Ada sebagian yang beranggapan bahwa belajar bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar tidak akan memberikan pengaruh terlalu besar terhadap kemapuan anak dalam berbahasa Inggris.Â
Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Belajar bahasa Inggris pada tingkat sekolah dasar akan memberikan banyak manfaat terhadap perkembangan anak dalam memahami bahasa asing terutama bahasa Inggris.
Antusiasme Belajar Bahasa Baru
Sebagai bahasa yang asing dan baru, keinginan anak-anak untuk mempelajari bahasa Inggris akan lebih tinggi. Tak jarang, sebagian besar siswa merasa tertarik untuk lebih dekat dengan bahasa Inggris. Ini terjadi karena keunikan bahasa Inggris. Keunikannya dapat dilihat dari bagaimana bahasa Inggris dilafalkan, ditulis dan diartikan. Pada tahap ini, sangat penting bagi seorang pendidik untuk meyakinkan pada setiap siswanya bahwa bahasa Inggris sangat mudah untuk dipelajari.
Momentum Periode intelektual
Sekolah dasar adalah waktunya! Pada jenjang ini, proses penyampaian ilmu akan lebih cepat dipahami. Anak-anak akan mulai bertanya, berfikir dan mencontoh seperti apa yang dicontohkan gurunya.Â
Proses transfer bahasa asing kepada anak-anak akan dimulai di tahap ini. Anak-anak akan diperkenalkan dengan kosa kata baru, cara melafalkan bahasa Inggris dengan benar dan mengetahui apa saja disekelilingnya dalam bahasa Inggris.
Waktu yang tepat untuk mengembangkan kemampuan berbahasa asing
Seiring dengan momentum periode intelektual, kemampuan berbahasa Inggris tiap anak akan perlahan terlihat jelas pada jenjang sekolah dasar. Lebih jauh lagi, hal ini akan memudahkan untuk menggiring bakat anak dalam berbahasa Inggris.Â
Karena pada jenjang sekolah dasar, sebagian besar anak-anak akan mampu menerima segala informasi yang mereka terima dengan baik. Pada tahap ini juga, akan lebih mudah untuk membentuk karakter anak dalam berbahasa asing.
Lebih siap belajar untuk jenjang yang lebih tinggi
Tak jarang ditemukan, siswa sekolah menengah yang masih tidak mengetahui bahasa Inggris, entah itu cara berbicara, membuat kalimat atau bahkan mengartikan suatu kata dalam bahasa Inggris.Â
Itu terjadi karena mereka tidak maksimal menerima pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Kasus ini akan berbanding terbalik apabila anak-anak sudah dibiasakan menerima dan mempraktekkan bahasa Inggris di tingkat SD.Â
Dari segi mental, anak-anak yang sudah menempuh pelajaran Bahasa Inggris sejak SD akan lebih siap dan dapat dengan mudah melanjutkan pelajaran bahasa Inggris yang lebih kompleks.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H