Apa yang Anda pikirkan tentang atasan Anda di kantor, apakah dia ekstrovert atau introvert? Apakah dia kompeten di jabatannya?
Mari kita sandingkan jawaban Anda dengan data dan hasil studi berikut ini.
Sebuah kajian yang dilakukan pada empat ribu manajer, menunjukkan bahwa sebagian besar dari manajer adalah orang-orang yang memiliki nilai "sangat tinggi" pada ekstroversi.
Semakin tinggi jabatannya, semakin besar tingkat ekstroversinya. 60% dari eksekutif puncak memiliki nilai "sangat tinggi" pada ekstroversi.
Sebuah kajian lain mengatakan bahwa secara positif, ekstroversi berkaitan dengan kepuasan karier, tingkat gaji, dan jumlah kenaikan jabatan yang diterima dalam karier seseorang.
Dari data-data tersebut, adalah suatu hal yang wajar jika atasan Anda adalah seorang ekstrovert. Kebanyakan leader adalah seorang ekstrovert.
Mari kita jawab pertanyaan berikutnya.
Apakah seseorang dipilih sebagai pemimpin karena kompetensinya?
Mari kita sejenak kembali ke masa sekolah atau kuliah. Ketika pertama kali berkenalan dengan teman-teman sekelas Anda, siapa yang akan dipilih menjadi ketua kelas?
Mereka yang tampak paling aktif berbicara di forum akan menjadi kandidat kuatnya. Maka, demikian juga di kantor.
Data menunjukkan bahwa Anda tidak perlu benar-benar memiliki lebih banyak pengetahuan untuk dipandang sebagai seorang pemimpin. Hanya dengan bicara lebih dahulu dan lebih sering - perilaku yang sangat ekstrover - orang akan dilihat sebagai pemimpin.