Pernah ada di posisi 'jemu dengan kemalasan sekitar' Mungkin itulah yang sedang Saya rasakan akhir-akhir ini..
Bukan maksud ingin berkeluh kesah, hanya saja keberadaan teknologi seolah mubazir kalau manusia nya malas cari tahu.Â
Perkara cleansing printer, singkronisasi g-drive dan pekerjaan receh lainnya mau di bantu terus tanpa ada usaha cari tahu terlebih dahulu.Â
Padahal dulu ketika sekolah kemudian kuliah kita sering praktek hal-hal tersebut. Terasa merepotkan saat di kantor 70% SDM nya malas cari tahu dan mengerjakan case simpel sendiri.Â
Istilah yang pinter makin pinter, yang bisa makin repot. Karena ketidak bisaan menjadi momok dan alasan tanpa solusi atau rasa ingin tahu.Â
Mungkin karena tidak adanya KPI, persaingan antar individu yang jelas tercantum sehingga budaya saling mengandalkan jadi nomor 1.Â
Saya kira kalimat gini "Kalau yang lain bisa kenapa Saya harus bisa" Bukan hanya gurauan semata. Akan tetapi sebuah fakta yang cukup membuat diri merasa sedih dan miris.Â
Jika sedang ada diambang kesal atau jemu akan Saya bantu sambil memperagakan step nya di hadapan si penanya. Sayang seribu saya tutorial langsung pun tidak mempan. Memang rasa malas merusak segalanya.Â
Membuat satu pihak merasa lelah dan pihak lain santuy kaya di pantai aja gitu.Â
Padahal kerja, ada tanggung jawab, harusnya diimbangi rasa ingin tahu lah seenggaknya hal sepele jangan minta di suapi terus.
Demi kebaikan diri sendiri juga kok, saat nanti mendapatkan kesempatan lebih baik di perusahaan besar yang terstruktur rasanya bakalan malu banget kalau dikit-dikit minta bantuan.Â