Mohon tunggu...
Nurul Mutiara R A
Nurul Mutiara R A Mohon Tunggu... Freelancer - Manajemen FEB UNY dan seorang Blogger di www.naramutiara.com

Seorang Perempuan penyuka kopi dan Blogger di http://www.naramutiara.com/

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Jangan Sembarangan Rekam-Rekam, Yuk Normalisasi Nongkrong Sendirian di Luar!

4 Agustus 2024   12:19 Diperbarui: 4 Agustus 2024   12:24 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Makan mie ayam sendiri di warung | dok.pri

Emang salah ya kalau makan sendirian di warung atau restoran, kok pada malu?

***

Hari itu perut saya lapar. Salah satu tempat terdekat yang biasa saya datangi sendirian adalah warung mie ayam langganan. Ketika saya sedang makan, seorang tetangga datang bersama ibunya, hendak membeli mie ayam untuk dibawa pulang, 

"Kok sendirian Mbak, gak sama adiknya kah? Apa gak malu makan sendirian. Soalnya aku kalau sendirian pasti dilihatin orang"

Kemudian saya jawab, menggunakan bahasa Jawa dan sambil bercanda tentunya. 

"Lha harus malu kenapa Nad, saya gak nyolong makanan lho, dan saya gak makan anak yang punya warung"

Lalu ibu teman saya berkata

"Lha Mbok kayak Si Tiara, Nad, kemana-mana sendirian, mosok kamu udah gede kok minta ditemani terus, kalau gak sama ibu ya sama Rohman (suaminya)"

Setelah pertemuan itu, saya jadi berpikir mengenai rasa malu saat nongkrong sendirian di luar, misal makan di resto, nonton bioskop atau jalan-jalan di Mall dan healing di tempat wisata. 

Sebegitu aib-kah beraktivitas sendirian sehingga dianggap memalukan? Entahlah. Ternyata, apa yang saya alami juga dirasakan oleh orang lain. Mereka bahkan membuat cuitan untuk menegaskan bahwa beraktivitas sendiri itu hal normal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun