Dalam sebuah pendidikan ada sebuah interaksi yang mana peran utama nya adalah seorang pendidik dengan seorang murid.
Yang mana dalam hal tersebut terdapat kesadaran dan merencanakan untuk menciptakan suatu pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk mencapai suatu tujuan yang berpotensi dan mempunyai kekuatan spiritual, kepercayaan, keberanian dan menjadi kepribadian yang lebih baik kedepanya. Agar dapat bermanfaat bagi dirinya, keluarga, masyarakat dan negara.
 Secara etimologi
Seorang pendidik di sebut sebagai Murobbi atau muallim.
Murobbi adalah: seorang yang dapat mendidik seorang pendidik agar dapat dan mampu mengembangkan bakat yang ada pada dirinya dengan baik dan tidak membawa malapetaka bagi dirinya dan orang lain.
 Muallim adalah: seorang yang memiliki suatu ilmu yang mana ilmu Tersebut dapat di ambil fungsinya dalam kehidupan.
Secara terminologi: para pakar  menggunakan rumus an berbeda tentang pendidik.
Menurut Zakiyah derajat.
Pendidik adalah individu yang akan memenuhi kebutuhan pengetahuan  sikap dan tingkah laku seseorang pendidik.
Ada juga dalam bahasa Inggris banyak kita jumpai biasanya di sebut dengan teacher atau tutor.
Sedangkan dalam bahasa Arab biasa di sebut dengan ustadz atau ustadzah, yang mana keduanya memiliki arti Sebagi guru yang masa kata tersebut ada dalam lingkup pendidikan.
Adapun jenis-jenis seorang pendidik .
   Dalam agama Islam terdapat macam macam pendidik di antara nya..
1. Allah SWT
      Allah di sebut sebagai pendidik bisa dilihat dalam firman-firmanya atau ayat ayat yang ditunkan kepada nabi Muhammad lewat perantara malaikat Jibril, bahwa Allah. Adapun zat yang mengetahui atas segala sesuatu.
2. Nabi Muhammad Saw.
       Nabi Muhammad Saw di sebut sebagai pendidik karena beliau mendapatkan Wahyu dari Allah SWT untuk di sampaikan kepada umat di seluruh dunia terutama orang IslamÂ
3.orang tua.
       Orang tua di sebut sebagai pendidik karna seorang anak akan menangkap sesuatu di mulai dari dia berada di dalam kandungan d dan ketika lahir orang yg akan pertama di ketahui adalah seorang tuanya terutama keluarga.
4. Guru.
      Guru di sebut sebagai pendidik Krn beliau mempunyai peran sangat penting dalam kehidupan seorang pendidik.
Beliau mengajar dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi.
Tanpa seorang guru sebuah pendidikan tidak akan berjalan secara efektif.
 Tugas dan peran pendidikÂ
1. Membimbing terdidik
     Dalam hal ini mencari pengenalan terhadap nya mengenai kebutuhan, kesanggupan bakat minat dan sebagainya.
2. Menciptakan situasi untuk pendidikan.
      Suatu keadaan di mana tindakan tindakan tindakan pendidi kan dapat berlangsung baik dengan hasil yang memuaskan.
Menurut imam algozali
   Tugas pendidik yang pertama menyempurnakan, memberikan, serta membawakan hati manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah.
Hal tersebut karena tujuan pertama pendidikan adalah membiasakan diri untuk beribadah kepada Allah SWT, jika seorang murid tidak bisa dalam hal tersebut maka seorang pendidik dia anggap gagal, meskipun anak didiknya mempunyai prestasi yang sangat luar biasa.
Tugas pendidik di simpulkan menjadi 3.
1. Sebagai pengajar( untruksional)
       Yang bertugas merencanakan program pengajaran, dan melakukan program yang telah di susun serta mengakhiri sesuatu dengan penilaian setelah program di lakukan
2. Sebagai pendidik (edukator)
        Yang mengarahkan peserta didik pada tingkat kedewasaan dan berkepribadian kami dengan seiring dengan tujuan Allah SWT yang telah menciptakan.
3.sebagai pemimpin (Manajerial)
         Yang memimpin, mengendalikan kepada diri sendiri, masyarakat yang terkait terhadap berbagai masakan yang menyangkut upaya pengarahan, pengawasan pengorganisasian, pengontrolan dan partisipasi atas program program pendidik yang di lakukan.
Adapun sifat sifat yang harus di miliki oleh guru.
1. Guru harus memiliki sifat Zuhud.
2. Guru harus memiliki jiwa yang bersih dari sifatnya yang buruk.
3.iklas dalam pekerjaan.
4. Seorang guru harus mempunyai sifat pemaaf.
5. Seorang guru harus mencintai nurut nurut ya.
6. Seorang guru harus mengetahui bakat dan tabiat seorang muridnya.
7. Seorang guru harus mengetahui sesuatu yang akan di ajarkan.
 Tanggung jawab seorang pendidik yaitu.
1.pendidik individu supaya beriman kepada Allah.
2.mendidik diri supaya beramal Soleh
3. Mendidik masyarakat agar selalu menasehati dalam hal melaksanakan kebenaran.
4. Saling menasehati agar tabah dalam menghadapi kesusahan beribadah kepada Allah serta menegakkan kebenaran.
 KODE ETIK DAN KARAKTER PENDIDIK.
    Kode etik pendidik adalah norma-norm yang mengatur hubungan kemanusiaan antara pendidik dan peserta didik juga orang tua peserta didik.
Bentuk kode etik suatu lembaga pendidikan tidak harus sama, tetapi secara intrinsik mempunyai kesamaan konteks yang berlalu umum. Pelanggaran terhadap kode etik akan mengurangi kewibawaan pendidi k
 Kode etik dan Syarat-syarat yang berhubungan dengan dirinya.
1. Hendaknya guru senantiasa insyaf akan pengawasan Allah SWT terhadap nya, dalam segala perkataan perbuatanÂ
2. Hendaknya guru menjaga kemuliaan ilmu.
3. Hendaknya gy bersifat Zuhud.
4. Hendaknya guru tidak berorientasi duniawi.
5. Hendaknya guru menghindari mata pencaharian yang hina di mata syarak.
6. Hendaknya guru memelihara Syiar syiar Islam.
7. Hendaknya guru rajin melakukan hal yang Sunnah.
8. Hendaknya guru memiliki ahlag yang mulia.
9. Guru hendaknya mengisi waktu waktu luangnya dgn hal yg bermanfaat.
10. Hendaknya guru tidak malu menerima sesuatu pengetahuan dari yang lebih muda darinya.
KARAKTERISTIK SEORANG PENDIDIK
Dalam pendidika Islam seorang pendidik hendaknya memilikki karakteristik yang dapat membedakan dari yang lain.
Seperti:
1. Mempu watak dan sifat rubaniah, yang terwujud dalam tujuan, tingkah laku dan pola pikirnya.Â
2. Bersifat ikhlas, melakukan tugas nya sebagai pendidik semata mata untuk mencari ridho Allah dan menegakkan kebenaran.
3. Bersifat sabar dan mengajarkan berbagai ilmu kepada peserta didik
4. Jujur dalam menyampaikan apa yang di ketahui nya
5. Senantiasa membekali diri dengan ilmu, esediaan diri untuk terus nendalami dan mengkaji nya lebih lanjut.
6.Mampu menggunakan metode belajar  secara bervariasi sesuai dengan prinsip prinsip penggunaan metode pendidikan.
7. Mampu mengelola kelas dan peserta didik tegas dalam bertindak dan profesional.
8. Mengetahui kehidupan psikis peserta didikÂ
9. Tanggap terhadap kondisi dan perkembangan dunia yang mempengaruhi jiwa keyakinan atau pola pikir peserta didik.
10. Berlaku adil terhadap peserta didiknya.
       Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI