1.FilsafatÂ
Filsafat  adalah  berpikir  dan  merasa sedalam-dalamnya terhadap segala sesuatu sampai kepada inti persoalan. Kata filsafat berasal  dari  kataPhiloyang  berarti  cinta, dan  kata Sophosyang  berarti  ilmu  atau hikmah.  Dengan  demikian,  filsafat  berarti cinta terhadap ilmu atau hikmah. Poerwantara mengemukakan filsafat berarti alam  pikiran  atau  alam  berpikir.  Namun, tak  semua  berpikir  berarti  berfilsafat. Karena  berfilsafat  adalah  berfikir  secara mendalam  dan  sungguh-sungguh.
Filsafat adalah induk segala ilmu yang mempunyai obyek  material dan  obyek  formal,  obyek materialnya  adalah  akal  sedangkan  obyek formal  ilmu  filsafat  adalah  kebenaran, kebaikan dan keindahan secara berdialektika.Dalam  penelitian,  kata  objek  itu  adalah sesuatuyang  menjadi  pokok  pembicaraan.Dalam penjebarannya objek tersebut terdiri dari objek material dan objek formal.Objek mateial dari suatu disiplin ilmu pengetahuan,  ini bisa saja sama dan saling berhubungan antara satu ilmu dengan ilmu yang lain,  sebagai contoh ilmu kedokteran, antropologi,   psikologi ilmu  sejarah dan sosiologi.Ilmu sejarah yang sama-sama membahas manusia sebagai objek materialnya.   Jadi kadang  disebut  sebagai ilmu-ilmu kemanusiaan.  Setiap pemikiran manusia   berpotensi   ada   sejarah   di dalamnya,  selalu  dikaitkan  dengan  pola kebudayaanyang melingkupinya.  Sejarah filsafat adalah laporan suatu peristiwa yang berkaitan  dengan  pemikiran  filsafat. mulai dari  zaman  pra Yunani  hingga  zaman modern.Peristiwa  munculnya filsafat di Yunaniterbilang  peristiwa  unik  dan  ajaib.Â
Hal  itu dipengaruhi   oleh   banyak   faktor   yang mendahului dan seakan-akan memersiapkan  lahirnya  filsafat  di  Yunani Kuno. Dalam  hal  ini  K.  Bettens  (1990) menyebutkan  ada  tiga  faktor5(a)  Mitos bangsa  Yunani.  Yunani  memiliki  banyak mitologi.   Mitologi   lebih   dahulu   dari filsafat.  (b).  Kesusastraan  Yunani.  Karya puisiHomeros,adalah  puisi  yang sangat digemari rakyat untuk mengisiwaktu luang dan  sekaligus  memilikinilai edukatif". (c) Pengaruh Ilmu Pengetahuan. Orang Yunani tentu  berutang  budi  kepada  bangsa  lain dalam  menerima  beberapa  unsur  ilmu pengtahuan.  Seperti  ilmu  ukur  dan  ilmu hitung   sebagian   berasal   dari   Mesir. Pengaruh  Babilonia  dalam  perkembangan ilmu  Astronomi  di  negeri  Yuanani.  Baru pada  bangsa  Yunanilah  didapatkan  ilmu pengetahuan  yang  bercorak  dan  sungguh-sungguh ilmiah"6Filsafat   budaya   memiliki   keunikan,  karena  beberapa  unsur  pembahasannya terkait dengan bidang studi lainnya, seperti filsafat sejarah, antropologi, sosiologi, dan psikologi.Masing-masing dari bidang studi tersebut  dapat  dijadikan  sebagai  penopang dalam  menjelaskan  filsafat  budaya.  Salah satu   faktor   mengapa   filsafat   budaya semakin   diminati, karena   banyaknya kejadian  besar  yang  telah  terjadi  di  dunia ini,  yang  selanjutnya  memberikan  andil dalam perubahan pola kehidupan manusia.Filsafat   budaya   berusaha   menganalisa unsur-unsur budaya beserta kaidah-kaidahnya, struktur, derajat, dan nilai-nilai yang  mengiringinya.  Meskipun  filsafat budaya ini lahir di abad 20, namunakarnya telah  ada  pada  masa  Socrates  dan  bahkan sebelumnya. Salah satu cabang penting dari filsafat budaya, adalah filsafat antarbudaya berakar  dari  budaya  yang  berbeda-beda serta  mengakui  realitas  keragaman  budaya tersebut sebagai   langkah   membangun proses kerja-sama dan dialog yang disertai dengan kesepemahaman pemikiran.
2.Kebudayaan
Kebudayaan  merupakan  hasil  interaksi kehidupan   bersama.   Manusia   sebagai anggota  masyarakat  senantiasa  mengalami perubahan-perubahan. Suatu gerakkonjungsi  atau  perubahan  naik  turunnya gelombang  kebudayaan  suatu  masyarakat dalam   kurun   waktu   tertentu   disebut dinamika   kebudayaan.   Dalam   proses perkembangannya,  kreativitas  dan  tingkat peradaban  masyarakat  sebagai  pemiliknya sehingga  kemajuan  kebudayaanyang  ada pada   suatu   masyarakat   sesungguhnya merupakan  suatu  cermin  dari  kemajuan peradaban masyarakat tersebut.Perbedaan mendasar yang menempatkan manusia  sebagai  makhluk  yang  tertinggi adalah  manusia  memiliki  budi  atau  akal pikiran  sehingga  manusia  menjadi  satu-satunya  makhluk  hidup  yang  memiliki kemampuan  menciptakan  hal-hal  yang berguna  bagi  kelangsungan  kehidupannya (makhluk   berbudaya).  Â
Manusia   harus beradaptasi  dengan  lingkungannya  untuk mengembangkan  pola-pola  perilaku  yang akan membantu usahanya dalam memanfaatkan lingkungan demi kelangsungan   hidupnya.   Manusia   juga membuat  perencanaan-perencanaan  untuk memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan.  Semua  yang  dihasilkan  dan diciptakan  oleh  manusia  dalam  memenuhi berbagai  kebutuhan  hidup  itu  disebut kebudayaan.Gazalba  (1979  :  72)  mendefenisikan kebudayaan sebagai "cara berfikir dan cara merasa,(kebudayaan   bathiniah) yang menyatakan   diri   dalam   seluruh   segi kehidupan   sekelompok   manusia,   yang membentuk  kesatuan  social  dalam  suatu ruang dan satu waktu".Ketika berbicara mengenai budaya, kita harus   mau   membuka   pikiran   untuk menerima kritikan  dan banyak  hal  baru. Budaya   bersifat   kompleks,   luas   dan abstrak.  Budaya  tidak  terbatas pada  seni yang biasa dilihat dalam gedung kesenian atau  tempat  bersejarah,  seperti  museum. Tetapi, budaya merupakan suatu pola hidup menyeluruh.   Budaya   memilikibanyak aspek   yang  turut  menentukan  prilaku komunikatif. Kebudayaan sebagaikontradiksi antara immanensi dan transendensi dapat dipandang sebagai ciri khas  dari  kehidupan  manusia  seluruhnya.
Arus alam itu berlangsung terus dalam diri manusia,  tetapi  di  sini  nampak  suatu dimensi  baru.  Manusia  tidak  membiarkan diri  begitu  saja  dihanyutkan  oleh  proses-proses alam,  ia  dapat  melawan  arus  itu,  ia tidak  hanya  mengikuti  dorongan  alam, tetapi juga suara hatinya. Kebudayaan  dewasa  ini  dipengaruhi oleh   perkembangan   yang   pesat,   dan manusia  modern   sadar   akan   hal   ini. Kesadaran  ini  merupakan  suatu  kepekaan yang  mendorong  manusia agar  dia secara kritis  menilai  kebudayaan  yang  sedang berlangsung.  Dan  untuk  bisa  dicapai  hasil ini,  harus  memiliki  gambaran  yang  lebih jelas mengenai perkembangan kebudayaan dewasa  ini.  Untuk  bisa  diketahui  hasil gabaran  tersebut,  manusia  perlu  melihat perkembangannya  sendiri latar  belakang tahapankebudayaan  dulu. Adapun  tahap-tahap dalam perkembangankebudayaan, di bagi  menjadi  tiga  tahap,  ialah  :  tahap mitis ,tahap   ontologis, dan   tahap fungsionil. Pentingnya kebudayaan untuk mengembangkan  suatu  pendidikan  dalam budaya nasional mengupayakan, melestarikan  dan  mengembangkan  nilai budaya-budaya  dan  pranata  sosial  dalam menunjang   proses   pengembangan   dan pembangunan  nasional  serta  melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa.
Kebudayaan  merupakan  warisan  sosial, seperti  bahasa,   dapat  dipindahkan  dari generasi  ke  generasi  selanjutnya.  Menurut Koentjaraningrat dalam  Mattulada(1997)kebudayaan  itu  memilki  tiga  wujud,  yaitu wujud  kwbudayaan  (1)  sebagai  suatu kompleks  ide-ide,  gagasan-gagasan,  nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya, (2) sebagai kompleks aktivitas kelakuan  berpola  dari  manusia  dalam masyarakat, (3)  sebagai  benda-benda  hasil karya  manusia.. Sedangkan  unsur-unsur kebudayaan   secara   universal   sebagai berikut; (a)  sistem  universal religi  dan upacara keagamaan (b)organisasi kemasyarakatan,   (c)   pengetahuan,   (d) bahasa, (e) kesenian, (f) mata pengcaharian hidup, (g) teknologi dan peralatan.13Kebudayaan  masyarakat,  itu bersumber pada  masyarakat  itu  sendiri.  Hasil  karya masyarakat   melahirkan   teknologi   atau kebudayaan  kebendaan  yang  mempunyai kegunaan utama dalam melindungi masyarakat terhadap lingkungan di dalamnya.Hubungan antara Filsafat dan kebudayaan.Apabila   dibandingkan defenisi  kebudayaan  dan  defenisi  filsafat, bertemu   dalam   hal   berfikir.   Filsafat merupakan caraatau  metode  berfikir sistematik  dan  universal  yang  berujung pada  setiap  jiwa,  sedangkaan  kebudayaan merupakan salah satu hasil berfilsafat yang termanifestasi  pada  cipta,  rasa,  dan  karsa sikap   hidup   dan   pandangan   hidup (Gazalba).   Dengan   demikian,   jelaslah filsafat   mengendalikan   cara   berfikir kebudayaan. Di balik kebudayaan ditemukan filsafat.
3.Hubungan Budaya dengan Sastra
Kebudayaan merupakan karya  Sastra hasil karya dari individu, hanya saja objek yang  disampaikan  tidak  akan  terlepas  dari kebudayaan dan kehidupan sosial masyarakat.  Karya  sastra itu  tidak  pernah tercipta dari kekosongan. Budaya dan sastra memilikiketergantungan  satu  sama  lain.  Sastra sangat  dipengaruhi  oleh  budaya,  sehingga segala hal yang terdapat dalam kebudayaan akan tercermin didalam sastraProsa, yang termasuk dalam sastra. terkadang disebut-sebut  sebagai  narrative  fiction,  prose fiction,  atau  hanya  fiction  saja.    Jika kebudayaan  adalah  sistem  yang  mengatur interaksi  manusia  didalam  masyarakat, sastraadalah  suatu  sistem  yang  berfungsi sebagai  sarana  berlangsungnya  interaksi. Sebagai  contoh, Kesusastraan  Indonesia menjadi  potret  sosial  budaya  masyarakat Indonesia.   Tidak   jarang,   kesusastraan Indonesia mencerminkan perjalanan serjarah  Indonesia,  kegelisahan  kultural dan manifestasi pemikiran Bangsa Indonesia.  Misalnya,  kesusastraan  zaman Balai  Pustaka  (1920-1933).  Karya-karya sastra pada zaman itu menunjukan problem kultural ketika Bangsa Indonesia dihadapkan  pada  budaya  Barat. Â