Tentu butuh riset atau survey lebih khusus, Â untuk benar-benar bisa menyatakan tergerusnya posisi kue-kue kering lebaran di Lombok dari meja tamu. Namun, Â survey sederhana bisa dipraktikkan. Silaturahmi random ke-10 rumah teman beda jaman, Â misal, mulai dari teman SD sampai teman kerja. Â Judul yang saya pilih, Â relatif bisa menggambarkan kondisi jaman now.Â
Keluarga besar saya pribadi, Â mulai bisa terhitung jari, Â yang sungguh menjaga tradisi. Wah, Â kalimatnya berima 'i'. Â Tapi iya, begitulah yang benar terjadi. Keseruan membuat bulatan-bulatan kecil merata dari kue Keciput sudah sangat jarang. Juga kesabaran mengajarkan, cara meliukkan satu cetakan Jaje Tarek, Â agar tampak seragam. Tidak tipis, Â tidak tebal. Pas. Digoreng di minyak dengan tingkat panas yang terjaga, Â dua kilo Jaje Tarik bisa awet sampai berbulan-bulan jika disimpan dengan baik.Â
Keciput dan Jaje Tarek, keduanya bisa diolah dari tepung beras atau beras ketan. Semakin baik kualitas berasnya, Â semakin lezat pula setiap kriuk dari kunyahan. Keciput, Â masih pula diselimuti wijen, berbeda dengan Jaje Tarek yang serba minimalis. Bahan tambahan selain tepung, Â santan pati dari kelapa terbaik, Â sedikit garam, Â dan kesabaran serta ketelatenan menguleni perpaduan bahan, Â sampai siap dibulatkan (keciput) atau ditipiskan (Jaje Tarek) .Â
Dua proses yang pernah saya lakukan sendiri, Â baik bersama dua almarhumah nenek, Â juga Mamak (ibu). Â Wah, Â gara-gara menuliskan ini, mungkin sebaiknya saya juga perlu 'mewariskan' kenangan khusus ini kepada anak-anak saya.Â
Menurut saya, Â pemilihan jenis kue favorit lebaran yang terhidang, Â pengaruh subjektivitas dan FOMO dari batas kepatutan umum di lingkungan terdekat. Begini alasannya;Â
Pengaruh Subjektivitas
Di keluarga Indonesia yang sedang di posisi lebih sering berkunjung ke luar, Â baik karena pasangan paling muda, Â paling bungsu, Â paling si serba ndak berpunya, Â paling si gak enakeun (), koleksi kue lebih ke sekadar berjaga-jaga saja. Kepantasan, Â biar meja ruang tamu tidak kosong.Â
Akhirnya, Â terbeli set kue lebaran yang sedang tren. Â Umumnya, Â paling minimalis bisa terdiri dari 4 toples berbeda. Nastar, Â semprit kembang atau ulat, Â kacang asin dan Putri Salju. Empat nama contoh jenis kue atau cemilan, bisa berubah tergantung ketersedian paket.Â
Beda hal dengan keluarga yang justru menerima kunjungan. Mulai dari meja di teras, Â ruang tamu, Â ruang keluarga, Â teras belakang, Â bahkan sampai ke dapur, Â plating koleksi kue lebaran tersedia lengkap.Â
Standar umum, Â biasanya diletakkan di meja teras depan. Ruang tamu? Â Tentu yang serba terbaik, Â kue favorit tren terbaru, Â bahan premium. Ruang keluarga, Â mulai nyelip kue favoirt khas daerah utama darimana keluarga tersebut berasal. Teras belakang dan dapur, Â akan ada kaleng cookies warna biru atau wafer coklat, Â berisi peyek renyah gurih atau rengginang asin sampai manis.Â
FOMO Standar Kepatutan Umum
Di bagian ini, Â entah bagaimana tepatnya cara menuliskan, Â kerap muncul momen unik atau memalukan? Â Kita yang berani beda menyajikan kue favorit khas daerah, Â harus maklum dan pura-pura tertawa lucu, Â ketika ada anak-anak kecil di keluarga yang bertamu, Â mendadak manyun atau cemberut ketika melihat isian toples kue lebaran.Â
"Mah, Â koq gak ada nastarnya? Â Putri Saljunya juga gak ada.. Pulang saja yok..." Contoh kalimat rajukan manja anak-anak.Â
Akhirnya, Â demi menghindari momen ini, Â mau tak mau akhirnya membeli juga set kue kering lebaran yang sedang tren. Anak-anak, Â kadang bisa berubah jadi influencer paling berpengaruh.Â
"Teman-teman, Â jangan main ke rumah bude Muslifa deh. Kue lebarannya gak ada yang enak. Masa cuma ada kue kelereng sama Jaje Tarek. Mana enaaakkk... "
Lain anak-anak, Â lain pula omongan orang dewasa. 'Si Muslifa sok kedaerahan. Apa mahalnya si setoples Nastar, Â Putri Salju, Â Kastengel atau Semprit Bunga. Irit atau pelit sih... ' Rrrr...Â
Kue Favorit Lebaran, Â Yakin Ndak FOMO?Â
Terlepas dari subjektivitas atau FOMO, Â sebenarnya branding personal juga bisa dibangun dari rutinitas menyajikan satu kue favorit lebaran. Setiap tahun. Konsisten.Â
Saya punya teman SD. Â Gara-gara setiap lebaran ke rumahnya, Â selalu tersedia Kastengel home made, Â atau kue bolu lezat, Â pasangan ibu dan anak perempuan (teman saya) Â terkenal serta eksis sebagai ahli membuat kue home made enak. No debat. Sampai ia kini memiliki tiga anak yang beranjak dewasa, Â brand personalnya sebagai pembuat kue favorit lebaran lezat, Â menguat. Bahkan jadi bisnis sampingannya.Â
Jenis pembuat kue yang memiliki potensi besar untuk selalu repeat order. Kontinuitas, Â rasa enak yang terjaga, Â harga pun takkan pernah jadi masalah. Begitulah.Â
Jadi, Â selamat berlebaran. Selamat menikmati kue-kue favorit lebaran. Â Apapun alasan kita memilih jenis kue, Â pastikan kue favorit kita terselamatkan. Letakkan toplesnya agak sulit dijangkau tamu, Â kalau bisa, Â agak tertutupi. Paling aman, Â simpan di kamar, Â peluk sendiri setiap ngemil ditemani kopi atau teh favorit kita.Â
Minal 'aidin wal faizin (semoga termasuk orang-orang yang kembali dan menang), mohon maafkan saya lahir dan batin. InsyaAllah, Â saya pun memaafkan lahir serta batin, Â semua rekan penulis Kompasiana dimana pun berada. Tabik..Â
*Selong, Â 21 April 2023