Mohon tunggu...
Mutia Cahyaningtias
Mutia Cahyaningtias Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Etika Media dalam Iklan Minuman Anak, Pentingnya Perhatian dalam Meningkatkan Kepedulian Masyarakat

30 Juni 2024   18:36 Diperbarui: 7 Juli 2024   11:48 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi by Pinterest Michael Ayomide 

Pernahkah kamu melihat iklan yang begitu menarik, membuatmu ingin tahu lebih lanjut tentang produknya? Iklan tersebut behasil! Dan itulah tujuan utama dari advertising, atau periklanan. Advertising adalah praktik dan strategi untuk menyampaikan pesan persuasif tentang suatu produk, layanan, merek, atau bahkan ide. Iklan bagaikan jendela ajaib yang membuka gerbang menuju dunia penuh warna, cerita menarik, dan pesan persuasif. Lebih dari sekadar gambar, video, atau jingle yang memikat, iklan merupakan strategi komunikasi yang dirancang untuk menarik perhatian, menanamkan kesadaran, membangun citra merek, dan mendorong tindakan.

Perjalanan kita dalam dunia iklan dimulai dengan menarik perhatian. Iklan yang baik harus mampu memikat target audiens, membuat mereka berhenti sejenak dan memperhatikan pesan yang disampaikan. Hal ini dapat dicapai melalui berbagai cara, seperti menggunakan visual yang menarik, musik yang catchy, atau cerita yang menggugah emosi.

Setelah perhatian tertuju, iklan selanjutnya berusaha untuk menanamkan kesadaran. Iklan dapat digunakan untuk mengenalkan produk atau layanan baru kepada masyarakat, atau mengingatkan mereka tentang produk yang sudah ada. Hal ini penting untuk membangun familiaritas dan meningkatkan peluang pembelian di masa depan.

Periklanan telah menjadi elemen kunci dalam mempromosikan berbagai produk, termasuk minuman anak-anak. Namun, strategi periklanan untuk segmen ini memerlukan pendekatan yang khusus dan hati-hati. Anak-anak, sebagai konsumen yang masih dalam masa perkembangan, sangat rentan terhadap pengaruh iklan. Oleh karena itu, memahami cara terbaik untuk menjangkau dan mempengaruhi mereka tanpa mengorbankan etika dan kesehatan menjadi sangat penting. Artikel ini akan membahas berbagai aspek penting dalam analisis metode advertising untuk minuman anak-anak, mulai dari pemahaman pasar dan konsumen hingga evaluasi efektivitas kampanye iklan.

Pemilihan media yang tepat juga sangat penting dalam iklan minuman anak. Misalnya, iklan minuman anak sering ditampilkan di televisi, koran, dan majalah anak-anak. Strategi ini efektif dalam mencapai target pasar yang spesifik dan meningkatkan kesadaran terhadap produk minuman anak.

Iklan minuman anak di televisi dan media digital memiliki beberapa perbedaan efektivitas yang perlu dipertimbangkan dalam strategi periklanan. Berikut adalah beberapa perbedaan yang signifikan. Kendati TV masih dominan dalam memberi jangkauan jumlah audience, tapi media digital memiliki kelebihan lain seperti audience engagement untuk segmen yang usianya lebih muda. Para pemasar perlu jeli memanfaatkan media digital yang sesuai dengan produk yang menjadi target market. Mekanisme monitoring atau evaluasi hasil dari iklan televisi lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan iklan digital.

TV placement dapat mencapai audiens yang berbeda dari berbagai usia, gender, lingkungan sosial dan ekonomi, atau latar belakang. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengarahkan iklan yang sesuai dengan target audiens yang diinginkan, sehingga meningkatkan efektivitas promosi brand. Iklan anak-anak terutama iklan makanan dan minuman untuk anak-anak di televisi adalah salah satu tayangan di media yang sering menerima kritik seperti iklan yang tidak punya etika, karena melanggar prinsip keadilan, karena tujuan utama periklanan adalah memberikan informasi yang nantinya adalah untuk membujuk agar terjadi pembelian.

Iklan minuman anak-anak merupakan elemen penting dalam strategi pemasaran perusahaan minuman. Iklan-iklan ini dirancang untuk menarik perhatian anak-anak dan memengaruhi preferensi mereka terhadap produk tertentu. Namun, di balik strategi marketing yang menarik, terdapat beberapa aspek yang perlu dianalisis lebih dalam mengenai iklan minuman anak-anak. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan.

Target Audiens dan Daya Tarik Iklan

Iklan minuman anak-anak biasanya menggunakan karakter kartun, animasi, dan jingle yang menarik untuk menarik perhatian anak-anak. Warna-warna cerah, humor, dan pesan yang positif juga sering digunakan untuk membangun citra produk yang menyenangkan dan ramah anak. Anak-anak sangat tertarik pada visual yang cerah, karakter kartun, dan animasi. Desain kemasan dan iklan yang menggunakan warna-warna mencolok dan karakter lucu dapat menarik perhatian anak-anak dengan cepat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun