Mohon tunggu...
Lala_mynotetrip
Lala_mynotetrip Mohon Tunggu... Lainnya - Terus berupaya menjadi diri sendiri

Blogger pemula|menyukai petualangan sederhana|penulis amatir|S.kom |pecandu buku|Sosial Media creative|Ide itu mahal|yuk menulis|doakan mau terbitin novel

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Optimalisasi Coffee Shop Melalui Digital

20 Juni 2022   12:54 Diperbarui: 6 Agustus 2022   16:57 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada 19 Juni 2022, Saya selaku tim kecil dari Arahmata. Memulai program "Mengangkat Brand Lokal to Digital" dengan cara meliput tempat usaha para UMKM Lokal.

Setelah janjian dan konfirm kedatangan Saya dan tim ke salah satu coffee shop yang berlokasi di Jalan Tawes Jakarta Timur bernama NOESANTARA.

Sejak awal, Saya memilih coffee shop ini karena menarik. Dari segi penamaan, lokasi dan pilihan kopi atau makanan yang tersedia.

Setelah say hello dengan sang owner, kami meliput semua bagian di cafe tersebut. Serta melakukan sesi wawancara santai dengan owner.

Ada banyak sharing bermanfaat ketika sesi wawancara, dimana sang owner sangat detail dalam memulai bisnis. 

Melakukan riset lokasi, riset pasar, merumuskan resep kopi sampai dengan rencana prngembangan maupun inovasi bisnis. 

Kebetulan owner Noesantara memang memiliki background yang kuat di bidang Management bisnis, makin lengkap karena co-founder nya juga merupakan seorang yang ahli dalam menciptakan menu-menu enak. 

Dengan bermodalkan hasil riset lokasi, riset segmentasi pasar dan racikan kopi serta menu enak. 

Mereka sangat yakin jika bisnis itu harus di persiapkan dengan matang, SDM nya juga harus dikuatkan supaya berjalan lebih lancar. 

Meski pada kenyataannya, banyak tantangan dadakan di dalam sebuah bisnis. 

Serta harus di pikirkan inovasi dan tujuan jelas dari membangun bisnis. 

Asli keren banget pola pikir, manajemen dan cita rasa di Noesantara. Karena untuk sekelas coffee shop, mereka cukup terstruktur, terarah dan melek teknologi. Memanfaatkaan instagram untuk branding. 

Untuk Sobat yang ingin merasakan kelezatan culinary dari Noesantara bisa cek Instagram mereka di @Noesantara.jkt dissna ada alamat lengkap dan di bawah ini ada gambaran menu nya. 

Dokpri
Dokpri

Untuk menu masakan setiap Bulan akan ada menu berbeda, mengusung tema Daerah tertentu. Ini juga jadi daya tarik yang cukup cerdas. 

Pembeda yang unik, karena berani menampilkan banyak makanan dari seluruh Indonesia. 

Semoga bisa menjadi sedikit gambaran ide ketika akan membuka sebuah bisnis. 

Kemudian untuk para UMKM berlokasi di Jakarta yang sudah memiliki sosial media dan ingin di liput oleh tim Arahmata bisa banget cek instagram @arahmata.digital .

Percayalah bisnis kuliner memang tidak ada matinya, selama mampu berinovasi dan mengikuti perkembangan jaman. Serta memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan branding. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun