Mohon tunggu...
Nurul Mutiara R A
Nurul Mutiara R A Mohon Tunggu... Freelancer - Manajemen FEB UNY dan seorang Blogger di www.naramutiara.com

Seorang Perempuan penyuka kopi dan Blogger di http://www.naramutiara.com/

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Keren! JNE Raih 3 Penghargaan Bergengsi Karena Konsisten Melayani Masyarakat

23 Oktober 2023   16:46 Diperbarui: 25 Oktober 2023   00:48 460
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penghargaan yang diterima JNE (Dokumentasi JNE)

Di era digital seperti saat ini, masyarakat lebih suka berbelanja via online ketimbang offline. Hal ini terjadi karena belanja secara online lebih mudah dan praktis. Terlebih, semenjak pandemi Covid-19 merebak, lebih banyak masyarakat melakukan aktivitas di rumah. Tak heran, fungsi smartphone sebagai alat transaksi menjadi begitu penting.

Bayangkan, berdasarkan data dari firma riset We Are Social, terdapat 178,9 juta masyarakat Indonesia berbelanja online sepanjang 2022 hingga awal 2023. Angka itu naik 12,8% secara tahun-ke-tahun. Tingginya aktivitas berbelanja online, membuat peran jasa kurir dibutuhkan untuk mengantarkan pesanan yang dibeli masyarakat. Disanalah ada peran JNE sebagai jasa ekspedisi terkemuka.

Perlu diketahui, JNE merupakan perusahaan ekspedisi yang berdiri pada tahun 1990 sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. JNE juga memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang.

Pada akhir tahun 2012, JNE memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres. Mulai tahun 2013, JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight.

Saat ini, hampir 33 tahun JNE berdiri dan terus menjunjung tinggi nilai-nilai berbagi, memberi dan menyantuni yang ditanamkan oleh pendirinya yakni Alm Soeprapto Soeparno. Nilai-nilai perusahaan tersebut telah membawa JNE meraih penghargaan-penghargaan bergengsi karena konsisten melayani masyarakat.

Bertempat di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Mohamad Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE dianugerahi penghargaan CBF Indonesia Achievement Awards 2023 untuk kategori Best Performance Chief Executive Officer 2023 In Encouraging Corporate Culture Implementation To Through Provide Quality Logistic Services.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Jahja B. Soenarjo – Pendiri dan Ketua Umum CEO Business Forum Indonesia didampingi Muhamad Ihsan – CEO & Chief Editor Warta Ekonomi Group dan disaksikan oleh Dr. Tanri Abeng, M.B.A – Rektor Tanri Abeng University selaku perwakilan dewan juri. Penghargaan diterima oleh JNE diwakili Marsudi, Head Regional Jateng-DIY yang pada malam penganugerahan mengenakan pakaian adat jawa lengkap.

Malam apresiasi CBF Indonesia Achievement Awards merupakan rangkaian kegiatan CEO Insight 2023-2024. Acara ini merupakan hasil kerjasama Warta Ekonomi dan CBF (CEO Business Forum) Indonesia.

Dokumentasi JNE
Dokumentasi JNE
Berlangsung pada pagi hari di tempat yang sama, CEO Insight 2023-2024 menghadirkan beberapa narasumber salah satunya adalah Dr. Agustomi Masik, M.Dev.Plg selaku Direktur Perencanaan Makro Ibu Kota Negara yang menyampaikan peran sektor swasta dalam percepatan pembangunan IKN.

Pada malam yang sama Ninil Indrasari, Branch Manager JNE Surabaya menerima penghargaan SDG (Sustainable Development Goals) Award 2023 dalam acara AMA Leadership Summit bertema "Indonesia Leading The Way' di Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya.

AMA (Asosiasi Manajemen Indonesia) adalah organisasi Asosiasi profesional Manajemen skala Nasional yang telah berdiri sejak 1990. Ninil hadir dengan didampingi oleh Armi Muriko selaku Head Sales Regional JTBNN bersama Adhitya Rizki Wardhana, Branch Manager JNE Sidoarjo serta Fikri Al Haq Facryana, Branch Manager JNE Medan.

JNE memperoleh penghargaan SDG Award 2023 kategori Jasa Pengiriman dan Logistik. Penghargaan ini diberikan karena JNE dinilai telah berhasil menjalankan program CSR yang tidak hanya terbatas pada konsep lingkungan, tetapi juga terkait ekonomi. Salah satunya adalah  bagaimana bisa membangun masyarakat sejahtera dalam konteks komunitas.

Dokumentasi JNE
Dokumentasi JNE
Mohamad Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE mengungkapkan rasa syukur karena JNE kembali menerima penghargaan. 

“Penghargaan ini tidak semata-mata pencapaian perusahaan, namun juga buah dari kerja keras manajemen dan karyawan serta dukungan seluruh pelanggan dan masyarakat.   Semoga penghargaan yang diraih ini menjadi motivasi agar JNE terus maju dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.”  

JNE memiliki komitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat maupun lingkungan sekitar. Hal ini ditunjukkan melalui dukungan JNE terhadap dunia pendidikan, seni, budaya maupun olahraga di seluruh Indonesia. “Harapan kami dimana JNE berada maka akan terbangun ekosistem yang baik sehingga memberikan dampak positif salah satunya pertumbuhan ekonomi” pungkas Feriadi. 

Selain dua penghargaan yakni CBF Indonesia Achievement Awards 2023  dan SDG (Sustainable Development Goals) Award 2023,  JNE juga mendapatkan penghargaan Courier Of The Year di Indonesia Logistic Award 2023 yang diselenggarakan Supply Chain Indonesia

Penghargaan diberikan langsung oleh Prof. Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph.D., IPU selaku Ketua Dewan Juri Indonesia Logistics Awards 2023 kepada M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE yang diwakilkan kepada Kurnia Nugraha, selaku Media Communication Department Head di Hotel Harris Kelapa Gading, Jakarta, pada Kamis 12 Oktober 2023.

Acara yang diselenggarakan oleh Supply Chain Indonesia adalah sebagai ajang apresiasi bergengsi nasional yang diberikan kepada individu, perusahaan, dan institusi yang menunjukkan prestasi dan kinerja yang unggul serta berkontribusi penting dalam perkembangan logistik nasional. 

Selain mendukung berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan perusahaan logistik dan ekspedisi di Indonesia yang berhasil membangun kinerja yang kuat dengan melakukan strategi bisnis yang baik.

M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan istimewa ini. “Mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, kami mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya kepada Supply Chain Indonesia sebagai penyelenggara atas penghargaan Courier of The Year.   

“Semoga penghargaan yang diraih ini menjadi motivasi manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima dan melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis.”

Sumber : Dokumentasi JNE
Sumber : Dokumentasi JNE
Dalam menjalankan berbagai kegiatan di perusahaan, kami selalu mengusung semangat ”Connecting Happiness” dan prinsip Berbagi, Memberi dan Menyantuni. Makna dari prinsip tersebut adalah dapat memberikan manfaat bagi kehidupan banyak orang, karyawan maupun masyarakat. 

Hal ini diwujudkan dengan program kolaborasi yang diselenggarakan untuk masyarakat luas sebagai dukungan nyata di bidang sosial, olahraga, budaya, sampai dengan program acara edukatif untuk pemberdayaan komunitas maupun UMKM.

Komitmen JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional, untuk berkontribusi secara nyata selama 33 tahun terhadap kemajuan perekonomian Bangsa serta Negara, diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis yang dapat menjadi peluang bagi masyarakat. 

Pengembangan bisnis terus dilakukan dengan meningkatkan berbagai sektor penting agar JNE memiliki kualitas pelayanan terbaik, sehingga dapat selalu bermanfaat bagi seluruh stakeholder, pelanggan, maupun para mitra, tutup Feriadi.  

Wajar bila jasa ekspedisi ini mengusung tagline JNE Bangkit Bersama karena ia memang telah berkontribusi memajukan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan UMKM. Tak heran bila JNE meraih berbagai penghargaan bergengsi setiap tahunnya karena kontribusi yang diberikan. 

Harapannya, penghargaan-penghargaan itu  melecutkan semangat JNE agar selalu membawa kebahagiaan bagi masyarakat umum hingga UMKM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun