada foto utama artikel ini).

II. BUSINESS MODEL CANVAS

Selanjutnya, akan dibahas secara deskriptif mengenai Business Model Canvas (BMC) dari bisnis Momen selama lima tahun kedepan. Hal ini penting untuk dijadikan alat dalam menganalisa serta merancang model bisnis secara terstruktur. Berikut akan dijelaskan satu per satu sembilan elemen dari BMC.

II.1. Customer Segments

Dalam bisnis Momen, sebagai inti dari model bisnis, pelanggan yang ingin dibidik adalah pelanggan yang membutuhkan karangan bunga yang unik, bernilai lebih tinggi dari segi kualitas serta model rangkaian bunga (B2C) yakni mereka dengan usia 18 tahun hingga 40 tahun secara spesifik. Hal tersebut didasarkan oleh penelitian pasar sebelumnya dimana pasar terbanyak ada pada usia kaum muda, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk melayani pasar B2B pada beberapa tahun kedepan untuk kebutuhan lebih spesifik seperti pemotretan, dekorasi unik. Hal tersebut menyebabkan pasar produk Momen terletak pada: Mass market yang dimana target pasar akan begitu besar dan tidak bersekat sebagai segmen pelanggan produk. Hal tersebut kemudian dibarengi dengan harga yang masuk akal untuk dapat dijangkau secara luas bagi pelanggan yang memiliki kebutuhan ingin membeli rangkaian bunga unik dari bunga kering.


II.2. Value Propositions
Proposisi nilai menjadi komponen penting akan manfaat serta keunggulan yang dapat ditawarkan oleh Momen sebagai nilai lebih dari produk terhadap pelanggan. Berikut adalah poin -- poin proposisi nilai yang kami tawarkan:

  1. Desain -- Hal tersebut dilihat dari keunikan estetika serta orisinalitas rangkaian bunga. Karena berasal dari bunga segar yang dikeringkan, bentuk arrangement bunga yang digunakan untuk rangkaian akan terdiri dari berbagai bentuk, warna, dan jenis bunga yang berbeda -- beda.
  2. Price -- Produk rangkaian bunga kering ini dapat bersang dengan bunga segar maupun bunga plastik karena nilai secara estetika dan kesan antik yang muncul dari bunga kering. Selain itu, karena bahan baku bunga kering didapat dari limbah bunga segar, maka secara ekonomis, bahan baku untuk produksinya lebih mudah daripada rangkaian bunga segar maupun plastik pada umumnya. 
  3. Cost reduction -- Secara tidak langsung, pelanggan dapat menukarkan rangkaian bunga bekas mereka dengan rangkaian bunga kering di figura secara gratis. Dalam hal ini, akan mengurangi biaya pelanggan untuk menukarkan bunga segar yang tidak digunakan lagi menjadi rangkaian bunga kering yang tahan lama. Selain itu, Momen akan bermitra dengan pedagang bunga yang tidak laku atau bunga segar yang kurang layak jual, mereka yang memiliki rangkaian bunga bekas yang bingung ingin dikelola kemana dapat menukarkannya kepada kami. Hal ini menjadi pengurang biaya yang berarti bagi pelanggan untuk berpindah kepada produk kami.
  4. Convenience -- Berkaitan dengan nilai cost reduction, Pelanggan tidak perlu pusing ingin membuang kenangan rangkaian bunga, karena produk Momen diharapkan mampu memberikan nilai lebih bagi pelanggan kami yakni kemudahan untuk melakukan pertukaran limbah dari bunga segar menjadi sebuah hal lebih bermanfaat yang masih mengingatkan mereka akan rangkaian bunga segar namun dalam bentuk yang lebih tahan lama.

II.3. Channels
Untuk membantu calon pelanggan mengerti produk serta pengambilan keputusan mereka, Dalam hal ini akan dibagi atas

  1. Awareness: Dalam memberikan edukasi yang menyadarkan calon pelanggan terhadap produk Momen, upaya awereness ini dilakukan melalui saluran pemasaran secara online dan offline. Secara online, akan digunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, website resmi Momen serta konten YouTube dan Instagram. Selain itu juga bekerja sama dengan influencer menggunakan video dan foto. YouTube dan Instagram menjadi konten visual yang dipilih untuk mewakili produk Momen sebagai bagian dari gaya hidup, sehingga dalam penyebaran Awareness nya harus mampu memberikan visualisasi yang baik. Secara online, Momen berencana aktif dalam laman website resmi yang diperkuat dengan saluran pemasaran awareness secara offline lewat kerja sama dengan Wedding Organizer, Event Organizer, fotografer yang membutuhkan dekorasi rangkaian bunga kering.
  2. Evaluation: Dengan beberapa pesaing bisnis rangkaian bunga, terutama pelaku bisnis rangkaian bunga segar biasanya memang juga menawarkan rangkaian bunga kering serta rangkaian bunga plastik. Karenanya, produk Momen yang sangat terfokus dengan penawaran produk rangkaian bunga kering harus lebih mampu menawarkan nilai serta inovasi pada setiap produk yang dijual untuk tetap mampu bersaing. Terlepas dari pengakuan bahwa adanya persaingan bisnis dengan pelaku bisnis penjual rangkaian bunga konvensional (bunga segar dan bunga plastik), Momen dapat menawarkan sebuah bentuk kerja sama yang dimana mampu membeli bunga bekas rangkaian bunga yang tidak terpakai, bunga yang dibuang percuma atau bunga dengan kondisi kurang menarik dengan harga lebih murah dari seharusnya yang diperoleh dari pesaing bisnis dan toko bunga. Hal tersebut memungkinkan karena memang segmentasi pasar pesaing yang dijadikan mitra pemasok bahan baku berbeda dengan segmentasi pasar Momen.
  3. Purchase: Pelanggan dapat membeli produk Momen lewat toko fisik serta pemesanan online lewat laman website Momen, Instagram, Youtube, dan Facebook. Selain itu, proses transaksi pembelian dapat dilakukan lewat transfer, pembayaran online seperti e-banking, m-banking, serta secara langsung pada toko fisik Momen. Tentu saja untuk kemudahan komunikasi, kami tersedia lewat WhatsApp dan telepon kantor Momen.
  4. Delivery: Momen menjual produk rangkaian bunga kering secara online maupun offline lewat toko fisik. Untuk membuat keduanya dapat berjalan baik, dari segi logistik, dibutuhkan mitra yang mampu memberikan layanan pengantaran produk paling baik serta cepat. Dalam hal ini, secara khusus bermitra dengan PAXEL karena pengiriman rangkaian bunga ini perlu proses pengiriman logistik yang diatasi dengan baik serta spesifik untuk memastikan tidak ada bunga yang rontok atau rusak. Secara offline, Momen merencanakan membuka sebuah toko fisik di daerah Jakarta Pusat.
  5. After Sales: Dukungan layanan purna jual menjadi hal yang tidak kalah penting dari saluran -- saluran sebelumnya. Setelah pelanggan membeli produk kami, mereka dapat membayar separuh dari harga rangkaian bunga pada saat mereka membeli untuk direstorasi atau diperbarui rangkaiannya dan dibatasi hanya boleh satu kali saja dalam satu tahun, per satu konsumen (akan ada kartu loyalitas secara online lewat database laman web Momen).


II.4. Customer Relationships
Dalam hal hubungan dengan pelanggan, secara spesifik akan terbagi atas:

  1. Personal assistance: Dalam mengatasi permintaan akan rangkaian bunga yang unik ini, pelanggan dapat memilih preferensi bentuk bunga (seperti yang bentuknya berkelopak mawar atau berkelopak kecil seperti bunga chrysanthemum, hingga yang berjenis baby breaths) secara langsung apabila pelanggan datang ke toko fisik kami. Hal ini berbeda apabila pelanggan membeli langsung di laman website yang dimana akan selalu diperbarui apakah sudah terjual atau dipesan untuk beberapa waktu kedepan dengan rancangan rangkaian yang terbarui lewat visualisasi desain rangkaian bunga. Selanjutnya, akan ada integrasi dari pembelian offline maupun online dimana mereka yang memesan di toko offline dapat memesan lebih spesifik mengenai preferensi rangkaian bunga (apabila ingin memilih kostumisasi jenis bunga dan rangkaian) lalu melihat apakah barang sudah siap diambil atau mau dikirimkan lewat website Momen. Lalu, bagi pembeli online, akan ada customer service lewat fitur chat pada website, telepon kantor pada jam kantor, serta email untuk layanan pelanggan.
  2. Dedicated personal assistance: Hubugan dengan pelanggan yang ingin dibuat oleh Momen adalah hubungan yang terbuka akan inovasi serta kreasi sehingga walaupun rangkaian bunga dirancang dan dibentuk oleh kami, pelanggan juga dapat memberikan masukan atas preferensi bunga maupun warna, yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan penggunaan rangkaian bunga. Dalam hal ini misalnya, bagi pelanggan yang membutuhkan rangkaian bunga dalam bentuk dekoratif, tentu saja dibutuhkan bentuk bunga yang panjang serta berkelopak besar, berbeda bagi rangkaian bunga untuk diberikan sebagai kado atau secara individu yakni yang lebih mudah dipegang serta berkelopak kecil hingga sedang serta dilengkapi sentuhan manis tanaman hias bunga bergenus gypsophila.
  3. Co-creation: Momen ingin mencoba memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk sama -- sama membuat nilai bersama lewat co-creation, seiring dengan dua hal yang telah disampaikan sebelumnya dengan cara membuat saluran yang memudahkan hubungan komunikasi dengan pelanggan. Kami ingin membuat sebuah fitur pada laman web dan media sosial dimana pelanggan dapat memberikan umpan balik maupun menyampaikan saran serta usulan terkait produk dan pengembangan layanan kami.  Selain itu, kami ingin mengapresiasi para pelanggan yang bersedia membuat posting/mengupload testimoni akan rangkaian bunga yang dibeli dari Momen, karenanya, akan disediakan juga sebuah laman khusus testimoni di website kami sekaligus di sosial media Instagram dan Facebook kami.

II.5. Revenue Streams
Tidak kalah menting, pendapatan menjadi hal yang serius dan tidak boleh dikesampingkan seiring dengan berjalannya bisnis. Pelanggan akan membayar untuk uniknya rangkaian bunga kering yang dibuat oleh Momen, selain itu setiap pembeliannya sesungguhnya pelanggan berkontribusi terhadap daur ulangnya limbah bunga. Bahkan, mampu memberikan nilai berupa rangkaian bunga baru bagi pelanggan yang ingin menukar limbah bunga segar mereka dengan produk rangkaian bunga kering di figura (syarat dan ketentuan berlaku). Pelanggan membayar untuk nilai lebih dari kesan antik serta orisinil atas rangkaian bunga kami. 

Secara metode transaksional, dapat dilakukan menggunakan pembayaran online, transfer bank, maupun secara langsung/cash di toko fisik kami. Kontribusi terbesar diharapkan ada pada pemesanan dari offline karena bagaimanapun juga, inti bisnis toko rangkaian bunga memang mengalami kendala pada sumber bahan baku bunga yang dirangkai. Sebagai tahap yang menjadi dasar dari sumber pendapatan bisnis ini, Momen perlu melakukan pencatatan yang detail serta membantu dalam pengembangan bisnis kedepannya karena bisnis ini menggunakan mekanisme penetapan harga yakni dynamic pricing, dimana harga berubah berdasarkan kondisi pasar. Hal ini disebabkan oleh fluktuatifnya kondisi persediaan limbah bunga segar untuk dirangkai menjadi bunga kering (dari segi tipe serta jenis bunga).


II.6. Key Activities
Sebagai aktivitas kunci dimana perusahaan harus melakukan sebaik mungkin dari awal hingga akhir, Momen harus memastikan bahwa kendala dari pengadaan bahan baku, pengolahan hingga dijadikan rangkaian bunga dapat sampai ke tangan konsumen sesuai dengan keinginan konsumen hingga mendapatkan imbalan atas hal tersebut berupa pendapatan. Pada proses bisnis Momen, aktivitas utama yang perlu dilakukan terdiri atas:

Apabila produk rangkaian bunga berbentuk buket, atau hiasan dekoratif yang sudah jadi

  1. Membeli limbah bunga segar dari toko bunga dan mitra pelanggan maupun calon pelanggan yang ingin menukarkan rangkaian bunga bekas
  2. Mencari calon pelanggan yang bersedia menukarkan bunga segar mereka untuk dijadikan rangkaian figura bunga kering
  3. Melakukan proses pengeringan bunga
  4. Menyiapkan beberapa bunga untuk dirangkai
  5. Memastikan adanya proses pembayaran
  6. Merangkai bunga menjadi rangkaian bunga kering ; atau Melakukan rangkaian dalam bentuk dekoratif di vas, disesuaikan permintaan kebutuhan rangkaian bunga (buket atau dekorasi hiasan bentuk tangkai, atau di vas model berdiri)
  7. Melakukan kontrol kualitas lalu pengemasan rangkaian bunga untuk diberikan kepada konsumen
  8. Memastikan pengiriman atau memastikan produk sampai ke tangan konsumen dengan kondisi baik

Apabila produk merupakan produk dengan preferensi bunga tertentu atau kebutuhan tambahan lainnya

  1. Membeli limbah bunga segar dari toko bunga dan mitra pelanggan maupun calon pelanggan yang ingin menukarkan rangkaian bunga bekas
  2. Melakukan proses pencatatan preferensi bunga (bentuk dan warna)
  3. Memastikan adanya proses pembayaran
  4. Melakukan proses pengeringan bunga
  5. Mensortir dan mencari bentuk, warna, serta tipe bunga sesuai keinginan pelanggan dari penyimpanan bunga toko
  6. Menyiapkan beberapa bunga untuk dirangkai
  7. Merangkai bunga menjadi rangkaian bunga kering ; atau Melakukan rangkaian dalam bentuk dekoratif di vas, disesuaikan permintaan kebutuhan rangkaian bunga (buket atau dekorasi hiasan bentuk tangkai, atau di vas model berdiri)
  8. Melakukan kontrol kualitas lalu pengemasan rangkaian bunga untuk diberikan kepada konsumen
  9. Memastikan pengiriman atau memastikan produk sampai ke tangan konsumen dengan kondisi baik

Selain itu, aktivitas kunci lainnya selain produksi dan penjualan adalah aktivitas pemasaran yakni pemotretan dengan bekerja bersama mitra fotografer, editorial, online shop, maupun influencer yang membutuhkan dekorasi bunga hias kering maupun untuk bekerja sama dengan penyelenggara acara (Event organizer dan Wedding organizer).


II.7. Key Resources
Sebagai bagian dari sumber -- sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan aktivitas utama diatas. Secara jelas, sumber daya kunci ini dibagi atas fisik, finansial, intelektual dan manusia.

  1. Fisik
    Secara fisik, dibutuhkan bahan untuk membuat produk Momen, dalam hal ini merupakan bunga segar yang berasal dari limbah bunga dari toko bunga maupun yang diberikan oleh calon pelanggan dan pelanggan yang ingin menukarkan limbah rangkaian bunga mereka, lalu terdapat juga peralatan untuk dekorasi rangkaian (gunting bunga, solatip bunga berwarna hijau, solatip putih, pisau, oasis -- tempat untuk menusukkan rangkaian bunga), alat untuk mengeringkan bunga (lap, sinar pemanas, tempat/tray), serta sinar matahari. Selain itu, dibutuhkan juga sarung tangan, meja untuk merangkai, serta peralatan pengemasan (kertas jaring, kertas bunga, pita, kartu ucapan dan label Momen).
  2. Finansial
    Yang dibutuhkan dalam sumber daya finansial merupakan modal usaha yang berjumlah sebesar Rp 3,500,000 untuk memulai bisnis ini. Hal ini terdiri dari pencarian limbah bunga, proses produksi serta pembuatan saluran penjualan yang didapatkan dari modal pribadi. Sistem produksi akan diakumulasi dari produksi pertama hingga seterusnya dan keuntungan akan dibagi atas keuntungan untuk diputar menjadi modal usaha dan keuntungan untuk disimpan sebagai reserve funds atau dana cadangan, hal ini mengantisipasi apabila sumber daya utama bunga kurang, terpaksa harus membeli bunga segar dengan harga lebih tinggi atau apabila ada kendala lainnya.
  3. Intelektual dan Manusia
    Yang termasuk sumber daya ini merupakan ide mengenai konsep rangkaian bunga yang unik dikarenakan pasokan bunga segar yang diolah menjadi bunga kering lalu dirangkai bisa saja berbeda -- beda antar satu pesanan dengan lainnya. Karenanya, hal ini perlu dikemas dengan baik beserta kolaborasi dengan mitra yang berkelanjutan sebagai pemasok bahan baku rangkaian bunga produk Momen. Selain itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang mampu mengemas dengan baik produk rangkaian bunga Momen sehingga memiliki nilai emosional lebih dari segi estetika maupun secara perasaan hingga sampai kepada pelanggan.


II.8. Key Partners
Dalam memastikan bisnis dapat berjalan dengan sinkron, perlu ada mitra kunci yang menggambarkan jaringan pemasok serta mitra utama. Dalam hal ini, mitra utama Momen adalah mitra untuk menyalurkan bahan baku yakni calon pelanggan individu yang ingin menukarkan buket rangkai bunga bekas dengan rangkaian bunga kering berbentuk figura, selain itu adalah toko bunga serta apabila memungkinkan juga pelaku bisnis karangan bunga yang dimana memiliki limbah bunga segar. Selain itu, mitra utama lainnya adalah untuk kebutuhan packaging serta jasa logistik (PAXEL) dan mitra pembayaran seperti mesin EDC dari bank maupun alat transaksi lainnya untuk memudahkan proses bisnis berjalan lebih baik dan lancar. 

Selanjutnya, pemasok utama Momen adalah dari toko bunga yang memiliki bunga segar dalam kondisi tidak baik serta limbah bunga yang dijual kepada kami dari pelaku bisnis karangan bunga besar serta vendor pengelola acara (Event Organizer maupun Wedding Organizer). Berikutnya, sumber daya utama yang didapat dari mitra utama merupakan kemampuan untuk melakukan proses bisnis karena kebutuhan untuk melakukan pengemasan membutuhkan bahan -- bahan yang tidak biasa, serta mitra logistik menjadi penting untuk memberikan kemudahan pengantaran barang secara cepat, terjangkau dan aman hingga sampai ke tangan konsumen dalam kondisi baik. Dalam hal tersebut juga, aktivitas kunci yang dilakukan mitra utama merupakan aktivitas yang saling bertautan dalam sistem produksi Momen ini, mulai dari pemasok bahan baku bunga untuk dikeringkan (dari toko bunga, individu yang menukarkan maupun vendor dari acara), lalu pembayaran yang dimana dapat dimonitor dari laman website Momen maupun secara langsung lewat WhatsApp dan toko fisik. Kemudian, kegiatan pengemasan yakni dilakukan dengan tim Momen membutuhkan pemasok bahan pengemasan yang baik dan mencerminkan merek Momen yang unik, antik dan membantu rangkaian bunga lebih tahan lama serta tidak mudah rontok. Dari pengemasan, maka  bergerak ke pengiriman dengan mitra logistik apabila pelanggan ingin dikirimkan rangkaian bunganya. 

Mengenai jenis kemitraan bisnis Momen, kami memilih jenis buyer supplier relationship to assure reliable supplies. Hal tersebut tentu saja dikarenakan memang salah satu sumber daya kami juga didapatkan dari hubungan pertukaran rangkaian atau karangan bunga dari calon pelanggan maupun pelanggan yang ingin membuang limbah mereka namun menyayangkan membuang memori atau terkesan tidak sopan dari sang pemberi bunga. Hal ini juga dapat dikategorikan jenis strategic alliances between non-competitors, karena dapat dilihat bahwa tidak kalah penting juga mitra bisnis kami dengan toko bunga, pelaku bisnis karangan bunga besar, serta vendor (EO dan atau WO). Tidak lupa juga, untuk mengatasi kegiatan pemasaran produk Momen, kami akan bekerja sama dengan rekan fotografer, editorial, online shop, maupun influencer yang membutuhkan dekorasi bunga hias kering maupun untuk bekerja sama dengan penyelenggara acara (Event organizer dan Wedding organizer) secara luas untuk mempromosikan produk dalam bentuk kolaborasi yang saling menguntungkan.


II.9. Cost Structure

Dalam bagian ini, yang ingin dijelaskan adalah seluruh biaya yang dikeluarkan untuk operasional bisnis Momen secara struktur dalam melakukan aktivitas kunci dan memanfaatkan mitra -- mitra kunci yang telah dibahas sebelumnya. Momen memiliki serangkaian biaya yang dibagi atas:

  1. Cost driven : Dalam hal ini termasuk biaya untuk pengemasan, biaya bunga segar yang menjadi bahan baku mentah utama, proses produksi yang membutuhkan beberapa peralatan pengeringan bunga serta perangkaian bunga yang membutuhkan waktu tidak sebentar, serta biaya pengiriman atau logistik.
  2. Fixed cost : Yang termasuk biaya tetap adalah biaya untuk membeli bahan baku berupa limbah bunga segar serta peralatan proses produksi rangkaian bunga hingga pengemasan. Mengenai harga bahan baku, setiap batang bunga yang rusak atau tidak laku di toko bunga dapat dibeli seharga Rp 1,500 hingga Rp 10,000 tergantung besar serta jenis bunga (berdasarkan survei pasar oleh Penulis).
  3. Variable cost : Sedangkan, biaya variabel atau biaya tidak tetapnya merupakan jasa perangkai bunga kami, harga sewa toko fisik kami, pengeluaran pemasaran produk dan biaya pengiriman.
  4. Revenue Streams : Dalam hal ini merupakan penjualan dari produk kami (asset sale) yakni rangkaian bunga kering yang telah memiliki daftar harga yang ditetapkan serta harga tambahan yakni Rp 150,000 untuk pilihan preferensi jenis bunga, bentuk serta warna bunga maupun bentuk pengaturan rangkaian bunga. Selain itu subscription fees dimana pelanggan yang menginginkan untuk mengembalikan rangkaian bunga mereka untuk direstorasi harus membayar biaya sebagai anggota pelanggan Momen dan hanya dapat melakukan restorasi sekali dalam satu tahun per orang.

Biaya terpenting serta aktivitas kunci paling mahal dalam model bisnis adalah perolehan dari bahan baku berupa limbah bunga. Sedangkan sumber daya paling mahal dapat dikatakan adalah logistik dan pengemasan. Sehingga, ketika bisnis beroperasi, biaya terpenting yakni mengklaim bahan baku limbah bunga penting untuk diperhatikan beriringan dengan nilai lebih yakni kolaborasi bersama toko bunga maupun mereka yang bersedia menukarkan limbah bunga mereka sebagai sumber daya utama kami. Hubungan dengan pelanggan, calon pelanggan serta mitra bisnis utama kami menjadi salah satu solusi mengatasi persoalan biaya terpenting tersebut. Karenanya, kami dapat memastikan bahwa sumber daya paling mahal dapat diatasi apabila hubungan dengan mitra vendor pengemasan serta logistik baik.

III. ELEVATOR PITCH - CLOSING REMARKS

Bisnis bunga yang diolah menjadi karangan maupun rangkaian bunga tidak akan ada habisnya walaupun bukan kategori barang kebutuhan primer. Gaya hidup masyarakat urban yang menikmati setiap perayaan hidup tidak lepas dari kontribusi adanya bunga menjadi elemen difusi budaya maupun lambang yang mempercantik ruangan, acara, bahkan memberikan sebuah perasaan emosional yang menjadi proposisi nilai bisnis kami yakni orisinalitas dan kesan antik pada rangkaian bunga. Harga yang bersaing dengan rangkaian bunga segar walaupun bahan baku produk kami lebih murah, kami dapat memberikan produk rangkaian bunga yang tahan lama namun dapat mengurangi biaya bagi pelanggan karena memiliki nilai noble yakni rangkaian bunga terbuat dari limbah bunga. Akhirnya, dari segi kenyamanan, pelanggan maupun calon pelanggan tidak perlu bingung ingin membuang atau menaruh karangan atau rangkaian bunga miliknya, karena cukup menukarkan rangkaian bunga mereka, akan kami olah menjadi sebuah rangkaian bunga kering berbentuk figura (sesungguhnya disini hanya akan memakai beberapa tangkai saja, dan sisanya dapat dijadikan bahan baku untuk rangkaian bunga produk kami lebih banyak). 

Mudahnya proses bisnis serta modal yang tidak terlalu besar menjadikan potensi bisnis Momen ini berpotensi dijalankan, memberikan nilai lebih dari penggunaan limbah bunga yang diperoleh dari kolaborasi antar calon pelanggan, pelanggan serta mitra bisnis bahkan pesaing sesama pelaku bisnis florist mengamankan ketersediaan bahan baku. Secara mendalam, produk Momen menyajikan tidak hanya rangkaian bunga kering namun juga menjual emosional dan perasaan di setiap rangkaiannya kepada pembeli. Selama lima tahun ke depan, Momen dapat direalisasikan karena adanya minat maupun permintaan pada pasar urban akan rangkaian bunga yang besar dari waktu ke waktu. Diharapkan juga, Momen akan merambah kepada bentuk bisnis ke bisnis (B2B) untuk pemasaran maupun sasaran penjualannya secara lokal. 

Mari dukung bisnis Momen, Ada disetiap relung waktu yang pendek untuk mengurangi limbah bunga yang terbuang percuma.

Daftar Pustaka

Bisnis Tempo Admin. (2019, 21 April). Usai Pemilu, Omzet Pedagang Karangan Bunga Naik 10 Persen. [Online]. [Retrieved from: https://bisnis.tempo.co/read/1197761/usai-pemilu-omzetpedagang-karangan-bunga-naik-10-persen 20 Mei 2019].

Medan Tribunnews Admin. (2018, 26 September). Bisnis Karangan Bunga, Noertika Melirik Pangsa Pasar Anak Muda. [Online]. [Retrieved from: http://medan.tribunnews.com/2018/09/26/bisnis-karangan-bunga-noertika-melirik-pangsa-pasar-anak-muda pada 20 Mei 2019].

Papua Bisnis.com Admin. (2018, 31 Oktober). Kerajinan Bunga Hias Kering Laris di Maluku Expo. [Online]. [Retrieved from: https://papua.bisnis.com/read/20181031/414/855046/kerajinan-bunga-hias-kering-laris-di-maluku-expo pada 18 Mei 2019].

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun