Mohon tunggu...
Mustiana
Mustiana Mohon Tunggu... Penerjemah - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penulis dan penyuka traveling

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Ini Rasanya Terjebak di Tempat Tenggelamnya Kapal Maut di Toba

18 Juni 2019   19:56 Diperbarui: 18 Juni 2019   20:02 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dari pelabuhan kita meniatkan diri untuk makan siang karena jarum jam terus bergerak dan sudah lewat tengah hari pula. Perut makin melilit tapi apa daya, kita harus sampai dulu di pusat kota Pangururan untuk mendapatkan pilihan makanan halal. Sebab, di seluruh pinggiran jalan cuma ada babi anjing babi anjing dan begitu seterusnya. 

Setelah setengah jam, akhirnya kita sampai juga di pusat kota. Kesadaran saya sudah hampir hilang, mau pingsan rasanya setengah hari terpanggang di jalanan Samosir motoran meski berudara sejuk tetap saja tenaga terkuras banyak. 

Mutar muter entah lah si opung yang satu ini mau bawa ke mana ku tak tahu. Akhirnya, saya putuskan dengan tegas karena semakin tidak jelas untuk berhenti di rumah makan padang. Si opung Sitorus tentu saja lahap makan sementara saya sekuat tenaga menelan ayam besar nan keras yang terhidang di hadapan saya. 

Dari sini, saya berpikir mau kemana lagi setelah sebelumnya opung sitorus menolak untuk mengantarkan saya ke padang sabana Pusuk Buhit. Alasannya jauh dan di itu juga katanya ga boleh sembarangan karena tempat itu lokasi orang-orang semedi. Padahal saya sebenarnya sudah memaksa agar dia mau singgah sebentar ke sana tapi sia-sia dia tak mau. 

Dokpri
Dokpri
Habis dari sini opung sitorus mengajak saya ke Danau Sidihoni. Unik ya, ada danau di dalam danau. Jalan yang dilalui terjal dan berkerikil jadi kita musti ekstra hati-hati. Bukan cuma itu kondisi jalanan pun sepi saya curiga destinasi ini pasti sepi dan benar saja. Saya cuma berdua dengan opung sitorus bersama kambing-kambing yang dibiarkan lepas mengembek. 

Hingga di suatu kali, ada gerombolan anak-anak datang bergerombol. Saya yang enggak mau jadi garing mengajak mereka berfoto, tak tanggung-tanggung sambil loncat. 

Opung pun saya ajak untuk foto melompat meski hasilnya fotonya blur wkwkwkwkw... Kami cukup senang menghabiskan waktu disini meski tak ada yang menarik di wisata ini, cuma kehangatan khas masyarakat daerah bikin saya betah. Sepulang dari Toba saya baru tahu ternyata danau ini rupanya penuh muatan mistis. Untung saya enggak kesurupan gara-gara main loncat-loncatan hahaha. 

Dokpri
Dokpri
Dari danau sidihoni, opung sitorus mengajak saya ke aer anget, wisata pemandian air hangat yang letaknya tak jauh dari pusat kota. Bayar masuknya cuma Rp 15 ribuan aja dan kita bisa pilih mau mandi di tempat mana bebas aja. Jadi tempat pemandiannya itu kayak kolam pemandian bersama, ada juga yang berupa bilik-bilik. 

Tapi saya gak punya rencana mandi karena gak bawa salin juga dan siapa juga yang mau mandi di jam 2 siang bolong panas menyengat kalau enggak mau gosong kebakar. Makanya saya cuma mengintip saja dan balik kanan, padahal asik sih kalau pagi-pagi mandi air hangat yang alami ini. 

Dari pemandian, si opung sibuk melihat-lihat destinasi wisata baru di selebaran kertas yang dibagikan. Namanya Pantai Air Tawar Batu Hoda, saya mengintip dan kayaknya memang full dengan spot-spot instagramble. Tapi sebenarnya kita tidak memutuskan ke sana awalnya malah mau ke pantai pasir putih yang ternyata tersebar di sepanjang jalan. Usut boleh usut juga ternyata pantai itu dimiliki oleh warga pemilik sana di sana jadi mereka berlomba-lomba membuka pantai di depan rumah mereka. Karena saya bingung mau pilih yang mana dan kelihatannya tidak semuanya bagus maka saya putusin aja untuk ke tempat di selebaran flyer itu. 

Sampai di sana ternyata pantai ini tergolong baru dan dikelola oleh pemda setempat jadi kelihatan lebih profesional. Menurut saya, pengelola lumayan jeli memanfaatkan segala yang serba instragramable jadi beberapa spot ciamik banget bersanding dengan latar pegunungan di Samosir meski pantainya tidak terlalu mengkilap dan jernih. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun