Mohon tunggu...
Mursyid Kamil Latif
Mursyid Kamil Latif Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Start with yourself, start with the smallest things, and start right now. Our life consists of a series of stories. Every journey has a beginning and an end to another journey. Just enjoy it.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tugas 1.3.a.3 -Imajiku Murid di Masa Depan, Kalimat Rumpang, Visi sebagai Guru Penggerak

28 September 2022   23:53 Diperbarui: 28 September 2022   23:59 18877
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Refleksi Mandiri 1: CGP membuat lukisan “Imajiku tentang murid di masa depan”.

Instruksi: “Imajiku tentang murid di masa depan”. Buatlah satu gambar mengenai murid yang Bapak/Ibu dambakan 5-10 tahun mendatang.

Saya mengajar di jenjang SMA, selanjutnya saya bercita-cita agar murid saya sebagai berikut:

-Murid saya adalah murid yang memiliki kesadaran yang utuh tentang keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, rajin beribadah, berdoa, dan selalu beraktivitas dengan penuh keyakinan dan keikhlasan.

-Murid saya adalah murid yang berkebhinekaan global, memiliki wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas, dapat mengakses berbagai sumber ilmu pengetahuan dunia, membuka diri terhadap perkembangan dunia internasional, serta bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan keberagaman budaya.

-Murid saya adalah murid yang mampu bergotong royong, dapat bekerja dan berkolaborasi dalam tim, serta suka membantu sesama.

-Murid saya adalah murid yang mandiri. Mereka mampu mengambil keputusan yang terbaik bagi dirinya, serta bertanggung jawab atas pilihannya tersebut untuk masa depan dirinya.

-Murid saya adalah murid yang bernalar kritis, memiliki daya pikir  dan analisis yang sangat baik dalam memproses suatu informasi dan menggunakan informasi tersebut sesuai kebutuhannya.

-Murid saya adalah murid yang kreatif, mampu memecahkan berbagai permasalahan, menjadi sumber solusi dan dampak yang bermanfaat baik bagi dirinya maupun orang lain.

-Sebagai tambahan, murid saya pada 5-10 tahun mendatang akan menjadi insan pembelajar yang senantiasa terus menerus mengaktualisasi dan mengembangkan dirinya, terus melakukan perbaikan diri dan melakukan perubahan kearah yang positif untuk keadaan sekitarnya.

Caption: Imagiku tentang Murid di Masa Depan (Koleksi Pribadi)
Caption: Imagiku tentang Murid di Masa Depan (Koleksi Pribadi)

Refleksi Mandiri 2: Melengkapi kalimat Rumpang

Saya memimpikan murid-murid yang berkarakter, memiliki etika, dan menjaga silaturahmi dengan gurunya. Murid-murid yang cerdas dan memberikan manfaat bagi banyak umat manusia. Semoga menjadi murid yang sukses dan tercapai yang mereka cita-citakan di masa depan.


Saya percaya bahwa murid adalah siapa saja yang memiliki kehendak untuk terus belajar dan memperbaiki diri. Mereka yang menjadi murid saya akan menjadi manusia seutuhnya yang memiliki pemikiran yang mendalam terhadap sesuatu, sehingga mereka memikirkan konsekuensi dari setiap tindakannya, dan bertanggung jawab atas pilihan dan tantangan yang akan di hadapinya. Setiap murid memiliki karakter yang berbeda-beda dengan segala pembawaan yang khas, serta gaya belajar yang tentu juga bervariasi. Untuk itulah saya percaya bahwa mereka harus mendapat tuntunan dan bimbingan.


Di sekolah, saya mengutamakan murid saya diatas segala kepentingan pekerjaan. Mengajar mereka di kelas adalah tugas utama saya. Namun demikian, memberikan berbagai layanan akademik seperti pengajaran, layanan konsultasi, rencana karir, pengembangan minat dan bakat, serta pemecahan masalah dan tantangan yang mereka hadapi adalah fokus lainnya yang tidak kalah penting dari tugas mengajar di kelas.


Murid di sekolah saya sadar betul bahwa mereka membutuhkan bimbingan dan perhatian khusus sesuai dengan kemampuan mereka yang berbeda-beda. Tentu saja murid di sekolah saya memiliki keunikan tersendiri di setiap kelasnya.


Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk terus mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap individu murid di sekolah.


Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa setiap murid pasti memiliki potensi yang perlu digali dan dikembangkan bersama. Hal tersebut bisa jadi potensi dalam hal akademik dan non akademik termasuk olah raga, seni, budaya, bahasa, keagamaan, pengembangan bakat literasi, dan lain sebagainya.

Refleksi Mandiri 3: Visi sebagai seorang pendidik

  • Berikut ini saya mencoba untuk mengelaborasi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pemandu yang tersedia.
  • Apa makna pernyataan visi bagi Bapak/Ibu?

Bagi saya, visi adalah ibarat tujuan yang ingin dicapai dalam sebuah perjalanan. Titik akhir dari suatu perjalanan. Adapun bagaimana cara pergi ke titik akhir tersebut, menggunakan moda kendaraan apa, dan rangkaian tahapan apa yang harus disiapkan untuk menembuh perjalanan menuju sebuah visi disebut sebagai misi.

  • Apa harapan, cita-cita Bapak/Ibu untuk murid, rekan pendidik, komunitas sekolah, kehidupan masyarakat di daerah Bapak/Ibu, dan bangsa-negara Indonesia?

Saya berharap bahwa murid, rekan pendidik, dan semua komunitas pendidikan yang ada di sekolah dan masyarakat di masa depan menjadi warga negara yang baik. Setiap individu memiliki kesadaran dalam berketuhanan YME, beriman, bertakwa, mencintai lingkungan, mengasihi sesama manusia, serta saling menjaga kehidupan yang ada di bumi.

  • Apa yang selama ini jadi keyakinan bersama dan menyatukan sekolah kita?

Visi dan misi sekolah yang ingin menjadikan setiap civitas akademika menjadi insan yang berakhlakul karimah, sehat, cerdas, berprestasi dan memiliki daya saing tinggi.

  • Apa yang diharapkan menjadi pembeda antara murid di sekolah Bapak/Ibu dengan murid di sekolah lain?

Harapannya, murid di sekolah tempat saya mengajar memiliki keunggulan menjadi pembelajar mandiri (semangat belajar dimana pun, kapan pun, dengan moda apa pun) meski tanpa kehadiran guru secara langsung. Saya berharap mereka memiliki ciri khas murid yang menjaga sopan, santun, menghormati yang lebih tua, menjaga komunikasi yang baik dengan sesama mereka, dan memiliki rasa peduli akan lingkungan sekitar mereka.

  • Apa kontribusi orang dewasa dan para pemangku kepentingan di sekolah kita dalam mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila?

-Membuat kegiatan pelatihan In-House Training diawal tahun pembelajaran.

-Merencanakan implementasi kurikulum merdeka, melalui rapat kerja yang sangat intensif.

-Melaksanakan proses pembelajaran yang merdeka belajar, terdiferensiasi, menelusuri, mengembangkan, dan terus membina minat serta bakat siswa.

-Merencanakan konsep proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan membuat tim panitia yang terdiri dari komite pembelajar.

-Bekerja sama dengan berbagai pihak yang dapat terlibat langsung dalam proses mewujudkan murid dengan profil pelajar Pancasila termasuk komite orang tua, sosok inspiratif, menjalin kerja sama dengan alumni, mendorong pihak pemerintah dan Lembaga sekitar sekolah yang dapat mendukung kesuksesan program.


Susunlah rumusan VISI Bapak/Ibu dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan Bapak/Ibu masing-masing.

 

Visi: Murid-murid yang Berakhlak Mulia, Berprestasi, Berkesadaran Lingkungan, dan Bermasyarakat.

SALAM GURU PENGGERAK! MARI BERGERAK DAN BERUBAH!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun