Sistem Pengendalian Manajemen pada PT Indosat Tbk
PT Indosat Tbk adalah salah satu perusahaan penyelenggara jasa telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan selular prabayar dan pascabayar dalam skala nasional. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1967 berdasarkan Undang-Undang Penanaman Modal Asing No. 1 Tahun 1967 dan telah mengalami berbagai perkembangan yang signifikan sejak itu. Visi PT Indosat Tbk adalah menjadi penyelenggara jaringan dan telekomunikasi terpadu berfokus seluler/wireless yang terkemuka di Indonesia. Untuk mencapai visi tersebut, perusahaan memiliki misi untuk menyediakan dan mengembangkan produk, layanan, dan solusi yang inovatif dan berkualitas, serta meningkatkan nilai pemegang saham dan kualitas kehidupan pemangku kepentingan
Profil Sejarah Singkat Perusahaan
PT Indosat Tbk didirikan pada tahun 1967 berdasarkan Undang-Undang Penanaman Modal Asing No. 1 Tahun 1967. Awalnya, perusahaan ini didirikan berdasarkan akta notaris Mohamad Said Tadjoedin, S.H. No. 55 tanggal 10 November 1967 di Negara Republik Indonesia. Pada tahun 1980, perusahaan dijual oleh American Cable and Telecommunications Corporation kepada Pemerintah Republik Indonesia dan menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan ini kemudian melakukan penawaran umum perdana di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Efek New York pada tahun 1994, menjadikan Indosat sebagai BUMN pertama yang sahamnya tercatat di pasar modal Indonesia dan Amerika Serikat. Seiring dengan deregulasi industri telekomunikasi di Indonesia, Indosat mulai mengembangkan bisnisnya di sektor selular dan melakukan sejumlah akuisisi dan mengintegrasikan beberapa perusahaan operator selular
Visi, Misi, dan Tujuan
Visi PT Indosat Tbk adalah menjadi penyelenggara jaringan dan telekomunikasi terpadu berfokus seluler/wireless yang terkemuka di Indonesia. Misi perusahaan adalah menyediakan dan mengembangkan produk, layanan, dan solusi yang inovatif dan berkualitas, serta meningkatkan nilai pemegang saham dan kualitas kehidupan pemangku kepentingan.
Tata Nilai Perusahaan
Nilai perusahaan pada PT. Indosat dikenal dengan sebutan INSANGEMILANG, terdiri dari enam nilai utama. Pertama, INtegritas, menjunjung tinggi kejujuran, loyalitas, tanggung jawab, dan dedikasi. Kedua, KerjaSAma, mengembangkan sikap saling percaya dan saling membantu dan memberikan seluruh keahlian untuk menghasilkan kinerja terbaik bagi perusahaan. Ketiga, KeuNGgulan, setiap insan Indosat hendaknya mempunyai komitmen untuk memberikan yang terbaik. Keempat, KEMItraan, mitra yang professional, produktif dan saling menguntungkan. Kelima, INnovasi, berupaya untuk mengembangkan inovasi dan teknologi yang terbaru. Keenam, Kualitas, berupaya untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang disediakan
Struktur Organisasi Perusahaan
PT Indosat Tbk menerapkan struktur organisasi fungsional yang jelas dan terstruktur, serta melakukan perencanaan strategis dengan melibatkan seluruh divisi dan cabang perusahaan. Struktur organisasi ini membantu memastikan bahwa perusahaan dapat beroperasi secara efektif dan efisien. Perusahaan juga menerapkan sistem pengukuran kinerja yang komprehensif untuk memastikan pencapaian tujuan strategisnya, dengan memperhatikan indikator keuangan, kepuasan pelanggan, kualitas jaringan, efisiensi operasional, dan inovasi
Struktur organisasi PT Indosat Tbk terdiri dari beberapa bagian, termasuk:
1. Direktur Utama
 Bertanggung jawab mengelola segala aspek perusahaan untuk memastikan operasional berjalan efektif dan menguntungkan.
2.Wakil Direktur Utama
 Membantu direktur utama dalam menangani perusahaan.
3.Chief Financial Officer
 Melakukan pengembangan dan pengimplementasian strategi keuangan Indosat, serta memberikan saran kepada setiap unit dan fungsi korporasi perihal rencana keuangan dan model ekonomi mereka
4.Chief Commercial Officer
Melakukan pengembangan dan pengimplementasian strategi komersial bagi Consumer Wireless, serta memimpin pengembangan strategi SBU "Consumer Broadband".
Penganggaran dan Keuangan
PT Indosat Tbk memiliki penganggaran dan keuangan yang terstruktur dan terencana. Perusahaan ini melakukan perencanaan strategis dengan melibatkan seluruh divisi dan cabang perusahaan untuk memastikan bahwa penganggaran dan keuangan perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Perusahaan juga menerapkan sistem pengukuran kinerja yang komprehensif untuk memastikan pencapaian tujuan strategisnya, dengan memperhatikan indikator keuangan, kepuasan pelanggan, kualitas jaringan, efisiensi operasional, dan inovasi
Perencanaan Strategis dan Operasional
PT Indosat Tbk memiliki perencanaan strategis dan operasional yang terstruktur dan terencana. Perusahaan ini melakukan perencanaan strategis dengan melibatkan seluruh divisi dan cabang perusahaan untuk memastikan bahwa perencanaan strategis dan operasional perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Perusahaan juga menerapkan sistem pengukuran kinerja yang komprehensif untuk memastikan pencapaian tujuan strategisnya, dengan memperhatikan indikator keuangan, kepuasan pelanggan, kualitas jaringan, efisiensi operasional, dan inovasi
Pelaksanaan dan Pengukuran Kinerja
PT Indosat Tbk memiliki pelaksanaan dan pengukuran kinerja yang terstruktur dan terencana. Perusahaan ini melakukan pelaksanaan dan pengukuran kinerja dengan memperhatikan indikator keuangan, kepuasan pelanggan, kualitas jaringan, efisiensi operasional, dan inovasi. Perusahaan juga menerapkan sistem pengukuran kinerja yang komprehensif untuk memastikan pencapaian tujuan strategisnya
Pengawasan dan Evaluasi Kinerja
PT Indosat Tbk memiliki pengawasan dan evaluasi kinerja yang terstruktur dan terencana. Perusahaan ini melakukan pengawasan dan evaluasi kinerja dengan memperhatikan indikator keuangan, kepuasan pelanggan, kualitas jaringan, efisiensi operasional, dan inovasi. Perusahaan juga menerapkan sistem pengukuran kinerja yang komprehensif untuk memastikan pencapaian tujuan strategisnya
Dengan demikian, sistem pengendalian manajemen PT Indosat Tbk sangat penting dalam mencapai tujuan strategisnya. Sistem ini membantu para manajer dalam menjalankan organisasi ke arah tujuan strategisnya dan memastikan operasional berjalan efektif dan menguntungkan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI